-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Bisakah Gaptek Jadi Blogger ?

Bisakah Gaptek Jadi Blogger ?

Ditengah geliat aktifitas anak muda yang kian banyak menggeluti dunia blogger dan mempunyai kemampuan luar biasa didalam membangun blog terutama dalam hal editing gambar dan desain template rasanya semakin iri karena saya sendiri tidak punya kemampuan seperti itu ditambah perjalanan umur sudah mulai menapaki hampir setengah abad. Hal inilah yang membuat semakin ingin belajar banyak tentang hal hal yang saya tidak tahu namun pekerjaan offline sepertinya waktu juga yang menjadikan keinginan ini tidak kesampaian.

Gaptek Apa Bisa Jadi Blogger ?

Namun belakangan saya mulai menyadari bahwa membangun blog punya scoop yang sangat luas. Tidak hanya mendesain saja , namun kemampuan menulis dan mengoptimasi blog juga hal yang lebih penting. Dari dasar itulah bahwa saya bisa menyimpulkan bahwa orang gaptek seperti saya bisa andil dan meramaikan isi mesin pencarian tidak harus memunyai skill mumpuni dibidang IT, namun dengan modal ide menulis yang pas pasan dengan blog pribadi, saya bisa mengeksplore apa yang saya tahu dan alami.

Mungkin istilah blogger gaptek tidak pas untuk para pehobi nulis yang tidak faham IT secara luas, namun setidaknya istilah ini menurut saya bisa menggambarkan diri saya dengan mereka yang sudah mahir mengotak atik blog terutama yang ingin lebih profesional dengan self hosted berplatform wordpress.org. Namun tanpa itu juga banyak blogger hanya modal sewa TLD  setahun saja dan dengan template premium seperti saya juga banyak yang enjoy menyalirkan hobi menulis.

Banyak orang yang pesimis prospek ngeblog saat ini, disaat persaingan semakin ketat, filtering google semakin canggih dan algoritma google yang siap menggebuk para partnernya baik yang melakukan kesalahan bahkan banyak yang tidak melakukan kesalahan. Namun menurut saya blogger gaptek tidak harus mundur teratur sebelum bertempur. Justru ketidaktahuan kita dalam memanipulasi artikel, peringkat dan bahkan untuk mendapatkan pengunjung dengan cara cara yang tidak wajar bisa menjadi berkah karena kita bisa lebih fokus dalam menulis...dan menulis.


Seperti yang pernah saya tulis pada artikel sebelumnya bahwa ngeblog sebenarnya adalah mencari dan mengorganisasikan ide menjadi beragam atrikel di blog. Ide bisa kita dapatkan dari pengalaman, namun jangan patah semangat jika pengalaman yang pantas ditulis hanya bisa menghasilkan beberapa judul tulisan. Masih banyak cara yang bisa digunakan untuk mencari ide terutama berbagai aktifitas disekeliling kita, membaca buku, nonton TV, cerita dari orang yang kita temui, kejadian di tempat kerja, di perjalanan dan lain lain.

Blogger gaptek bisa menggali blogging dari sisi seninya karena dengan menulis dengan konten asli saja sudah merupakan SEO paling maknyus, tak perlu mempelajari teknik teknik yang njlimet dan membutuhkan waktu yang banyak namun hasil yang didapat tidak seberapa.

Kelebihan blogger gaptek biasanya terletak dari konten yang dihasilkan. Pengalaman yang didapat dari profesi menjadikan modal investasi yang mahal harganya karena tidak semua orang bisa. Orang lain bahkan butuh bertahun tahun untuk bisa menyamainya, sementara dia sudah punya modal untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Tinggal langkah berikutnya adalah mempelajari teknik teknik sederhana mengembangkan ide, membuat tulisan yang bisa berteman dengan mesin pencarian untuk mendapatkan hasli pencarian yang lebih baik dan hal hal lain yang bisa mendukung hasil sebuah artikel yang baik.

Dari sini mudah mudahan prospek blogger gaptek bisa menjadi profesi yang tidak hanya menyalurkan pengalaman melalui tulisa , namun juga bisa menghasilkan uang. Kuncinya tidak boleh berhenti dengan status blogger gaptek. Namun terus belajar dan belajar disela sela pekerjaan offline kita sehari hari.


Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar