-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Resep Ikan Bakar Bumbu Andaliman

Resep Ikan Bakar Bumbu Andaliman

Pernah mendengar kuliner berbumbu Andaliman ? bagi masyarakat Sumatera Utara umumnya dan masyarakat Batak Toba khususnya, bumbu Andaliman merupakan rempah asli endemik Tapanuli Utara untuk spesial khas beberapa masakan Batak Toba seperti arsik, mie gomak dan nanimura. Andaliman (zanthoxylum acanthopodium) sebenarnya merupakan jenis bunga yang masih keluarga citrus. Tanaman ini juga menyebar di daerah Asia timur dan Selatan. Selain bernama Andaliman orang batak juga menyebutnya dengan merica Batak. Rasanya yang getir di lidah dengan aroma jeruk yang kuat sangat cocok sebagai pengganti jeruk nipis untuk menghilangkan rasa amis pada ikan.


Di pasar pasar tradisional di Medan, Anda bisa membeli Andaliman segar dengan harga 15.000 per ons atau 150 ribu per kilogram.Anda juga bisa membelinya dalam bentuk bumbu halus atau pasta yang siap untuk dimasak.

Pada artikel ini saya akan berbagi resep spesial bumbu andaliman yang dibagikan oleh Archie Prameswara dari Javara  Kitchen yang bisa Anda buat sendiri bersama keluarga untuk menunggu saat saat countdown malam tahun baru.

Anda bisa membakar jenis ikan laut maupun ikan air tawar jenis apa saja yang penting ikan konsumsi dan biasa diolah dengan dibakar . Orang batak sering menggunakan resep arsik dengan bumbu  Andaliman adalah dengan ikan emas. Sebelum ikan dibumbui, bersihkan bagian dalam, sisik dan duri luarnya . Setelah bersih tubuh ikan di garit (dipotong tapi jangan sampai putus) dengan tujuan agar bumbu bisa meresap ke dalam daging.

Setelah itu oleskan bumbu dasar untuk menghilangkan bau amis dan menambah rasa sedap. Bumbu dasar ini bisa dibuat dari tumbukan bawang putih halus atau bisa juga diblender. Istilah kerenya di marinasi. Kemudian baru diolesi dengan bumbu andaliman.Cara membuat bumbu andaliman adalah dengan mencampurkan andaliman bubuk, minyak kelapa dan sedikit garam. Aduk hingga mengental dan langsung dioleskkan ke tubuh ikan secara merata. jangan lupa bagian garitan daging ikan juga diolesi bumbu Andaliman. Untuk rasa bumbu yang lebih nendang Anda bisa tebalkan olesan di seluruh permukaan ikan. Kemudian masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit agar saat bumbu menyatu dengan daging ikan , kedaan ikan tetap segar.

Saatnya untuk membakar atau memanggang. Namun sebelum dipanggang jangan lupa olesi dengan minyak kelapa agar ikan tidak lengket dengan panggangan. Chef Archie menyarankan untuk menggunakan minyak kelapa ketimbang minyak sawit agar lebih menyehatkan.

Jika Anda menyukai nanas, Anda juga bisa menambahkan bumbu dengan nanas yang diblender agar terasa lebih segar dan asam. Nanas yang diblender ini dioleskan ketika ikan setengah matang.

Ada  dua cara memanggang atau membakar ikan. Anda bisa menggunakan panggangan atau menggunakan oven. Jika menggunakan oven Anda bisa setting suhu 180 derajat dengan waktu 30 -45 menit. Jika ikan dipanggang dalam oven jangan dibolak balik karena panas oven secara otomatis sudah merata. Setealh matang Anda bisa sajikan dengan menaburu bubuk andalaiman agar lebih nendang.
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar