-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Pengalaman Mengobati Asam Urat Dengan Daun Salam

Pengalaman Mengobati Asam Urat Dengan Daun Salam

Asam urat atau dalam bahasa inggris disebut dengan gout adalah penyakit yang terbentuk dari sisa sisa metabolisme zat purin didalam tubuh. Jika purin berlebih dalam darah , ginjal tidak mampu mengolahnya menjadi asam urat sehingga menumpuk di sendi sendi. Akibatnya sendi akan membengkak dan menghasilkan sakit yang luar biasa jika digerakkan.

Pengalaman Mengobati Asam Urat Dengan Daun Salam


Menapaki umur hampir setengah abad seperti saya gejala asam urat bisa menjadi warning untuk memulai memilih jenis makanan yang tidak mengandung purin tinggi. Bagi penderita penyakit asam urat menghindari mengkonsumsi jeroan, daging, ikan teri, sarden, kuah kental dan segudang makanan mengandung purin tinggi lainnya adalah wajib.

Menurut wikipedia, tidak hanya makanan makanan hewani saja yang mengandung purin tinggi, ternyata buah dan sayur juga ditengarai mengandung purin , berikut daftar selengkapnya :

Untuk makanan bersumber dari  hewani seperti :
  • Jeroan: usus, hati, otak, paru-paru, limpa, ginjal dan babat.
  • Ikan  laut seperti sotong, kerang udang, kepiting, cumi-cumi, bahkan ikan teri, ikan sarden.
  • Ikan  air tawar seperti  lele, belut, dan ikan air tawar lainnya
  • Ekstrak daging seperti dendeng dan abon 
  • Makanan kaleng seperti kornet , sarden 
  • Daging burung 

Sedangkan makanan dari zat nabati yang mengandung purin tinggi seperti :
  • Olahan kacang kedelai seperti susu kedelai, taoco,  tempe, tahu, oncom,
  • Kacang hijau, tauge, kacang tanah dan emping/melinjo beserta olahanya.
  • Sayur bayam, asparaguskembang kol, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
  • Buah durian, nanas dan air kelapa

Untuk makanan yang menghasilkan purin karena olahannya seperti :
  • Es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Makanan yang diolah dengan menggoreng atau  mengandung santan kental
  • Jenis makanan yang diolah dengan margarin/mentega.
  • Makanan berprotein tinggi, lemak jenuh dan darah.
Apakah kita harus menghindari total makanan makanan diatas ? menurut pengalaman saya tidak harus namun bisa dikurangi kadarnya atau kekerapan mengkonsumsinya dengan satu syarat. Untuk makanaan yang berasal dari hewani sedapat mungkin saya hindari, sedangkan untuk makanan yang berasal dari bahan nabati masih bisa dikonsumsi dengan syarat imbangi dengan minum rebusan daun salam.

Sudah beberapa tahun yang lalu daun salam (syzygium polyantum) saya gunakan untuk menjadi penetral saat kandungan purin ditubuh meninggi. Daun salam adalah daun rempah yang biasa digunakan untuk menambah penyedap berbagai masakan seperti rendang, soup, sayu asam, dan berbagai jenis olahan masakan lainnya.

Caranya cukup mudah ambil kurang lebih 10 - 15 lembar (beberapa mitos percaya jumlah daun yang ganjil lebih ampuh walaupun tidak ada fakta ilmiah yang membuktikannya). Daun salam direbus bersama 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saya memilih daun salam yang lebih tua karena ekstraknya lebih terasa daripada daun muda. Setelah itu minum saat pagi setelah sarapan 1 gelas dan malam sebelum tidur 1 gelas. Imbangi juga dengan minum banyak air putih agar purin yang bersarang ditubuh bisa terbuang melalui urine. Saya melakukannya setiap hari, dan biasanya dihari ke 2 - 3 rasa sakit dipersendian sudah mulai menurun.

Demikian semoga bermanfaat bagi Anda yang mempunyai asam urat namun masih punya keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung purin. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar