Kucing Tidak Mau Makan, Apa Yang Harus Dilakukan ?

Kucing pada umumnya merupakan hewan peliharaan yang suka makan. Jika anda ingin mengundang kucing makan sebenarnya sangat mudah dengan menghidupkan atau membunyikan kota atau menggerakkan tempat makanannya dia langsung mendatangi tempat makan itu dan berkumpul untuk meminta makan.

 

Namun ada kalanya kucing yang terbiasa makan ternyata sulit dan sama sekali bahkan tidak mau makan. Sehingga hal ini bisa menghawatirkan pemiliknya jangan-jangan kucing nantinya bisa sakit atau bahkan bulunya juga akan rontok karena kekurangan makan bahkan bisa juga mengurangi daya tahan tubuhnya.
Berbagai hal yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan ntar nya banyak sekali namun dalam artikel kali ini beberapa hal yang sering menjadi penyebab akan saya tuliskan atau saya ungkap di dalamnya biasanya adalah kucing yang menempati rumah baru atau lokasi baru.
 
Hal lainnya yang menjadi penyebab seperti selesai di vaksin, sakit,cemas, psikologis, makan benda asing atau makanannya tidak sesuai.
Kucing Tidak Mau Makan, Apa Yang Harus Dialkukan ?

 

Dikutip dari beberapa sumber cara untuk mengatasi agar kucing mau kembali makan diantaranya :
Hal pertama yang harus anda pastikan adalah bahwa kucing anda tidak mau makan karena disebabkan bukan penyakit atau disebabkan oleh penyakit jika disebabkan oleh penyakit maka anda harus mengkonsultasikannya dengan dokter hewan.

Setelah mengetahui penyebab bahwa kucing tidak mau makan disebabkan karena faktor penyakit maka dokter hewan akan memberikan satu resep atau panduan agar kucing bisa kembali mau makan.
Hal ini termasuk perubahan jenis dan konsistensi makanan. Beberapa kucing bisa jadi tergoda untuk makan dengan menawarkan makanan seperti makanan kaleng saat kucing tersebut tidak sehat. Dalam kasus yang lebih parah lagi dokter hewan bisa jadi menyarankan atau memberikan satu resep obat yang bertindak sebagai perangsang nafsu makan atau merekomendasikan makanan cair untuk kucing dengan jarum suntik. Atau dokter hewan bisa juga merekomendasikan penempatan selang makanan untuk memastikan bahwa kucing peliharaan tersebut tetap mendapatkan nutrisi yang cukup bagi tubuhnya. Apabila kucing memiliki penyakit gigi kucing perlu mencabut gigi dengan anestesi umum. Namun ketika kucing memakan benda asing yang masuk ke tubuh nya tindakan pembedahan bisa jadi perlu dilakukan. 

Selanjutnya kedua adalah penyebab kucing tidak mau makan karena bukan disebabkan oleh penyakit cara ini bisa dilakukan dengan mencoba mendorong kucing untuk membujuk agar nafsu makannya bisa muncul kembali. Makanan seperti hati ayam ikan tuna atau sarden kalengan bisa jadi menjadi perangsang nafsu makan untuk kucing. Perlu diingat bahwa memberikan makanan ini dalam jumlah harus dalam jumlah kecil sebab jumlah besar dapat membahayakan karena menyebabkan kekurangan atau kelebihan vitamin. Daripada mengandalkan makanan manusia biasanya kitalakukan cobalah dengan mendorong kucing untuk memberikan makanan kaleng dengan merek tertentu atau secara. Memanaskan makanan atau mencampurkan minyak makan kaldu atau telur yang dimasak bisa juga dapat menarik perhatian kucing untuk makan.
 
Jika kucing peliharaan masih tidak mau makan ambil lah makanannya dan berikan makanan segar pada kemudian. Jika makanan dibiarkan mengeras dan basi kucing mungkin malah akan belajar menghindarinya pada masa-masa yang akan datang. Jika kucing telah terbiasa makan-makanan manusia secara eksklusif pastikan mengubah jenis makanannya secara perlahan. Dalam beberapa Minggu campuran makanan manusia favorit kucing peliharaan dengan makanan kucing komersial. Seiring dengan berjalannya waktu maka anda harus bisa mengubah rasio nya sampai kucing peliharaan hanya makan makanan yang khusus untuk kucing.
 
Para pakar juga menyarankan untuk mengganti jenis merk makanan kucing setiap 4 kali dalam setahun cara ini bisa dapat membantu mengurangi kesan juga bisa meminimalisir perkembangan alergi makanan dan masalah pencernaan pada kucing disebabkan oleh dominasi makanan-makanan kucing mar tertentu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url