4 Menu Buka Puasa Kolak Asli Yang Melegenda

4 Menu Buka Puasa Kolak Asli Yang Melegenda

Setiap bulan puasa tiba kita selalu disibukkan dengan rancangan menu buka puasa. Aneka resep menu buka puasa selalu menjadi buruan untuk sajian menu buka puasa yang paling istimewa di tengah keluarga, mulai dari menu yang ringan sampai menu yang berat. Namun dari aneka macam menu buka puasa tersebut sesungguhnya ada 4 menu kolak asli yang menjadi ciri menu buka puasa dari jaman dahulu sampai sekarang. Berpuluh puluh tahun hidangan ini seakan menjadi hidangan pokok setiap datang saat buka puasa. Coba kita tanyakan kepada nenek atau kakek, pasti hidangan yang istimewa dan harus ada di meja adalah  kolak atau koleg. Kolak adalah hidangan yang sangat mudah pembuatan maupun penyajiannya. 

4 Menu Buka Puasa Kolak Asli Yang Melegenda



Ciri khas kolak adalah santan dan gula. Sekarang ini hidangan kolak disajikan dalam bermacam ragam varian baik sajian dingin maupun panas. walaupun bermacam ragam varian kolak namun dulu hanya ada beberapa bahan makanan yang menjadi favorit untuk dijadikan sebagai kolak  Nah kolak apa saja yang menjadi legenda hidangan buka puasa ini dia diantaranya :


4 Menu Buka Puasa Kolak Asli Yang Melegenda
Kolak Kacang Hijau : Siapa yang tidak pernah makan hidangan kolak kacang hijau. Hidangan menu buka puasa ini dari kacang hijau yang di rebus sampai matang, kemudian di masukkan santan dan gula baik gula putih maupun gula merah, setelah itu di aduk aduk sampai merata dan disajikan untuk menu buka puasa keluarga. Lebih enak disajikan dalam keadaan masih hangat. Biasanya hidangan inipun dijadikan sebagai hidangan takjil di mesjid mesjid yang menyediakan hidangan buka puasa.


 Kolak Ubi (Ubi Jalar atau Singkong): Sama dengan kolak kacang hijau , ubi atau singkong di rebus sampai lembut , kemudian di beri santan dan gula. Dulu hidangan ini menjadi favorit karena disebut sebagai hidangan yang sangat sederhana dan bisa didapatkan secara mudah terutama oleh masyarakat di desa. Bahkan dijadikan sebagai alternatif aneka masakan yang berbahan singkong selain tiwul, gatot, gethuk dll. 





Kolak Labu Kuning (Waluh): Inilah kolak favorit saya masa kecil, karena kami tinggal di desa, maka setiap panen labu (waluh) selalu disimpan untuk saatnya puasa. dan ketika puasa tiba orang tua selalu membuat menu buka puasa dengan aneka olahan labu kuning atau waluh selain dikolak juga bisa dinikmati dengan direbus bahkan bisa menjadi cemilan saat tadarrus di mesjid atau musholla pada malam harinya. Cara membuatnya sama yaitu dengan memotong motong labu berbentuk dadu dan di buang isinya ( isi labu bisa di buat kwaci), kemudian di rebus dan diberi gula. Ada sebagian yang tidak menggunakan santan karena tidak menyukainya.



4 Menu Buka Puasa Kolak Asli Yang MelegendaKolak Pisang : Tidak semua pisang bisa dijadikan kolak, hanya beberapa jenis pisang seperti pisang kepok ( gablok) atau pisang raja yang sering di kolak. Membuat kolak pisang lebih enak menggunakan santan. bahkan selera masyarakat di Sumatera umumnya ditambah santan yang paling kental agar lebih lezat. kalau selera saat ini banyak kolak pisang yang disajiakan dingin.


Demikinalah 4 menu kolak buka puasa asli yang melegenda dari zaman dulu sampai sekarang dan selalu kita sukai dan kita makan di tengah keluarga dan kerabat terutama pada saat berbuka puasa.







Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------