Featured Post

Cara Belanja Di Shopee

.

Dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini tak perlu repot repot keluar rumah untuk berbelanja, cukup melalui gadget dan barang langsung diantar kurir sampai depan pintu rumah Anda. Mau coba ? berikut adalah tutorialnya terutama bagi shoper pemula Baca Selengkapnya
RPP Daring dan Luring Prakarya SMP kelas 8 Semester 1 Dan 2

RPP Daring dan Luring Prakarya SMP kelas 8 Semester 1 Dan 2

 Mempersiapkan pembelajaran dimasa pandemi Covid19 terasa berbeda dengan kegiatan pembelajaran disaat situasi normal. Pemerintah melelui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan telah menetapkan pembelajaran jarak jauh untuk wilayah dengan kategori zona bukan hijau. Sedangkan pembelajaran tatap muka hanya diperbolehkan untuk wilayah atau zona hijau. Walau demikian harus diikuti dengan protokol kesehatan yang ketet seperti memakai masker, memnjaga jarak dan mencuci tangan. Disamping itu kehaditan siswa di sekolah hanya diperbolehkan semua, sehingga sekolah perlu menyusun kegiatan pembelajaran menggunakan sistem shift.


Bagi daerah dengan zona bukan hijau, maka satu satunya pilihan adalah dengan menyelenggarakan pembelajaran daring atau luring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan perangkat hp smartphone dngan mengguanakan aplikasi yang mendukung seperti WhatsApp, Zoom, Google Classroom dan lain lain. Pembelajaran jarak jauh menggunakan sistem daring berbeda dengan pembelajaran normal. Keterbatasan guru dan siswa dalam berinteraksi seperti layaknya dikelas, menuntut kreatifitas guru untuk membuat pembelajaran daring tidak hanya sekedar memberikan tugas, lalu dikumpul. Guru harus mampu memberikan pencerahan terkait materi yang diajarkan, dan tugas yang diberikan hanyalah feedback dari topik yang dipelajari dalam kurun / jangka waktu yang sudah ditentukan oleh kalender pendidikan melalui RPP yang dirancang sedemikian rupa. 


RPP Daring dan Luring Prakarya SMP kelas 8 Semester 1 Dan 2



Selain RPP daring, bagi sekolah yang tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan pembelajaran daring, RPP luring menjadi pilihan kadua. Pembelajaran luring bisa dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan seperti wilayah sekolah yang berada di P3T ( Perbatasan, Terdepan, Terluar, Tertinggal). Guru harus melakukan kunjungan ke kelompok kelompok belajar secara periodik untuk melakukan pembelajaran sekaligus memantau kemajuannya. 


Selain itu ada beberapa sekolah yang menerapkan pembelajaran yang memodifikasi antara daring dan luring. Sistem ini diadopsi karena disamping untuk mengakomodasi penggunaan pulsa yang dianggap boros oleh guru dan siswa, sehingga untuk mengumpulkan tugas,  siswa harus berkumpul di kelompok belajar untuk diambil oleh guru atau perwakilan siswa mengantar tugas ke sekolah dengan membawa titipan tugas dari temannya.


Apapaun bentuk pembelajaarn yang dilakukan live must go on, pembelajaran harus terus berjalan dimasa darurat seperti ini. Oleh karena itu RPP Mapel Prakarya SMP Kelas 8 sebagai salah satu dari 10 mapel wajib di SMP pada kurikulum 2013, haris dirancang oleh pendidik sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dikelas daring maupun luring.


Bagi bapak/Ibu guru yang menginginkan model RPP Daring maupun luring dalam pembelajaran Jarak jauh bisa klik tautan yang sudah saya bagikan ini.


1. RPP Daring Prakarya Kelas 8 Kerajinan Semester 1

2. RPP Daring Prakarya Kelas 8 Pengolahan Semester 1

3. RPP Daring Prakarya kelas 8 Kerajianan Semester 2 Guru Berbagi

4. RPP Daring Prakarya Kelas 8 Kerajinan Semester 2 (1)

5. RPP Daring Prakarya Kelas 8 Kerajinan Semester 2 (2)

6. RPP Daring Prakarya Kelas 8 Kerajinan Semester 2 (3)

7. RPP Daring Prakarya Kelas 8 Kerajinan Semester 2 (4)

8.RPP Daring Prakarya Kelas 8 Budidaya Semester 2 (5)

9. RPP Luring Prakarya Kelas 8 Kerajinan Semester 2 Guru Berbagi

10. RPP Luring Prakarya Kelas 8 Kerajinan Semester 2 (1) Guru Berbagi


RPP ini sudah sesuai dengan aturan terbaru seperti yang diinginkan kemendikbud seperti menyederhanakan formatnya yang hanya 1 lembar ( SE Permendikbud No.14 Tahun 2019 ) yang disesuaikan dengan Kompetensi dasar dan Kompetensi Inti pembelajaran di masa darurat Covid19.


Advertisement

Baca juga:

Related Posts

Komentar