Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Channel TV Digital Di Medan Sampai Akhir Oktober 2020

Channel TV Digital Di Medan Sampai Akhir Oktober 2020

Salah satu isu hangat dalam UU Omnibus Law adalah tentang ASO (Analog Switch Off) atau dalam bahasa sehari hari adalah mematikan sinyal Televisi analog (TV yang saat ini biasa kita tonton) paling lambat 2 tahun dan berubah sinyalnya menjadi TVdigital. TV digital adalah siaran televisi yang memanfaatkan modulasi digital dan sistem kompresi agar siarannya bisa kita tonton seperti layaknya menonton TV analog pada umumnya.


Kenapa berubah menjadi digital mas ?


Pertanyaan ini sering muncul dibenak kita karena selama ini kita menonton TV baik baik saja dan tidak ada masalah yang mengganggu penyiaran. Namun dari segi keunggulan teknologi keberadaan TV digital jauh lebih menguntungkan ketimbang analog. TV digital mampu menampung channel lebih banyak, kualitas gambar lebih baik, bisa berkomunikasi 2 arah layaknya internet walaupun tidak menggunakan jaringan internet, keuntungan lainnya banyak Channel TV baru yang langsung siaran di TV digital dan tidak kita temukan di Channel Analog seperti Magna Channel dan BN TV yang baru ujicoba siaran. Belum lagi TV TV lokal lainnya dan banyak lagi keuntungan lainnya .




Lalu bagaimana caranya mengubah jadi TV digital kalau TV saya masih TV lama ?


sangat bisa, kita cukup membeli peralatan konverter sinyal analog menjadi digital yang di sebut dengan set top box yang bekerja di sistem penyiaran DVB-T2. Memang saat ini setop box masih banyak dijual di toko online ketimbang offline, namun seiring berjalannya waktu alat ini akan semakin mudah didapatkan. Itu saja tidak ada yang ditambah karena antena yang kita gunakan juga menggunakan antena biasa (antena uhf).


Ok, Nah bagi masyarakat Medan dan sekitarnya saat artikel ini ditulis channel digital di Medan terus bertambah sampai dengan akhir Oktober 2020 terdapat 14 channel dan 1 stasiun yang test card on air dan belum tahu stasiun apa namanya. berikut diantaranya :


1. Channel TVRI Nasional

2. Channel TVRI Sumut

3. Channel TVRI Canal 3

4. Channel TVRI Sport HD

5. Channel Inspira TV

6. Channel Nusantara TV

7.Channel Trans TV HD

8. Channel Trans 7 HD

9. Channel CNN Indonesia

10. Channel CNBC Indonesia

11. Channel Kompas TV

12. Magna Channel

13. Channel Metro TV

14. Channel DAAI TV


Memang saat ini stasuin TV Emtek (SCTV dan Indosiar) dan MNC Group (MNC TV, RCTI, Global TV dan iNews TV) masih dalam proses penyiaran digital. Kedepan akan semakin banyak Channel Channel yang akan migrasi ke TV digital dan mengudara seiring dengan semakin sempitnya batas waktu penyiaran di Analaog yang tentukan oleh Undang Undang. 


Sementara sebelum semua TV berpindah ke digital, kita bisa menjadikan TV kita bisa mendapatkan kedua siarannya (analog dan digital) dengan menggunakan kabel antena loop out yang biasa kita hubungkan dari set top box ke colokan antena TV biasa. Tutorial menghubungkan / menginstalasi siaran digital bisa sobat cari di channel channel youtube dan peralatannya bisa didapatkan di toko online. O...ya kabarnya pemerintah juga akan membagi bagikan set top box gratis 7 juta lebih untuk masyarakat kurang mampu lho.


Anda penasaran ingin menikmati siaran digital silahkan dicoba mulai sekarang dengan harga set top box bervariasi antar 200 ribu - 400 ribu .

Advertisement

Baca juga: