RPP Daring Dan Luring Prakarya SMP Kelas 9 Semester 1 Dan 2

RPP Daring Dan Luring Prakarya SMP Kelas 9 Semester 1 Dan 2

Masa pandemi Covid 19 yang masih terus terjadi sampai saat ini menuntut pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terus berlangsung. Dalam mempersiapkan pembelajaran jarak jauh seorang guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran yang didesain sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan pembelajaran masa darurat yang telah disesuaiakan melalui payung hukum Permendikbud No. 15 Tahun 2020. 


Dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh atau PJJ, sekolah  diperbolehkan melakukan kegiatan pembelajarann baik secara daring maupun secara luring. Pembelajaran yang dilakukan secara online atau daring yakni dimana guru dan siswa belajar tidak dalam satu tempat namun bisa saling berinteraksi menggunakan perangkat media elektronik seperti Televisi, Radio, ataupun yang paling sering digunakan pada saat sekarang adalah melalui smartphone.  Menggunakan smartphone dengan bantuan aplikasi menjadi pilihan siswa dan sekolah  untuk menghubungkan mereka sehingga bisa melakukan pembelajaran dengan mudah. Berbagai aplikasi yang paling favorit digunakan misalnya WhatsApp, Google Classroom dan Zoom. Selain itu banyak juga sekolah menggunakan aplikasi lain dan menggunakan LMS yang diciptakan sendiri dan biasa terintegrasi dengan website sekolah.


RPP Daring Dan Luring Prakarya SMP Kelas 9 Semester 1 Dan 2


Selain itu bagi sekolah yang tidak memungkinkan melakukan pembelajaran jarak jauh melalui daring, ada plihan untuk melakukan pembelajaran luring (diluar jaringan), pembelajaran luring bersifat kunjungan ke kelompok belajar dimana siswa yang berdekatan rumahnya berkumpul di satu tempat kemudian guru mengunjungi tempat tersebut dan melakukan kegiatan pembelajaran. 


Pelaksanaan pembelajaran di masa Pandemi seperti ini harus terus menjaga diri dari menularnya Covid 19, apalagi di tengah tengah pembelajaran walaupun luring sekalipun. Oleh karena itu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan selama melakukan interaksi dengan siswa hendaknya selalu dipoerhatikan oleh semua fihak. Seperti kita ketahui Bersama bahwa Kementerian Pendidikan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan,


Dalam mempersiapkan pembelajaran Mapel Prakarya secara Daring sebagai salah satu Mapel K13 di SMP, Bapak Ibu harus mengetahui bahwa Kompetensi dasar yang akan di ajarkan telah disesuaikan dengan KD dan KI Kondisi Khusus. Demikain juga Format Penyususnan RPP juga telah disederhanakan sesuai dengan Surat edaran Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019.


Banyak sekali contoh contoh RPP Daring maupun Luring mapel Prakarya SMP Kelas 9 Terbaru, Bapak Ibu bisa memilih dan menyesuaikannya dengan kondisi dan keadaan pembelajaran di sekolah tempat Bapak /Ibu mengajar. Berikut beberapa Link Yang bisa bapak Ibu gunakan Untuk Referensi Pembuatan RPP Daring Prakarya :


1. RPP Daring Kerajinan Semester 1, Semester 2, RPP daring Rekayasa Semester 1, Semester 2 RPP Daring Budidaya Semester 1, semester 2, RPP Daring Pengolahan Semester 1, Semester 2.


2. RPP Daring Budidaya Guru Berbagi Semester 2

3 RPP Luring Pengolahan Guru Berbagi Semester 2

4. RPP Luring Rekayasa Guru berbagi Semester 1


Semua RPP diatas berasal dari sumber terpercaya dan dirancang oleh Bapak/Ibu guru yang terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Walupun demikian, RPP ini adalah model, bapak/Ibu guru bisa menyesuaikannya sendiri. Semoga bermanfaat


Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------