6 Cara Menemukan Dan Memunculkan Bakat Anak

6 Cara Menemukan Dan Memunculkan Bakat Anak

Hampir sebagian besar para remaja dan pemuda akan bingung saat ditanya akan memilih jurusan apa saat penjurusan di SMU atau mau pilih kuliah jurusan apa ? Banyak yang tidak bisa menjawab mau jadi apa kelak. Apalagi jika pilihan tersebut dikaitkan dengan bakat dan minatnya, tambah bingung dan pusing mereka. Jangankan memilih sesuai bakat, mereka sendiripun belum tahu apa bakatnya.

Berikut ini beberapa tanda yang dapat menolong kita dalam menemukan bakat anak atau diri kita sendiri :

    6 Cara Menemukan Dan Memunculkan Bakat Anak
  1. Mengamati reaksi spontan anda saat menyikapi suatu kejadian. Perhatikan , bagaimana anda biasanya bereaksi atas suatu kejadian ?. Apakah anda cenderung memegang kendali, membuat analisis secara seksama atau hanya berusaha mencari sisi- sisi lain dari kejadian tersebut.

  1. Seberapa besar niat dan kemauan anda melakukannya. Pastikan bahwa sebuah aktifitas telah membuat anda sangat ingin untuk melakukannya kembali. Rasa rindu itu terus timbul hingga anda tak sabar untuk melakukannya. Bahkan sebelum menjalaninya, senantiasa timbul rasa rindu yang tinggi dan tidak sabar untuk melakukannya,

  1. Kecepatan anda saat belajar dan mengasai bidang tertentu. Perhatikan apakah anda sangat cepat mendalami dan mempelajari kegiatan itu atau sangat lambat ? Atau simak upaya anda dengan hasil yang didapatkan bila dibandingkan denngan orang lain. Apakah hasilnya diatas atau dibawah rekan rekan anda.

  1. Bagaimana perasaan anda, seberapa puas setelah melakukannya. Perhatikan saat melakukannya. Apakah anda senang, nyaman ataukah membuat anda tenggelam keasyikan saat melakukan suatu aktifitas. Seberapa rasa puas dalam menjalaninya. Puas akan hal atau kegiatan itu, bukan pada hasilnya. Jadi secara bathin puas, apakah anda memeang terpuaskan oleh hal iti ?

  1. Menikmatinya. Saat menjalaninya ada rasa nyaman. dalam hal kecilpun mengatakan "Hal ini pas sekali buat saya ".

  1. Keinginan mendalaminya. Seberapa besar rasa penasaran yang ditimbulkan oleh kegiatan tersebut pada diri anda dan seberapa keinginan anda untuk belajar mendalami hal ini. kemudahan untuk fokus, memahamu dan berkonsentrasi untuk hal ini
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------