Cara Mudah Verifikasi Sendiri Akun Dapodik PTK Guru Dari Ponsel

Cara Mudah Verifikasi Sendiri Akun Dapodik PTK Guru Dari Ponsel

Dapodik (Data Pokok Pendidikan) merupakan sistem pendataan terpadu satu pintu yang yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, sehingga Satuan Pendidikan yang berada dibawah naungannya wajib untuk diaplikasikan. Berbagai data Guru, Siswa, sarana dan Prasarana, dan beragam pendataan lainnya menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi dapodik selalu dikembangkan setiap saat dan setiap rilis versi terbaru terdapat perubahan dan perkembangan dengan tujuan untuk penyempurnaan. Di Tahun Pelajaran 2020 / 2021, Dapodik juga mengalami penyempurnaan penyempurnaan dan salah satunya yang berkaitan dengan Guru atau GTK adalah dengan memverifikasi Akun PTK di Dapodik.

Tujuan menverifikasi akun dapodik adalah memastikan bahwa PTK atau guru termasuk sekolah masih aktif. Verifikasi ini ditutup pada 30 Oktober 2020 dan jika tidak memverifikasi akun sampai batas waktu tersebut, Guru yang bersangkutan akan dihapus dari database dapodik.

Nah, Bagi bapak dan ibu guru untuk memverifikasi Akun didapodik tidak sesulit yang dibayangkan, namun hanya server yang sering down sehingga disaat saat jam tertentu dengan trafik tinggi situsnya tidak dapat di akses. hal ini bisa diatasi dengan mengaksesnya waktu malam atau pagi hari .

Cara memverifikasi akun PTK di Dapodik bisa dilakukan sendiri setelah operator sekolah mendaftarkan email bapak/Ibu di Aplikasi Dapodik. Guru akan mendapatkan akun dapodik beserta passwordnya, namun belum terverifikasi. Untuk memverifikasinya, bapak/Ibu harus punya email sendiri yang aktif (email yang bisa dibuka atau tidak lupa password emailnya), tujuannya ada kode verifikasi 4 angka yang akan masuk di email. Bapak Ibu harus bisa melihat kode tersebut untuk dimasukkan ke dashboard akun Dapodik.

Nah, biar tidak tambah bingung, begini tahapan step by step cara memverifikasi akun PTK di Dapodik.

1. Klik laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id, kemudian Klik login menggunakan SSO


2. Masukkan email yang didaftarkan oleh operator dan passwordnya



3. Autentifikasi Berhasil jika cocok, jika tidak ulangi lagi


4. Setelah Berhasil, Klik Menu Biodata, klik identitas



5. Scroll Kebawah, Klik Akun


6. Klik Verifikasi Sekarang dan Klik LANJUTKAN



7. Di kolom paling bawah ada meminta Kode Verifikasi, untuk mendapatkan kodenya bapak Ibu harus membuka email aktif yang didaftarkan tadi atau yang digunakan untuk login aplikasi ini. Ada 4 angka kode verifikasi dan isikan di kolom KODE VERIFIKASI


8. Setelah berhasil akan muncul informasi akun sudah terverifikasi



Nah, Gampangkan bapak ibu ?. Silahkan untuk diverifikasi sendiri dari smartphone bapak Ibu masing masing, tapi ingat ya jika jaringan lola, harus mencari waktu yang paling banyak pengguna yang tidak mengaksesnya seperti tengah malam atau dini hari. Selamat mencoba


Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------