Ingin Mudik Aman Dan Nyaman ?,Manfaatkan Asuransi Perjalanan Dengan 7 Jenis Perlindungannya

Ingin Mudik Aman Dan Nyaman ?,Manfaatkan Asuransi Perjalanan Dengan 7 Jenis Perlindungannya

Asuransi perjalanan adalah layanan asuransi yang ditawarkan ketika kita akan melakukan perjalanan. terutama via pesawat. Fungsinya adalah mengantisipasi segala risiko yang mungkin muncul dalam perjalanan baik keberangkatan maupun kepulangan atau kembali ke tempat asal.


Yang membedakan asuransi perjalanan dengan asuransi lainnya  adalah durasi atau jangka waktu perlindungan risiko. Durasi perlindungan asuransi perjalanan lebih pendek.


Perlindungan berlaku sejak memulai hingga mengakhiri perjalanan seperti saat jatuh sakit di tujuan perjalanan, misalnya, bisa ter-cover asuransi perjalanan, sesuai dengan polis.


Asuransi ini ditawarkan oleh perusahaan asuransi umum. Kita bisa membelinya langsung ke perusahaan itu atau lewat agen/penyedia perjalanan. Biasanya, premi akan lebih murah jika kita beli langsung dari perusahaan tersebut dibandingkan dengan melalui agency.


Kita juga bisa memilih durasi berlaku asuransi tersebut, misalnya bisa per perjalanan, per bulan, atau per tahun. Tergantung kebutuhan Anda. Jika asuransi perjalanan hanya kita gunakan untuk mudik dan balik, sebaiknya kita memilih per perjalanan ,namun jika bakal sering bolak-balik ke tempat tujuan atau lama di tempat tujuan, sebaiknya pakai yang per bulan atau per tahun.

Yang juga mesti dicatat, asuransi ini bisa melindungi seluruh keluarga sekaligus jika bepergian bareng. Namun pemegang polis utama hanya satu orang.



Secara umum berikut ini adalah 7 perlindungan Asuransi Perjalanan diantaranya :

1. Kecelakaan

Jika terjadi kecelakaan dalam perjalanan, ada uang pertanggungan yang bisa dicairkan dari asuransi perjalanan. Umumnya, uang tersebut bisa diklaim hanya jika kecelakaan berakibat kematian, menderita cacat permanen, atau lumpuh total.

2. Berobat

Saat jatuh sakit dalam perjalanan dan perlu segera berobat, biayanya bakal ditanggung asuransi perjalanan. Ini tentunya sangat berguna, terutama saat dibutuhkan pengobatan darurat dengan biaya mahal.

3. Kehilangan barang

Barang bisa saja hilang akibat dicuri dalam perjalanan. Asuransi perjalanan akan menanggung risiko kehilangan barang tersebut. Ini termasuk kehilangan serta kerusakan barang dalam bagasi saat di bandara.

4. Pemulangan jenazah

Jenazah mestinya dipulangkan saat meninggal dalam perjalanan. Ongkosnya akan ditanggung asuransi tersebut. Biasanya ada pilihan penguburan atau kremasi di lokasi kematian yang ditawarkan, tapi dengan ongkos dibayar asuransi.

5. Keterlambatan bagasi

Umumnya, asuransi memberikan uang pertanggungan ketika bagasi terlambat datang lebih dari 12 jam.

6. Seputar perjalanan

Uang pertanggungan juga bisa cair saat terjadi delay alias penundaan perjalanan lebih dari 12 jam. Hangusnya uang muka akibat hal-hal di luar kuasa pemegang juga diproteksi.

7. Kebakaran rumah

Rumah yang kosong ditinggal selama perjalanan berisiko mengalami kebakaran. Jika ada asuransi perjalanan, risiko itu akan ditanggung.


Layanan asuransi perjalanan yang ditawarkan tiap perusahaan biasanya hampir sama. Namun Anda juga harus tetap membandingkan satu sama lain untuk mendapatkan yang terbaik, termasuk cara klaim uang pertanggungannya.

Walaupun saat ini perjalanan domestik tidak harus dilindungi asuransi perjalanan. Tapi jika ingin bepergian ke luar negeri, khusunya ke Eropa dengan visa Schengen, asuransi perjalanan diwajibkan. 

Melihat sangat pentingnya asuransi perjalanan sepertinya sudah saatnya jenis Asuransi ini diwajibkan untuk semua tujuan perjalanan terutama udara. Dari segi biaya preminya sebenarnya tidak terlalu memberatkan dibandingkan dengan manfaatnya. Walaupun demikian semuanya kembali kepada Anda, karena masing masing pemudik mempunyai tingkat keuangan yang berbeda beda. 
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------