8 Bahan Makanan Yang Tidak Bisa Di Simpan Di Kulkas

Saya yakin sobat khan.web.id sering menyimpan berbagai jenis makanan maupun bahan makanan ke dalam kulkas. Hal ini bertujuan untuk untuk membuat makanan awet dan tidak basi sehingga bisa dikonsumsi ataupun diolah dikemudian hari. 
 
Namun taukah sobat Khan.web.id sebenarnya bahwa tidak semua bahan makanan bisa disimpan lama dalam keadaan dingin. Justru jenis makanan ini malah bertambah rusak dan bahkan bisa tidak layak dikonsumsi jika dibiarkan lama didalam lemari pendingin.
 
Beberapa bahan makanan ini akan berubah tekstur atau bisa juga  menurunkan kualitas disaat diawetkan dalam suhu dingin.Terutama bahan makanan yang mengandung lemak bahan ini akan membeku dan susah digunakan kembali jika sudah mengalami proses pembekuan. Jadi agar semua stok makanan bisa digunakan dalam waktu terbaiknya pilihlah mana yang sebaiknya disimpan di suhu dingin atau di dalam lemari pendingin mana jenis makanan yang hanya bisa disimpan di dalam suhu ruang atau jenis makanan mana yang harus disimpan dalam pembekuan.
 
8 Bahan Makanan Yang Tidak Bisa Di Simpan Di Kulkas

 
 
Dilansir dari The spruce Eat, setidaknya ada 8 jenis bahan makanan yang tidak bisa disimpan dalam kulkas beserta alasannya.

1. Mentega


Mentega mengandung lemak dan sedikit protein hal ini bisa membuat mentega sulit untuk ditumbuhi bakteri. Terlebih mentega asin yang mengandung kadar garam tinggi bisa jadi sangat kecil kemungkinan bakteri akan berkembang biak di dalamnya. Jadi alangkah lebih baik mentega bisa disimpan di dalam suhu ruang saja karena tidak akan mudah berubah tekstur akibat ulah bakteri. Ketika disimpan di kulkas merdeka justru bisa membeku dan sobat kha.web.id tak bisa dengan segera menggunakannya untuk kebutuhan mengolah roti misalnya atau hal-hal kebutuhan yang lain.
 
Walaupun mentega bisa menjadi tengik jika terlalu banyak terkena oksigen udara dan  panas dalam masa yang lama namun dengan penyimpanan yang tepat mentega bisa lebih fleksibel jika diletakkan di suhu ruang.

2. Selai Kacang


Seperti juga dengan mentega, selai kacang mengandung protein dalam kadar yang sangat rendah sehingga bakteri sangat kecil kemungkinan berkembang di dalamnya oleh karena itu sebaiknya simpanlah selai kacang di suhu ruang daripada di dalam lemari pendingin.
 
Perlu sobat ketahui bahwa memasukkan selai ke dalam kulkas akan mempercepat pembekuan dan bisa bertambah keras sehingga tidak bisa lagi berstruktur lembut dan kreamy.

3. Selai buah

 
Tak ada gunanya sobat menyimpan selai buah di dalam lemari pendingin. Selai buah memiliki level pH di sekitar angka 3 hal ini menyebabkan kadar keasaman di dalam sebuah menjadi tinggi sehingga membuat selai tidak mungkin digunakan bakteri sebagai tempat berkembangbiaknya oleh karena itu selai buah sebaiknya diletakkan di suhu ruang agar tetap bisa bertahan cukup lama.

4 . Saus Berbeque

 
Saus BBQ memiliki komposisi mirip dengan saus tomat yaitu buah tomat cuka garam dan gula. Bahan-bahan seperti garam disini adalah pengawet alami yang membuat saus BBQ aman untuk disimpan di suhu ruang. Bahkan kandungan tomat yang tinggi yang berarti dalam komponen bahan makanan saus BBQ ini membuat bahan penyedap bisa memiliki kandungan asam yang tinggi jadi tak ada bakteri yang tetap berkembang biak di dalamnya. Namun ketika saus BBQ ini dimasukkan ke dalam kulkas maka ia akan rawan menggumpal bahkan sewaktu-waktu akan digunakan bisa menemui kesulitan dalam mengeluarkan saus dari dalam botol.

5. Kentang

 
Menyimpan kentang di dalam lemari pendingin bisa mengubah saripati karbohidrat kompleks pada jenis kentang menjadi berbentuk gula. Hal ini tidak hanya merusak jenis bahan makanan ini tetapi juga bisa mengubah rasa dan juga mengubah tekstur dari kentang yang ada. Oleh karena itu simpan kentang di suhu ruang letakkan ke dalam paper bag atau kantung buram sehingga saya tidak langsung bisa menembus ke dalam kentang. Karena ketika terpapar cahaya matahari terlalu sering kentang akan menghasilkan racun berwarna hitam yang bernama solanin.
 

6. Madu

 
Bahan makanan selanjutnya yang tidak bisa disimpan di dalam lemari pendingin adalah madu. Mendinginkan madu di dalam lemari pendingin bisa membuat madu menggumpal dan sulit untuk dikonsumsi. Namun jika disimpan dalam keadaan suhu ruang madu akan lebih awet dan bahkan bisa bertahun-tahun. Madu asli adalah satu-satunya jenis bahan makanan yang tidak mengenal pembusukan hal ini disebabkan karena minimnya kadar air dan tingginya asam membuat bakteri tidak pernah tertarik untuk mendekat. Perlu diketahui bahwa sebuah penemuan arkeologi di Mesir mengalami hal yang menakjubkan dimana madu bisa berusia sampai 3000 tahun dalam kondisi yang masih bisa dikonsumsi tidak rusak sama sekali.
 

7. Minyak

 
Tidak penting menyimpan berbagai jenis minyak ke dalam kulkas hal ini bisa mengandung kadar lemak minyak juga akan membeku di dalam kulkas sehingga sulit untuk dipakai. Cara yang bisa yang disarankan agar minyak bisa bertahan lebih lama dan bisa digunakan letakkan minyak di ruang terbuka namun jauhkan dari paparan cahaya matahari dan sumber panas seperti kompor. Ketika terpapar cahaya matahari atau au panas minyak bisa berakibat bau yang tidak enak atau tengik.

8. Tomat

 
Jika anda sering menyimpan tomat ke dalam kulkas sebaiknya mulai sekarang untuk meninggalkannya karena menyimpan tomat di dalam kulkas bisa mengakibatkan enzim yang bisa memberikan rasa segar pada tomat akan menghilang atau dihambat akibat dari suhu yang dingin di dalam kulkas. Bahkan suhu dingin juga bisa merusak dinding tomat dan bisa mudah menjadi di busuk dan tomat lembek jadi alangkah baiknya simpanlah tomat di dalam suhu ruang saja di keranjang yang memiliki aliran udara lancar dan tidak lembab.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url