Review Benih Bunga Kol PM 126 F1 Panah Merah Dataran Rendah

Review Benih Bunga Kol PM 126 F1 Panah Merah Dataran Rendah

Urban farmer dataran rendah harus berbangga karena saat ini berbagai produk benih yang dulu hanya bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi kini sudah bisa ditanam di dataran rendah. Saperti yang saya tanam kali ini dengan benih kol urban farming dari Panah Merah. nama produknya Benih Bunga Kol PM 126 F1.

Bunga kol adalah sayuran jenis kol dengan warna bunganya putih. Berbeda dengan Brokoli yang mempunyai warna bunganya hijau. Bunga inilah yang biasa dipetik untuk diolah menjadi berbagai olahan sayuran tumis atau rebusan yang sangat lezat dan mengandung banyak gizi.


Awalnya saya mulai menanam Bunga Kol menggunakan pot untuk percobaan dan perawatannya lebih intensif, namun akhirnya saya pindahkan ke tanah karena ternyata tidak sulit untuk merawatnya asalkan media tanahnya yang harus gembur. Dengan jarak tanam 40 x 40 cm bunga kol ini bisa tumbuh dengan baik diatas pancaran sinar matahari langsung selama 6 jam. 

Jika anda ingin menanam bunga kol didalam pot saya sarankan menggunakan pot atau polibang dengan diameter minimal 30 - 40 cm agar akarnya bisa lebih luas dan leluasa merambat di media tanam. Hal ini juga tidak mengakibatkan tanaman cepat layu walaupun disiram setiap hari. 

Hasil jepretan gambar memperlihatkan bahwa bunga kol sudah mulai tumbuh bunga disaat umurnya 2 bulan. Dengan ketinggian 40 cm batang bunga kol cukup kuat untuk menahan bunga dan daun yang cukup tebal


Perawatan yang saya lakukan cukup mudah dan standar seperti menyiram setiap hari agar tanah tetap lembab, membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman, merempel daun bawah yang mulai mengering. Sedangkan untuk pemupukan sekali dengan pengocoran urea dengan dosis segenggam untuk 10 liter air pada 30 HST untuk memaksimalkan pertumbuhan dan NPK sekali disaat keluar bunga kol dengan dosis yang sama untuk memaksimalkan pembungaan.

Lapisan lilin yang melapisi daun dan batangnya tampaknya berpengaruh terhadap ketahanannya dari hama. Sampai berumur 2 bulan ini, saya tidak pernah menyempotkan insektisida atau pestisida kimia apapun ke batang dan daunnya karena memang tidak ada hama yang hinggap di tanaman.

Bunga Kol Panah Merah PM 126 F1 ini sudah saya tanam 2 kali walaupun hanya beberapa batang saja karena hanya untuk kebutuhan konsumsi sayuran sendiri. Rasa bunga kol ini cukup renyah dan lembut tidak berbau / langu. 

Nah, sekarang dataran rendah punya varian sayuran lebih banyak lagi, nah silakan mencobanya untuk menambah koleksi tanaman sayuran di kebun Anda.
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------