-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Review Benih Sawi Pakcoy Putih Dari Haira Seed

Review Benih Sawi Pakcoy Putih Dari Haira Seed

Mencoba pertama kali menanam sawi pakcoy putih dari pembibitan Haira Seed, saya ingin berbagi pengalaman kepada teman teman urban farmer. Menanam sawi seperti biasa saya lakukan dengan media tanam dengan tanah di pekarangan rumah dengan teknik persemaian dengan media kompos. 

Sawi pakcoy putih berbeda dengan sawi putih. Walaupun disebut dengan sawi pakcoy namun tampilannya tidak mirip dengan pakcoy dengan batang membesar seperti botol, namun mendekati dengan caisim atau sawi manis dengan bentuk lebih kecil dengan perbedaan pada guratan tulang daunnya, Pakcoy putih punya tulang daun berwarna putih terang yang mendominasi seluruh bagian daunnya sedangkan caisim tulang daunnya hijau muda.Walaupun mirip dengan sawi pada umumnya pakcoy putih mempunyai daun yang membulat dan lebih hijau tua. Sedangkan tingginya juga hampir sama dengan sawi caisim kurang lebih 20 - 30 cm.


Pakcoy putih dari Haira Seed ini sangat mudah ditanam dengan masa panen 1 bulan dengan jarak tanam 25 cm. Cukup dengan menanam ditempat terbuka terkena cahaya matahari langsung minimal 6 jam sehari dengan penyiraman setiap pagi dan sore disaat panas atau kemarau dan menghindari genangan air di musim hujan. Seperti sawi pada umumnya , pakcoy jenis putih ini sudah toleran dengan sayuran dataran rendah. Pakcoy putih bisa diolah dengan berbagai jenis masakan baik direbus atau dengan di tumis. Daunnya lembut dan renyah tidak terasa pahit.  


Bibit yang saya gunakan berbentuk kemasan 1 gram yang saya beli dari toko online dengan masa kadaluwarsa 1 tahun. Untuk pengaplikasian benih urban farming sangat cocok karena kemasan 1 gram bisa habis tidak sampai 1 tahun. Saya sendiri setiap menanam cukup dengan 40 batang plus 15 persen saat pembibitan yakni 46 benih disemai, untuk tujuan di konsumsi keluarga sendiri. Saya tidak menggunakannya untuk sistem hidroponik namun jika ada teman teman pegiat hidroponik yang punya pengalaman menanam sawi pakcoy puti dari Haira seed silahkan berkomentar dibawah

Demikian review benih sawi pakcoy putih dari Haira seed semoga bermanfaat.


Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar