Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

8 Fakta Unik Tentang Petir Yang Wajib Anda Tahu

8 Fakta Unik Tentang Petir Yang Wajib Anda Tahu

Siapa yang tidak kenal dengan fenomena alam yang satu ini. Petir atau halilintar adalah suara menggelegar diangkasa disaat mendung gelap atau saat terjadi hujan disertai dengan kilatan cahaya. Terjadinya petir bisa dijelaskan secara ilmu pengetahuan. Menurut Wikipedia, petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya awan akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.



Banyak kisah yang berhubungan dengan petir yang menandakan bahwa sejak zaman dahulu petir sudah ada.. Ada yang menganggap petir berasal dari dewa seperti Dewa Zeus yang mengayunkan petirnya atau Thor yang memukul dengan palu. Demikian kisah Ki ageng Sela dan hancurnya Penjara Demak karena petir hasil dari jelmaan lelaki tua dan banyak lagi kisah kisah lainnya . 


Dari berbagai misteri tentang petir beberapa fakta berikut bisa kita menjadi tahu bahwa petir tidak sekedar membuat kita kaget dan  membuat bulu kuduk berdiri :



1. Bikin Rambut Tegak





Tidak benar bahwa sambaran petir selalu terjadi tanpa peringatan. Pada tahun 1975, saudara kandung McQuilken sedang mendaki Moro Rock di California ketika mereka melihat sesuatu yang aneh terjadi — rambut mereka berdiri tegak. Senyuman lebar mereka menunjukkan bahwa mereka sama sekali tidak peduli dan bahkan menganggapnya lucu. Mereka meninggalkan puncak bukit ketika hujan es tiba-tiba mulai turun. Namun mereka tidak meninggalkan situs dengan cukup cepat. Beberapa saat kemudian, petir menyambar. Michael dan saudaranya, Sean, terlempar ke tanah. Orang lain di dekatnya kurang beruntung, dan satu orang tewas. Kakak beradik itu tidak terluka oleh kejadian hari itu, tetapi mereka masih waspada saat keluar dalam badai petir. 



2. Sprites





Kilatan petir bukanlah satu-satunya fenomena warna-warni yang dapat dihasilkan oleh badai petir. Kadang-kadang, jauh di atas awan yang menembakkan petir ke bawah, semburan merah besar yang disebut sprite dapat terlihat menjulang sampai ke atmosfer. Mereka dapat mencapai ketinggian hampir 97 kilometer (60 mil). Kadang-kadang disebut “petir atmosfer atas”, sprite sebenarnya sangat berbeda dari petir. Petir menciptakan suhu yang sangat tinggi yang menjadi sumber cahayanya, sementara sprite terjadi akibat efek dingin. Cahaya yang mereka ciptakan tampaknya serupa dengan cahaya yang dihasilkan oleh tabung fluoresen. Ilmu pasti sprite belum sepenuhnya dipahami.



3. Petir Di Luar Angkasa




Telah lama diketahui bahwa petir telah terjadi di planet-planet dengan atmosfer (selain Bumi). Sinyal radio yang dihasilkan oleh sambaran petir ditangkap oleh probe saat mereka mengorbit Jupiter dan Saturnus. Ada beberapa bukti bahwa petir juga dapat terjadi di Venus. Namun, baru pada tahun 2009 NASA menangkap gambar petir pertamanya di Saturnus. [3] Pesawat luar angkasa Cassini melihat badai yang mengamuk di planet itu yang berlangsung selama beberapa bulan. Selama waktu ini, ia mendeteksi kilatan cahaya dari petir dan emisi radio terkait yang mengkonfirmasi keberadaannya. Dengan menggunakan informasi ini, NASA dapat membuat video tentang badai dan bahkan bunyinya berdasarkan atmosfer Saturnus.




4. Badai Petir Terus Menerus




Langit malam Delta Catatumbo di Venezuela tidak segelap yang Anda duga. Saat matahari terbenam, badai petir terbentuk yang dapat menghasilkan 280 sambaran petir dalam satu jam. Fenomena ini terjadi sekitar 260 malam per tahun dan disebut sebagai "badai abadi". Mengingat cahaya yang dihasilkannya, badai ini juga dikenal sebagai "Suar Maracaibo" (setelah danau tempat terjadinya). Pada tahun 1841, seorang pengamat mendeskripsikannya sebagai "seperti petir yang terus-menerus, dan posisinya yang terletak hampir di meridian mulut danau, mengarahkan para navigator sebagai mercusuar." . Penyebab pasti dari kejadian yang tidak biasa ini. badai yang bisa diprediksi tidak diketahui. Segala sesuatu mulai dari uranium di batuan sekitarnya hingga jumlah metana yang dilepaskan oleh rawa di daerah tersebut telah diduga sebagai penyebab badai tersebut. Pekerjaan baru-baru ini menunjukkan bahwa angin di daerah tersebut sebagai kunci pembentukan badai.Pada 2010, badai tersebut menghilang selama dua bulan, tampaknya karena kekeringan di wilayah tersebut. Namun sejak itu, badai kembali ke tempat biasanya.



5. Thundersnow (Petir Hujan salju)




Guntur dan kilat biasanya dikaitkan dengan hujan. Tapi hujan badai bukan satu-satunya saat Anda mendengar ledakan guntur dan kilatan petir. Salju yang turun dengan lembut dapat membuat guntur semakin mengejutkan. Dalam badai khas, guntur dapat menempuh jarak yang jauh dan masih terdengar. Tapi salju di guntur meredam suara guntur. Akibatnya, hanya orang-orang dalam jarak 1,6–3,2 kilometer (1–2 mil) yang mendengar guntur. [6] Meskipun badai petir adalah peristiwa yang relatif jarang, hal ini lebih umum terjadi di dekat Danau Besar di Amerika Utara. Petir Hujan salju terbentuk ketika udara hangat di dekat tanah mulai naik. Saat udara hangat bergesekan dengan udara beku yang tinggi di atmosfer, hal itu menciptakan muatan di udara dingin yang jatuh. Udara dinginlah yang menghasilkan salju. Karena membawa muatan ke bawah, kondisi menjadi sempurna untuk petir menyambar.



6. Juliane Koepcke





Petir telah menghantam pesawat berkali-kali. Menurut Administrasi Penerbangan Federal, setiap pesawat rata-rata ditabrak sekitar sekali setahun. Seringkali, hal ini benar-benar tidak diperhatikan, bahkan oleh mereka yang berada di dalam pesawat, karena kulit logam pesawat menjadi penghantar petir. Pada Malam Natal 1971, satu pesawat tidak seberuntung itu. Juliane Koepcke berada di pesawat di atas Amazon ketika pesawat itu memasuki badai petir. Dihantam turbulensi dan dengan kilatan petir di sekitar mereka, para penumpang ketakutan. Juliane, saat itu berusia 17 tahun, memegang tangan ibunya. Ibunya dengan tenang berkata, “Itulah akhirnya, semuanya sudah berakhir.” Setelah disambar petir, pesawat itu menukik. Hal berikutnya yang dia tahu, Juliane jatuh di udara. Masih terikat di kursinya, dia jatuh 3,2 kilometer (2 mil) ke tanah. Anehnya, dia hanya mengalami patah tulang selangka dan beberapa luka lainnya. Menemukan dirinya sendiri, dia harus berjalan keluar dari hutan dengan tidak ada yang bisa dimakan selain permen yang diambil dari reruntuhan. [7] Juliane adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan itu ketika dia ditemukan oleh penduduk setempat 11 hari setelah pesawatnya disambar petir.




7. Petir Bentuk Bola




Petir bola sama sekali tidak seperti kilat yang biasa dilakukan kebanyakan orang. Selama berabad-abad, ada banyak laporan tentang bola gas bercahaya yang meluncur di sekitar langit dan kadang-kadang masuk tanpa izin ke rumah orang. Seringkali, hal itu terlihat setelah sambaran petir tradisional, sedangkan kilatan petir hanya berlangsung sesaat, petir bola dapat berlangsung selama beberapa detik, bahkan menit. Itu juga bisa menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan berada di dalam pun tidak ada perlindungan yang pasti — petir bola telah diketahui berjalan melalui jendela tertutup. [9] Sains belum sepenuhnya menjelaskan keingintahuan ini. Secara kebetulan, video kilat bola ditangkap dengan kamera berkecepatan tinggi yang memungkinkan para ilmuwan mempelajari fenomena ini dengan cermat. Tetapi masih belum ada konsensus tentang bagaimana atau mengapa itu terbentuk.




8. Penangkal petir





Ben Franklin terkenal sebagai negarawan dan ilmuwan, ia menjadi sosok akan karyanya tentang listrik.dan studinya yang terkenal tentang petir . Orang-orang mencoba menirunya dengan cara yang bahkan tidak dapat diprediksi oleh pemikir seperti Franklin. Pada tahun 1780-an di Paris, ada mode perlindungan portabel dari petir. Orang-orang dikatakan memasang penangkal petir di topi dan payung mereka untuk berjaga-jaga kalau-kalau petir Franklin pernah menyambar mereka. Namun, bukan hanya di abad ke-18, orang-orang ingin aman dari petir. Pada tahun 1978, permohonan paten diajukan pada Penangkal Petir Portabel. Pada dasarnya tiang logam panjang yang dikelilingi oleh isolator, Penangkal Petir Portabel dirancang untuk menarik petir menjauh dari seseorang dan dengan aman turun ke tanah. Juga dilengkapi dengan payung yang dapat dipasang untuk menjaga pengguna tetap kering saat penangkal petir dipasang. Apakah cara ini sudah dianggap berhasil dari sambaran petir ?. Ternyata tidak.

Advertisement

Baca juga: