3 Bahan Alami Pembasmi Rumput Liar Mudah Didapat Bisa Dibuat Sendiri Aman Digunakan

 Rumput liar merupakan tanaman yang sering mengganggu tanaman utama di sekitar rumah kita atau di kebun atau pun di ladang. Tanaman ini sering disebut dengan istilah gulma. Gulma acap kali mengganggu keindahan tanaman membuat tanaman kurang subur atau bisa mengganggu keindahan estetika lingkungan di sekitar rumah kita. Di sela-sela lantai seperti di garasi umpama atau di belakang rumah di samping rumah sering tumbuh rumput yang kadang mengganggu pemandangan sehingga nampak bersemak dan bahkan bisa ditempati atau digunakan sebagai sarang hewan-hewan liar seperti ular atau hewan lainnya.

Memang rumput bisa tumbuh di mana saja termasuk di tempat-tempat yang seharusnya tidak tumbuh yang penting rumput berada di tempat yang lembab.

3 Bahan Alami Pembasmi Rumput Liar Mudah Didapat Bisa Dibuat Sendiri  Aman Digunakan

 

Untuk membunuh rumput sebenarnya di pasaran sudah banyak dijual berbagai jenis racun rumput yang bisa digunakan langsung untuk membunuh rumput dengan cara menyemprotkan. Namun untuk menghemat Anda bisa menggunakan beberapa bahan berikut yang  dengan mudah bisa kita dapatkan kan.disekitar kita.

Dilansir dari Better Jones dan Gardens seperti yang dikutip oleh Kompas sebenarnya ada beberapa cara untuk menghalau gulma salah satunya juga bisa menggunakan pemberian mulsa yaitu material penutup tanaman budidaya yang digunakan melembabkan tanah seperti disaat menanam cabai.

Selain langkah pencegahan lakukan juga langkah pembasmian tanpa perlu mencabut rumput dari tanah mengingat akar rumput biasanya juga menghujam kuat ke dasar permukaan tanah. Berikut cara membunuh rumput dengan menggunakan bahan alami disekitar rumah.

 

1. Air Panas

Rebus air panas dan siramkan ke lokasi Rumput liar tumbuh dengan subur. Berbagai macam tanaman seperti rumput liar tak bisa menoleransi suhu panas dari air mendidih sehingga rumput akan layu dan mati. Namun demikian hati-hati jika menyiramkan air panas ke rumput liar jangan sampai air mendidih ikut mengalir ke tanaman budidaya yang ada di sekeliling rumput.

 

2. Cuka

Seperti halnya baking soda cuka juga bisa berguna di area hunian atau di gunakan untuk membunuh rumput. Selain untuk membersihkan peralatan dapur dan perabotan rumah cuka juga bisa digunakan untuk membunuh rumput rumput liar yang bisa mengganggu tanaman. Cara ini lebih aman tak bersiku membunuh tanaman budidaya yang tumbuh di sekitar rumput. Karena untuk membunuh sepetak rumput anda tidak memerlukan jumlah cairan yang banyak jika menggunakan air panas.

Untuk menggunakan cuka cukup ambil sedikit dan kucurkan di Batang utama dari rumput-rumput liar pastikan juga akan meresap dan mencemari akar dari rumput-rumput tersebut lakukan Cara ini setiap hari dan rumput akan mati tak dan tak akan tumbuh lagi.

 

3. Garam

Garam juga cukup aman dipakai untuk membunuh rumput rumput liar dan garam ini juga tidak berpotensi mengalir dan menyebar layaknya seperti air panas. Caranya cukup taburkan garam di area batang utama rumput untuk mengganggu keseimbangan kandungan air di dalam rumput dan membuatnya dehidrasi. 

Namun perlu digarisbawahi bahwa jika memberikan garam secara berlebihan dan dalam menaburkan garam ini Anda tak akan Anda bisa merusak kondisi tanah yang ada. 

Garam dan cuka merupakan dua bahan alam yang paling cocok untuk membunuh rumput liar atau rumput Anda juga bisa mencampurkan keduanya dan memasukkannya ke botol lalu disemprotkan yang digunakan larutan untuk menyemprot akar rumput-rumput liar dan membunuhnya pelan-pelan. 

Saat rumput sudah mati Anda cukup menyayanginya seperti biasa dan dijamin rumput tidak akan tumbuh kembali karena akar di dalam tanah sudah busuk dan mengering..


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url