Featured Post

Cara Belanja Di Shopee

.

Dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini tak perlu repot repot keluar rumah untuk berbelanja, cukup melalui gadget dan barang langsung diantar kurir sampai depan pintu rumah Anda. Mau coba ? berikut adalah tutorialnya terutama bagi shoper pemula Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Akun Aman Dari Peretasan

Tips Menjaga Akun Aman Dari Peretasan

Belakangan saya sering mendapatkan informasi diemail, ada aktifitas yang mecurigakan diakun microsoft dan diminta untuk mereview jika memang aktifitas yang saya lakukan ini adalah memang saya yang melakukannya. Namun karena saya tidak pernah merasa melakukan aktifitas ini maka saya abaikan saja. Namun yang saya khawatirkan adalah kegiatan seperti ini tidak hanya sekali namun tercatat sampai 3 kali. Hal inilah yang akhirnya saya berinisiatif untuk menutup akun dan membuat akun yang baru dengan email yang berbeda.




Bagi saya sendiri kebutuhan untuk membuat akun microsoft sebenarnya hanya lebih kepada ingin mendapatkan fitur fitur baik yang biasa gunakan untuk download aplikasi di Windows Store dan mensubmit url blog di Bing Webmaster Tool. Namun demikian bisa saja jika akun microsoft sudah ditangan peretas, maka berpotensi untuk disalahgunakan apalagi membawa nama pemilik akun untuk hal hal yang tidak bertanggungjawab.


Oleh karena itu dengan terpaksa akun yang sudah lama saya buat harus saya relakan untuk ditutup.cara ini adalah jalan paling aman menurut saya agar tidak terjadi hal hal yang tidak dinginkan. Cara menutup akun microsoft sangat mudah  dengan syarat sobat harus ingat password atau kata sandinya. Namun jikalau lupa kata sandi harus di reset dulu sebelum menghapusnya. Untuk mengubah /reset kata sandi sobat harus pantau email untuk mengisikan kode pengaman (security code) untuk verifikasi. Untuk menghapus akun microsoft cukup masuk ke link Menutup Akun, dan ikuti petunjuk selanjutnya.


Bagi sobat pembaca setia blog saya, tips untuk menjaga akun apapun yang sobat daftar, beberapa tips berikut bisa menjadi cara agar akun tidak dibobol.


  • Buat password /sandi akun lebih rumit (strong password), dan jangan pernah di save di browser jika menggunakan komputer umum.
  • Periksalah secara berkala inbox email yang digunakan untuk mendaftarkan akun, siapa tau terdapat informasi peretasan akun seperti yang saya alami bisa diketahui dengan cepat.
  • Bila perlu gantilah password secara berkala dan pastikan bahwa password baru hanya Anda yang tahu.
  • Simpan password dikertas dan letakkan ditempat tersembunyi, jangan pernah simpan di hp atau di laptop.
  • Jangan pernah menjadikan email utama untuk didaftarkan ke akun akun yang kurang bermanfaat seperti untuk bermain game, sosial media dan lain lain.
  • Jangan pernah menghubungkannya dengan email utama untuk recovery email (email pemulihan).
  • Jalan terakhir adalah dengan menutup akun seperti yang saya lakukan

Demikin tips menjaga akun aman dari peretasan yang saya lakukan, namun saya harus bersabar 2 bulan lagi agar akun benar benar terhapus.

Advertisement

Baca juga:

Related Posts

Komentar