-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Yuk Bekerja Di Rumah Dengan Menulis Di Blog

Yuk Bekerja Di Rumah Dengan Menulis Di Blog

Pandemi COVID-19 benar benar menuntut semua orang tetap tinggal dirumah tak terkecuali profesi seorang guru seperti saya. Sekarang sudah saatnya untuk mengubah cara agar tetap produktif walaupun tinggal dirumah. Kalau dirumah saja kan membosankan ? apalagi gerak kita dibatasi tidak bisa di jalanan, tidak bisa menjumpai orang, tidak bisa langsung berada di kerumunan, Tapi setidaknya kita harus optimis kalau keadaan seperti ini akan cepat berlalu. Oleh karena itu jika pekerjaan itu masih bisa dilakukan didalam rumah, tetap kita jalankan walaupun keadaan yang sangat terpaksa. Untung bagi saya masih ada aktifitas mengajar online melalui google classroom bisa dilakukan di dalam rumah. 


Pemerintah tidak hanya menyuruh kita bekerja dari rumah saja, tetapi belajar dirumah dan beribadah di rumah dan melarang berbagai aktifitas di luar rumah kecuali sangat mendesak. Tujuannya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan membatasi kegiatan diluar rumah.  Anggap hal seperti ini mejadi kesempatan untuk menggali ide, kemampuan, hobi atau apapun namanya yang penting  bisa berkreasi dari rumah. Nah, nggak usah khawatir hampir semua usaha sukses itu berawal dari ide brilliant dan saatnya kita menciptakan ide itu.

Menulis merupakan cara untuk mengekspresikan ide. Anda nggak usah menjadi penulis handal untuk memulai menjadi seorang penulis. Tulis apa yang  bisa diungkapkan dengan tulisan itu dulu. Selebihnya bisa dipelajari kemudian. Dengan cara ini apa yang menjadi keinginan , angan angan bisa menghasilkan karya sendiri terlepas dari apapun bentuk dan hasilnya.

Jika Anda sependapat dengan saya bahwa menulis adalah hobi, gunakanlah blog sendiri sebagai media untuk menulis seperti yang saya lakukan ini. Caranya sangat gampang dan panduannya sangat banyak di internat baik Youtube maupun di situs situs blog. Sekali lagi tidak perlu seorang yang ahli IT untuk membuat blog berplatform blogspot.

Keuntungan menulis di blog tidak hanya bisa menyalurkan hobi tetapi bisa menjadi cara kita untuk mengukur kepatuhan terhadap rambu rambu yang dibuat oleh blogger sebagai tempat kita berpijak. Kenapa kita harus patuh ? karena dengan cara begitu kita akan mendapatkan keuntungan ganda dari hasil jerih payah kita selama ini.

Maksudnya adalah blog sebagai media informasi online bisa dimanfaatkan untuk mendrive pengunjung. Jika artikel kita memenuhi ketentuan penulisan dalam optimasi di mesin pencari, maka artikel kita bisa duduk diranking atas pencarian google, dengan cara begitu pengunjung blog akan datang dengan sendirinya. Dari sini blog bisa menjadi media periklanan yang efektif untuk menghasilkan uang. Google punya media periklanan dengan nama Google Adsense. Namun untuk mendapatkan persetujuan blog kita bisa menayangkan iklan, kita harus memenuhi berbagai persyaratan tang sangat ketat. Dari berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah penulisan konten artikel. Berikut persyaratan lengkap yang harus dipatuhi dalam penulisan konten agar bisa disetujui Google adsense menurut aturan dan kebijakannya  selengkapnya sebagai berikut :

Kami ingin mendukung ekosistem periklanan digital yang sehat—ekosistem yang tepercaya dan transparan, serta kondusif bagi pengguna, pengiklan, dan penayang. Tujuan situs ini adalah untuk membantu Anda membuat kampanye Google Ads yang sesuai dengan kebijakan periklanan kami yang tercantum di bawah ini. Kebijakan ini dirancang tidak hanya untuk mematuhi hukum, tetapi juga untuk memastikan pengalaman yang aman dan positif bagi pengguna kami. Ini berarti kebijakan kami melarang beberapa konten yang kami yakini berbahaya bagi pengguna dan ekosistem periklanan secara keseluruhan.
Konten terlarang
Barang palsu
Google Ads melarang penjualan atau promosi untuk penjualan barang palsu. Barang palsu mengandung merek dagang atau logo yang sama dengan atau sangat sulit dibedakan dari merek aslinya. Barang tersebut meniru fitur merek dari produk dalam upaya untuk menyamar sebagai produk asli dari pemilik merek. Kebijakan ini berlaku untuk konten iklan dan situs atau aplikasi Anda.
Produk atau layanan berbahaya
Kami ingin membantu orang-orang agar merasa aman saat online dan offline, jadi kami tidak mengizinkan iklan beberapa produk atau layanan yang menyebabkan kerusakan, kecelakaan, atau cedera.
Contoh konten berbahaya: Narkoba (kimiawi atau herbal); zat psikoaktif; peralatan untuk memfasilitasi penggunaan obat; senjata, amunisi, bahan peledak, dan kembang api; petunjuk untuk membuat produk peledak atau produk berbahaya lain; produk tembakau
Memfasilitasi pelanggaran hukum
Kami menghargai kejujuran dan keadilan, jadi kami tidak mengizinkan promosi produk atau layanan yang dirancang untuk memungkinkan perilaku yang tidak jujur.
Contoh produk atau layanan yang memfasilitasi pelanggaran hukum: Software atau petunjuk peretasan; layanan yang dirancang untuk menggelembungkan traffic iklan atau situs dengan cara yang manipulatif; dokumen palsu; jasa sontekan akademis
Konten tidak pantas
Kami menghargai keberagaman dan menghormati pihak lain, dan kami berusaha keras untuk tidak menghina pengguna, oleh karena itu kami tidak mengizinkan iklan atau halaman tujuan yang menampilkan konten yang mengerikan atau mendukung kebencian, anti toleransi, diskriminasi, atau kekerasan.
Contoh konten yang tidak patut atau menyinggung: penindasan atau intimidasi terhadap seseorang atau kelompok, diskriminasi rasial, pernak-pernik kelompok pembenci, gambar tempat kejadian perkara atau kecelakaan yang menjijikkan, kesadisan terhadap hewan, pembunuhan, pencederaan diri, ancaman atau pemerasan, penjualan atau perdagangan spesies langka, iklan yang menggunakan bahasa kasar

Praktik terlarang
Menyalahgunakan jaringan iklan
Kami menginginkan iklan yang bermanfaat, beragam, relevan, dan aman bagi pengguna di seluruh Jaringan Google. Kami tidak mengizinkan pengiklan untuk menjalankan iklan, konten, atau halaman tujuan yang berupaya untuk mengelabui atau menghindari proses peninjauan iklan.
Contoh penyalahgunaan jaringan iklan: mempromosikan konten yang berisi malware; "penyelubungan" atau menggunakan teknik lain untuk menyembunyikan halaman tujuan sebenarnya tempat pengguna akan diarahkan; "arbitrase" atau mempromosikan halaman tujuan yang dirancang semata-mata atau terutama untuk menampilkan iklan; mempromosikan halaman tujuan "jembatan" atau "gateway" yang semata-mata dirancang untuk mengirim pengguna ke tempat lain; beriklan dengan tujuan utama atau semata-mata untuk mendapatkan dukungan jaringan sosial publik dari pengguna; "mengakali" atau memanipulasi setelan dalam upaya untuk mengelak dari sistem pemeriksaan kebijakan kami
Pengumpulan dan penggunaan data
Kami ingin pengguna percaya bahwa informasi tentang mereka akan dihormati dan ditangani dengan hati-hati sebagaimana mestinya. Karena itu, mitra periklanan kami tidak boleh menyalahgunakan informasi ini, atau mengumpulkannya untuk tujuan yang tidak jelas atau tanpa tindakan keamanan yang memadai.
Contoh informasi pengguna yang harus ditangani dengan hati-hati: nama lengkap; alamat email; alamat pos; nomor telepon; nomor KTP, pensiun, jaminan sosial, NPWP, perawatan kesehatan, atau SIM; tanggal lahir atau nama gadis ibu kandung bersama dengan salah satu dari informasi di atas; status keuangan; afiliasi politik; orientasi seksual; ras atau etnis; agama
Contoh pengumpulan & penggunaan data yang tidak bertanggung jawab: mendapatkan informasi kartu kredit melalui server yang tidak aman, promosi yang mengklaim mengetahui orientasi seksual atau status finansial pengguna, pelanggaran terhadap kebijakan kami yang berlaku untuk periklanan menurut minat dan pemasaran ulang
Informasi yang menyesatkan
Kami ingin pengguna memercayai iklan pada platform kami, jadi kami berupaya untuk memastikan iklan transparan dan jujur, serta memberikan informasi yang dibutuhkan pengguna untuk mengambil keputusan yang tepat. Kami tidak mengizinkan iklan atau tujuan yang menipu pengguna dengan mengecualikan informasi produk yang relevan atau memberikan informasi yang menyesatkan tentang produk, layanan, atau bisnis.
Contoh informasi yang menyesatkan: menghilangkan atau menyembunyikan detail penagihan seperti bagaimana, berapa, dan kapan pengguna akan ditagih; menghapus atau menyembunyikan tagihan yang terkait dengan layanan keuangan seperti suku bunga, biaya, dan denda; tidak menampilkan NPWP atau nomor lisensi, informasi kontak, atau alamat fisik bila relevan; membuat penawaran yang sebenarnya tidak ada; membuat klaim yang menyesatkan atau tidak realistis terkait dengan penurunan berat badan atau perolehan keuntungan finansial; mengumpulkan donasi dengan alasan palsu; "phishing" atau mengaku sebagai perusahaan ternama agar pengguna memberikan informasi pribadi atau finansial yang berharga

Konten dan fitur yang dibatasi
 
Kebijakan di bawah mencakup konten yang terkadang secara hukum atau budaya bersifat sensitif. Periklanan online dapat menjadi cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan, namun di area yang sensitif, kami juga berusaha keras untuk mencegah iklan ini ditampilkan pada waktu dan tempat yang mungkin tidak tepat.
Karena itulah, kami mengizinkan promosi konten di bawah ini, namun secara terbatas. Promosi ini mungkin tidak tampil kepada setiap pengguna di setiap lokasi, dan penayang mungkin harus memenuhi persyaratan tambahan sebelum iklan mereka valid untuk dijalankan. Perhatikan bahwa tidak semua produk iklan, fitur, atau jaringan dapat mendukung konten terbatas ini. Detail lebih lanjut dapat ditemukan di Pusat Kebijakan.
Konten vulgar
Iklan harus menghormati preferensi pengguna dan mematuhi peraturan hukum, jadi kami tidak mengizinkan jenis konten khusus dewasa tertentu dalam iklan dan halaman tujuan. Beberapa jenis iklan dan halaman tujuan yang berorientasi dewasa diizinkan jika mematuhi kebijakan di bawah ini dan tidak menargetkan pengguna di bawah umur, namun iklan hanya akan ditampilkan dalam skenario yang terbatas berdasarkan kueri penelusuran pengguna, usia pengguna, dan undang-undang lokal tempat iklan ditayangkan.
Pelajari tentang konsekuensi jika Anda melanggar kebijakan kami.
Contoh konten vulgar yang dibatasi: klub tari telanjang, film erotis, mainan seks, majalah dewasa, produk peningkat dorongan seksual, situs perjodohan, model yang bergaya sensual
Alkohol
Kami mematuhi undang-undang dan standar industri setempat tentang minuman beralkohol, jadi kami tidak mengizinkan jenis iklan terkait minuman beralkohol tertentu, baik untuk minuman beralkohol itu sendiri maupun minuman yang menyerupai minuman beralkohol. Beberapa jenis iklan yang berkaitan dengan minuman beralkohol diizinkan jika memenuhi kebijakan di bawah ini, tidak menargetkan pengguna di bawah umur, dan hanya menargetkan negara yang secara jelas diizinkan untuk menampilkan iklan minuman beralkohol.
Contoh minuman beralkohol yang dibatasi: bir, anggur, sake, minuman keras atau minuman berkadar alkohol tinggi, sampanye, anggur yang mengandung alkohol tinggi, bir non-alkohol, anggur non-alkohol, dan minuman suling non-alkohol
Hak cipta
Kami mematuhi undang-undang hak cipta setempat dan melindungi hak pemegang hak cipta, jadi kami tidak mengizinkan iklan yang tidak sah untuk menggunakan konten yang dilindungi hak cipta. Jika Anda memiliki izin resmi untuk menggunakan konten yang dilindungi hak cipta, ajukan permohonan sertifikasi untuk beriklan. Jika Anda melihat konten yang tidak sah, kirimkan keluhan terkait hak cipta.
Perjudian dan permainan
Kami mendukung iklan perjudian yang bertanggung jawab dan mematuhi undang-undang perjudian dan standar industri setempat, jadi kami tidak mengizinkan jenis iklan terkait perjudian tertentu. Iklan terkait perjudian diizinkan jika mematuhi kebijakan di bawah ini dan pengiklan telah menerima sertifikasi Google Ads yang sesuai. Iklan perjudian harus menargetkan negara yang disetujui, memiliki halaman landing yang menampilkan informasi tentang perjudian yang bertanggung jawab, dan dilarang menargetkan pengguna di bawah umur. Lihat peraturan setempat untuk area yang ingin Anda targetkan.
Contoh konten yang terkait dengan perjudian yang dibatasi: kasino fisik; situs tempat pengguna dapat melakukan taruhan dalam permainan poker, bingo, rolet, atau acara olahraga; lotere nasional atau swasta; situs aggregator taruhan olahraga; situs yang menawarkan kode bonus atau penawaran promosi untuk situs perjudian; materi pendidikan online untuk game berbasis kasino, situs yang menawarkan game "poker untuk hiburan"; situs game uang tunai yang berbasis non-kasino
Kesehatan dan pengobatan
Kami berdedikasi untuk mematuhi peraturan periklanan terkait kesehatan dan pengobatan, jadi kami mengharapkan iklan dan halaman tujuannya mengikuti undang-undang dan standar industri yang sesuai. Beberapa konten terkait kesehatan sama sekali tidak boleh diiklankan, sementara konten lainnya hanya dapat diiklankan jika pengiklan mendapatkan sertifikasi dari Google dan hanya menargetkan negara yang disetujui. Lihat peraturan setempat untuk area yang ingin Anda targetkan.
Konten politik
Kami mengharapkan semua iklan dan halaman tujuan politik mematuhi undang-undang pemilu dan kampanye setempat untuk setiap area yang ditargetkan iklan. Kebijakan ini mencakup "masa tenang" pemilu yang ditetapkan secara resmi.
Contoh konten politik: promosi partai atau kandidat politik, dukungan masalah politik
Layanan keuangan
Kami ingin pengguna mendapatkan informasi yang memadai agar dapat mengambil keputusan finansial yang tepat. Kebijakan kami dirancang untuk memberikan informasi kepada pengguna untuk mempertimbangkan biaya yang berkaitan dengan produk dan layanan keuangan serta untuk melindungi pengguna dari praktik yang merugikan atau menipu. Untuk tujuan kebijakan ini, kami menganggap produk dan layanan keuangan sebagai produk dan layanan yang terkait dengan pengelolaan dan investasi uang dan mata uang kripto, termasuk saran yang dipersonalisasi.
Saat mempromosikan layanan dan produk keuangan, Anda harus mematuhi peraturan negara bagian dan lokal untuk wilayah yang ditargetkan iklan Anda — misalnya, mencantumkan pengungkapan spesifik yang diwajibkan oleh undang-undang setempat. Lihat daftar tidak lengkap kami mengenai persyaratan spesifik per negara untuk informasi lebih lanjut.
Merek dagang
Ada beberapa faktor yang menentukan kapan merek dagang dapat digunakan dalam iklan. Bersama faktor-faktor yang dijelaskan di Pusat Kebijakan kami, kebijakan ini hanya berlaku jika pemilik merek dagang telah mengajukan keluhan yang valid kepada Google.
Persyaratan hukum
Anda senantiasa memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa Anda mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku, selain kebijakan periklanan Google, di semua lokasi penayangan iklan Anda.
Bisnis lainnya yang dibatasi
Kami membatasi jenis bisnis tertentu untuk beriklan dengan kami demi mencegah terjadinya eksploitasi pengguna, meskipun masing-masing bisnis tertentu sepertinya sudah memenuhi kebijakan kami lainnya. Berdasarkan peninjauan kami yang berkelanjutan serta masukan dari pengguna dan badan perlindungan konsumen, kami sesekali mengidentifikasi produk atau layanan yang rentan terhadap pelanggaran. Jika menurut kami jenis bisnis tertentu berpeluang menimbulkan risiko yang tidak wajar bagi keamanan atau pengalaman pengguna, kami mungkin mengambil sikap yang konservatif dan membatasi atau menghentikan penayangan iklan yang terkait
.
Nah,  rambu rambu diatas hanya mengatur pemilihan topik atau materi penulisan artikel seperti yang disebutkan diatas salah satunya tidak boleh menulis artikel tentang blog download. Belum lagi praktek praktek terlarang lainnya seperti klik iklan sendiri dan praktek jahat lainnya yang bisa mengakibatkan akun dibanned dan iklan tidak bisa tayang lagi.

Jika aturan diatas bisa kita ketahui dan patuhi, saya yakin Anda sudah punya angan angan tentang apa yang diperbolehkan ditulis di Adsense dan apa yang tidak boleh. Mulailah dengan menulis dari apa yang menjadi kelebihan Anda yang tidak dipunyai orang lain. Syukur kelebihan itu adalah hobi Anda sehingga pengalaman disini akan menghasilkan artikel yang sangat berkualitas dan tidak bisa dibuat oleh orang lain.

Mari, bekerja di rumah dengan memulai menulis di blog. Kita awali dengan mengisi hari hari dirumah dengan menggali ide, semoga kelak bisa menjadi investasi besar yang tidak hanya bermanfaat bagi informasi untuk orang lain yang mengunjungi blog Anda tetapi jika beruntung bisa menjadi penghasilan dari Google Adsense. Semoga.....!
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar