Cara Saya Diterima Verifikasi Identitas Google Adsense Dengan KTP


Setelah situs Anda disetujui menjadi mitra periklanan google, langkah berikutnya adalah memverifikasi Identitas pemilik akun melalui kartu identitas setelah penghasilan mencapai $10 atau Rp 130.000. Namun akun saya sendiri belum mencapai Rp 100.000 sudah diminta verifikasi identitas . Selain itu juga hanya selisih 1 hari untuk verifikasi alamat sebagai syarat kedua untuk mendapatkan pembayaran dari google .

Tiga jenis kartu identitas yang bisa digunakan untuk memverifikasi akun Google Adsense terbaru adalah KTP, SIM atau Paspor yang masih berlaku. Cukup pilih salah satunya.  Saya sendiri menggunakan KTP untuk memverifikasi identitas dengan pertimbangan foto KTP adalah yang paling jelas diantara foto di Kartu SIM. Namun sesuai dengan persyaratan tersebut KTP saya sudah kadaluwarsa, walaupun sesuai peraturan e KTP saat ini meskipun sudah kadaluwarsa masih berlaku untuk segala urusan. Bagi Google ternyata tidak ada tawar menawar. Saat saya upload KTP kadaluwarsa hasilnya ternyata ditolak. Saya masih punya 2 kesempatan lagi untuk mengupload KTP. Jalan satu satunya adalah dengan mengedit tanggal kadaluwarsa. Trik edit tanggal kadaluwarsa saya cukup menggunakan Paint saja dan ternyata disinlah kunci keberhasilan verifikasi identitas.

KTP saya dicetak tanggal 15-6- 2013 dan tanggal kadaluwarsa adalah 25-5-2018 , saya ingin menggantinya menjadi tanggal cetak  15-6-2015 dan tanggal kadaluwarsa adalah 25-5-2020. Ternyata langkahnya cukup mudah, saya membuat scan KTP menjadi 2 file KTP saya dengan nama berbeda walaupun KTPnya sama. Kedua file saya buka di Paint menjadi 2 halaman. Scan KTP pertama berfungsi untuk crop dan cut angka tanggal kadaluwarsa, sedangkan KTP kedua ( yang direncanakan untuk upload) adalah untuk paste angka.

BACA JUGA : Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense Add Site Dengan Review

Langkah pertama adalah mengganti tahun cetak dari 2013 menjadi 2015. Sepintas memang mudahnya menimpa angka 5, namun ternyata crop dan cut angka 5 yang saya ambil dari KTP pertama ternyata sangat sulit karena hanya satu angka. Saya harus zoom KTP sebesar mungkin untuk mendapatkan hasil maksimal, setelah itu dengan langkah hati hati saya pastekan di KTP kedua, dengan tampilan zoom yang sama di KTP kedua, saya langsung pastekan dan menimpa persis di angka 3. Setelah saya kembalikan zoom ternyata hasilnya sangat halus dan tidak tampak KTP editan.

Selanjutnya adalah mengganti angka 2018 menjadi 2020, cara kedua ini relatif lebih gampang dibanding cara pertama karena menimpa angka 2 angka yaitu 18 menjadi 20. Namun hati hati dengan backgroundnya, garis garis background bisa jadi tidak match dengan garis background di KTP 1, untuk itu , saya ambil angka 20 dari angka 20 didepan/sampingnya persis baru saya pastekan. dibelakangnya sehingga sepintas menjadi berulang angka 2020. Alhasil, dengan cara yang sama seperti diatas, saya langsung mendapatkan hasil KTP editan yang mirip asli.

Cara ini sebenarnya juga tidak diperbolehkan google menggunakan KTP editan, namun saya tidak ada jalan lain untuk bisa sukses verifikasi identitas. Selain itu dari fakta diatas sistem google menurut saya masih bisa diakali dengan editan minor di kartu identitas.

Dari penjelasan diatas pertimbangan sukses bisa diterima verifikasi identitas diantaranya :

1. Sesuaikan persis nama maupun alamat akun Google dengan nama dan alamat di KTP
2. Foto jangan gelap, kabur, tertutup sebagian atau terpotong .
3. Foto lebih baik discan daripada difoto untuk menghindari refleksi atau pantulan cahaya pada gambar.
4. Usahakan KTP tidak kadaluwarsa (jika sudah kadaluwarsa bisa melakukan cara seperti diatas)
5. Hanya 2 kali kesempatan perbaikan upload identitas, berhati hatilah. Selain itu identitas yang sudah pernah digunakan untuk verifikasi tidak bisa lagi digunakan.
6. Hindari indikasi pemalsuan seperti mengedit mayor seperti foto dan nama.

Sebenarnya cara verifikasi identitas tidaklah sulit. Secara otomatis Anda akan menerima email verifikasi dan kita disuruh login ke akun. Setelah muncul notifikasi merah dibagian atas, kita klik aksi, maka kita diarahkan ke tampilan verifikasi identitas. Kita masukkan scan identitas dengan klik UNGGAH FOTO dan klik KONFIRMASI INFORMASI dibagian bawah. Secara otomatis Anda akan menerima email diterima atau ditolak.

 Demikian pengalaman saya dalam memverifikasi identitas Google Adsense.