Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dapat Email Konten Artikel Melanggar Kebijakan Google, Tenang Begini Cara Mengatasinya

Menjadi mitra publisher Google Adsense seharusnya sudah tahu resiko bila artikel yang dibuat ternyata melanggar aturan bisa mendapat teguran dengan berbagai cara mulai dari tidak tampilnya iklan dihalaman yang melanggar, pembatasan iklan akun sampai penutupan secara permanen. Hal ini sering kita tidak menyadari disaat kita terfokus dengan pembuatan sebuah artikel dengan ide ide yang justru menjadi jalan untuk menuju pelanggaran. Kadang kita juga sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari penulisan artikel yamg dianggap melanggar, namun demikian apalah dikata tentu harus terima saja. Mengapa bisa terjadi demikian salah satunya karena artikel yang kita tulis diawasi robot bukan manusia.

Dapat Email Konten Artikel Melanggar Kebijakan Google, Tenang Begini Cara Mengatasinya


Walaupun demikian kadang kita sering tidak tahu penyebab mengapa sampai bisa mendapatkan peringatan konten. Seperti yang saya alami belakangan ini mendapatkan peringatan konten artikel padahal artikel sudah saya buat 3 tahun yang lalu, seperti ini kire kira email yang saya terima :


Penayang yang terhormat,


Laporan Kebijakan Penayang Google ini memberikan ringkasan mengenai aktivitas terbaru terkait pelanggaran yang ditemukan di halaman tertentu pada situs Anda. Karena status penegakan dapat berubah dari waktu ke waktu, lihat bagian "Penerapan kebijakan tingkat halaman" di Pusat Kebijakan AdSense untuk daftar pelanggaran aktif saat ini.


Perhatikan bahwa laporan ini tidak mencakup pelanggaran yang mungkin terjadi di tingkat situs atau akun secara keseluruhan. Anda akan diberi tahu melalui email terpisah jika ditemukan pelanggaran tingkat situs atau akun. Iklan akan terus ditayangkan jika tidak ditemukan pelanggaran kebijakan, baik di tingkat halaman atau situs.


Dalam 24 jam terakhir:


Pelanggaran baru telah terdeteksi. Akibatnya, penayangan iklan telah dibatasi atau dinonaktifkan di halaman tempat pelanggaran Kebijakan Program AdSense ini ditemukan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menghapus konten yang melanggar dan meminta peninjauan, atau menghapus kode iklan dari halaman yang melanggar.


Detail lebih lanjut tentang penerapan dapat ditemukan di Pusat Bantuan AdSense. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebijakan program kami, lihat Kebijakan AdSense Program.


Cerita bermula ketika saya membuat artikel review game. Dari pandangan saya artikel yang saya buat tidak ada yang salah. Kalaupun dianggap google sebagai pelanggaran karena berisi konten yang dianggap mengandung konten dewasa, saya pikir  tidak berisi kata kata yang berlebihan. Namun biarlah bot ya tetap bot tidak seperti manusia yang dikaruniai perasaan. Bot dirancang atau diprogram untuk mendeteksi kata kata yang dianggap sensitif dalam konten yang merepresentasikan isi konten secara keseluruhan padahal sebenarnya tidak demikian. Untungnya artikel yang dianggap melanggar kebijakan google termasuk pelanggaran kecil dan hanya berakibat pada diberhentikannya iklan hanya dihalaman itu. 



Nah, bagi rekan rekan blogger yang mengalami kejadian yang sama dengan saya tidak usah panik. Sobat cukup hanya menghapus atau mengedit artikel yang dianggap melanggar tadi. Setelah diperbaiki sobat bisa memberitahukannya ke bot agar di crawl kembali dan tidak ditandai sebagai konten yang melanggar. Seperti yang saya lakukan kira kira begini cara mengatasinya.


  • Login ke Google Adsense
  • Klik Akun  > Policy Center. Dibagian ini sobat akan bisa. melihat informasi artikel yang mana yang dianggap melanggar 
  • Klik url artikel yang melanggar tersebut untuk mendapatkan informasi lebih tentang jenis pelanggaran yang dimaksud.
  • Perbaiki atau hapus artikel yang dimaksud.
  • Scroll kebawah, dibagian paling bawah ada tombol request review, untuk memberitahu bot kalau artikel sudah diperbaiki atau dihapus.



Saya memilih untuk menghapusnya karena kita tidak tahu bentu pelanggaran apa yang terjadi persisnya di halaman itu. Nah, setelah artikel dihapus perjalanan tidak selesai sampai disini. Sobat harus memberitahukan ke boot google bahwa artikel yang kita hapus tidak lagi terindeks di pencarian google. Jika masih terindeks akan mempengaruhi kredibilitas blog kita dan bisa menyebabkan blog kurang sehat karena dianggap ada broken link di blog. Nah, cara agar artikel tidak lagi diindeks google, berikut yang bisa dilakukan :


  • Login ke Google search console.
  • Klik Penghapusan (Removals), Pilih Temporary Removal
  • Masukkan url yang akan dihapus
  • Klik Submit request
  • Tunggu beberapa hari artikel sudah tidak lagi terindeks google


Jika sobat memilih untuk memperbaiki artikel, pastikan bahwa artikel yang diedit tidak lagi menyebabkan pelanggaran. Untuk mengetahui artikel Anda termasuk yang melanggar aturan atau tidak , silahkan membaca artikel Yuk Bekerja dari rumah dengan menulis di blog.


Demikian semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Dapat Email Konten Artikel Melanggar Kebijakan Google, Tenang Begini Cara Mengatasinya"