Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Solusi (Sementara) Internet Murah Untuk Pemburu Kuota 4G

Solusi (Sementara) Internet Murah Untuk Pemburu Kuota 4G

 Kuota internet saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar siapa saja mulai dari siswa sekolah, pekerja, pengusaha, driver online dan berbagai kalangan profesi lainnya. Sehingga banyak diantara pengguna aktif internet selalu mencari kuota murah tak peduli berasal dari provider manapun.


Kuota berbasis volume seperti ini sering banyak diburu pengguna karena sangat fleksibel disesuaikan dengan kantong dengan kebutuhan kuota sehari hari. Mulai dengan kuota berdasarkan jam tertentu, harian, mingguan atau bulanan. Semuanya menyediakan beragam nilai Giga Byte jumlah kuota yang bisa digunakan berdasarkan masing masing provider. Namun demikian jika kita telusuri lebih jauh standar harga kuota internet 4G diberbagai provider masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan negara tetangga kita bahkan konon katanya lebih lambat juga.




Ditengah mahalnya kuota internet saat ini kita tidak tahu apa yang terjadi dalam bisnis provider internet 4G, namun baru baru ini  beberapa provider melakukan terobosan baru dan seharusnya kita sambut dengan gembira karena mereka telah  menghadirkan produk kuota internet yang lebih murah. Kartu internet berbasis digital seperti By.U dari Telkomsel, Live.on dari XL dan Switch dari Smartfren menawarkan berbagai kuota yang tampaknya lebih murah dibandingkan dengan yang biasa.

Coba bandingkan produk produk internet digital berikut dengan yang biasa mungkin Anda tercengang dengan murahnya kuota :

1. By.U (Telkomsel) 


 Berikut ini adalah daftar paket internet By.U: Paket Yang Bikin Deket Rp 10.000, kuota utama 10 GB, masa aktif 1 hari. Paket Yang Bikin Nempel Rp 15.000, kuota utama 3 GB, masa aktif 14 hari. Paket Yang Bikin Kumat Rp 20.000, kuota utama 10 GB, masa aktif 10 hari. Paket Yang Bikin Nagih Rp 50.000, kuota utama 10 GB, masa aktif 30 hari. Paket Yang Bikin YaQuenn Rp 100.000, kuota utama 23 GB, masa aktif 30 hari. 

2. Switch Mobile (Smartfren) 


Base Plan Lite Bar = Rp 50.000, kuota unlimited 3 GB, masa aktif 28 hari. Standard Bar = Rp 100.000, kuota unlimited 10 GB, masa aktif 28 hari. Power Bar = Rp 150.000, kuota unlimited 16 GB, masa aktif 28 hari. Super Bar = Rp 200.000, kuota unlimited 22 GB, masa aktif 28 hari. Apabila ingin menambahkan kuota, Anda dapat memilih paket Add-on tanpa perlu membeli ulang paket Base Plan selama masa berlaku masih aktif. Namun, pastikan Anda selalu membeli paket Base Plan minimal satu bulan sekali, agar nomor tetap aktif dan tidak hangus. Add On (Ekstra) Boost 1 = Rp 10.000, kuota 1 GB. Boost 2 = Rp 20.000, kuota 2 GB. Switch & Match - Movie Mania Rp 140.000, kuota utama 30 GB, Unlimited apps Netflix 3 GB, Point 14.000, masa aktif 28 hari. - Gamer Rp 120.000, kuota utama 25 GB, Unlimited apps YouTube 3 GB, Point 6.000, masa aktif 28 hari. - Influencer Rp 100.000, kuota utama 20 GB, Extra Data, Unlimited apps Instagram 2 GB, TikTok 1 GB, Point 5.000, masa aktif 28 hari. - Executive Rp 80.000, kuota utama 12 GB, kuota telfon 100 menit Rp 45.000, Unlimited apps WhatsApp 1 GB, Zoom 2 GB, Point 8.500, masa aktif 28 hari. 

3. Live On (XL Axiata) 


Ada dua paket yang Live On yang bisa dipilih, yakni Live On Power On dan Live On Power Full. Masing-masing paket terdiri dari kuota data yang bisa digunakan untuk semua aplikasi, jaringan dan waktu penggunaan tanpa kompromi kecepatan, serta akumulasi sisa data hingga 1.000 GB. Apabila ingin menambah kuota data, menit telepon, SMS, atau data khusus unlimited apps, pengguna cukup menambah add-on di luar dari paket dasar melalui pembelian satu kali dari aplikasi. Paket Power On Rp 80.000, Kuota utama 25 GB, kuota telepon 20 menit, kuota 20 SMS ke semua operator, 3 GB Emergency Quota (kecepatan 128kbps), masa aktif 30 hari.  Paket Power Full Rp 125.000, Kuota utama 50 GB, kuota telepon 20 menit, kuota 20 SMS ke semua operator, dan 3GB Emergency Quota (kecepatan 128kbps), masa aktif 30 hari.


Nah, bagaimana lebih murah bukan ?,  internet digital ini sebenarnya menyasar untuk kaum milenial yang seba digital mulai dari pengisian pulsa sampai kebutuhan lainnya di diaplikasi yang masing masing bisa diunduh di PlayStore. 

Bagi saya sendiri disatu sisi terobosan ini harus disambut dengan gembira, namun disisi lain apakah jika pengguna internet digital sudah menjamur nantinya akan mengurangi kualitas kecepatan dan stabilitas jaringan internet. Ingat produk ini juga tetap menggunakan jaringan 4G sama seperti jaringan internet pada umumnya. Mudah mudahan hal ini tidak terjadi. Jika pun terjadi maka hal ini sama saja dengan mencari solusi sementara saja. Kita butuh internet murah namun jika produk tersebut sudah dikenal masyarakat lambat laun harganya akan naik atau bahkan jaringannya akan melambat. Wallahu A'lam

Advertisement

Baca juga: