-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

5 Situs Bikin Bon Faktur Online Instan Dan Gratis

5 Situs Bikin Bon Faktur Online Instan Dan Gratis

Bagi sobat yang sehari hari bergelut dibidang jual beli barang tentu pasti tahu dan selalu menggunakan bon faktur. Bon faktur, nota, invoice atau apapun sebutannya sangat penting sebagai tanda bukti pembelian atau pembayaran yang didalamnya berisi informasi nama barang, jumlah barang dan harga barang serta jumlah total yang barang yang akan dibeli atau dibayar oleh pembeli. Bon faktur biasa digunakan penjual untuk memberitahu kepada pembeli item apa saja yang akan diterima lengkap dengan nilai harganya, sedangkan pembayaran oleh pembeli bisa dilakukan langsung dengan cash atau dengan cara lainnya. Intinya adalah transaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual mempunyai dokumen yang sah dengan tandatangan dan stempel yang jelas dari pihak penjual. Setelah menerima bon faktur pihak pembeli akan mengecek barang yang dibelinya apakah sesuai dengan spesifikasi, kualitas dan kuantitasnya. Bon faktur menjadi salah satu bukti saling menjaga kepercayaan antara penjual dan pembeli,  atau distributor/agen dan pengecer dan lain lain.

Selama ini mungkin sobat hanya memanfaatkan bon faktur tulis tangan yang biasa kita beli di toko ATK maupun di percetakan, karena cara menggunakannya juga sangat simpel tidak butuh perangkat apapun untuk mencetak lagi. Namun sesuai dengan perkembangan usaha, Anda mungkin mulai berusaha menjaga brand dan membuatnya lebih bonafide dan tidak terkesan asal asalan, apalagi bukti transaksi ini akan digunakan oleh pembeli untuk menjadi dokumen pembelian yang tentu akan menjadi bukti laporan cash flownya.

Oleh karena itu diartikel kali ini saya akan berbagi cara membuat bon faktur yang langsung bisa di cetak secara online dalam hitungan detik dari 5 situs penyedia bon faktur ini :

1. Invoicesimple.com

Situs Bikin Bon Faktur Online Instan Dan Gratis

Hal yang paling saya sukai dari situs ini adalah tidak perlu login untuk membuat faktur, cukup klik TRY IT FREE di sebelah kanan atas. Setelah itu akan muncul format kosong yang bisa diisi sesuai dengan keinginan mulai dari Nama faktur, Logo, nama pembuat (penjual) beserta identitasnya, alamat, dan lain lain, kemudian nama pembeli dan identitasnya, nama barang jumlah, harga, nomor faktur, tanggal dan lain lain.

Setehah sobat isi tinggal setting mata uang (Rupiah) dan klik PRINT INVOICE, hasilnya akan berbentuk file PDF bisa disimpan dalam bentuk soft copy maupun langsung dicetak.

Sedikit kekurangannya adalah untuk membuat invoice cuma diberi jatah satu untuk satu hari selebihnya tidak bisa didownload hanya bisa ditampilkan saja secara online.

2. Onlineinvoices.com


Tool pembuat faktur kedua ini berasal dari onlineinvoice.com. Sama seperti tool yang pertama sobat tidak perlu login untuk membuatnya. Tool ini favorit saya karena punya fitur lebih seperti kolom untuk jumlah discount, pajak dan biaya pengiriman (shipment) untuk total pembayarannya. Tersedia lebih dari 80 template berbagai jenis. Cara membuatnya sama dengan yang pertama mengisi semua nama, alamat pembeli dan penjual kemudian nama barang jumlah dan harga barang. Kekurangannya saat saya mengupload logo, tidak muncul saat di generate.

3. invoice-generator.com


Tool instant ketiga adalah FreeInvoiceGenerator. Alat online ini dibuat bagi mereka yang menginginkan pembuatan faktur sederhana dan juga dengan cara termudah. Dengan menggunakan template sederhana pada alat online ini, kamu bisa langsung membuat faktur dengan sangat cepat tanpa ada kebingungan. Cukup dengan mengubah beberapa fitur seperti mata uangnya, menambahkan pajak, diskon dll. 

3. Invoiceto.me


Berbeda dengan tool sebelumnya, Invoiceto menyajikan aplikasinya bersifat editable. Seperti layaknya kita mengedit tulisan di Microsoft Word. Di aplikasi kita diberi bentuk faktur yang default lengkap dengan nama Alamat , jumlah barang dan kolom lainnya lalu kita langsung bisa mengubahnya sesuai selera kita. Kekurangan dari aplikasi ini kita harus daftar login dulu agar bisa download filenya

4. Invoicequick.com



Invoice quick menyediakan versi login ada juga yang versi tanpa login jika hanya ingin mencoba coba. Tampilannya tampak lebih keren dengan nilai total dibuat lebih besar dengan posisi atas dan yang lebih kecil dibawah. Posisi logo juga tampak di sebelah kanan atas. Cara membuatnya hampir sama dengan cara cara sebelumnya dan setelah diisi tinggal download file PDF nya.

Secara umum versi gratisan ini penulis belum pernah mencoba semua berapa jumlah Bon Faktur yang bisa dicetak pada masing masing situs. Silahkan dicoba semoga bermanfaat.
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar