Skip to main content

follow us


Mobil, barang mewah yang didambakan oleh setiap orang menjadi sarana efektif bagi mobilitas sehari hari. Saat melakukan perjalanan untuk bekerja atau bersama keluarga, mobil menjadi sarana pokok untuk mengantarkannya sampai tempat tujuan. Bahkan karena pentingnya mesin mobil sampai dipaksa untuk berjalan siang dan malam dan istirahan beberapa jam saja jika melakukan perjalanan yang sangat jauh. Namun sebaliknya ada sebagian orang yang jarang menggunakan mobilnya untuk aktifitas sehari hari, bahkan banyak yang menganggap mobil sebagai barang koleksi saja, seperti mobil mobil langka, mobil mewah yang bagi pemiliknya merupakan sebuah prestise tersendiri jika mereka memiliki dan menyimpannya.Tidak itu saja mobil pribadi yang anda miliki jarang mengaspal karena mobilitas Anda rendah atau Anda tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, Anda harus menyimpannya dengan baik.

Diartikel ini saya akan berbagi tips menjaga kondisi mobil yang jarang dipakai. Seperti kita ketahui membiarkan mobil dikandang bukan berarti tidak ada perawatan. Meletakkan mobil digarasi terlalu lama punya cara agar mobil beserta mesinnya bisa terawat dengan baik. Ingat,  menyimpan mobil dalam jangka waktu lama tidak seperti menyimpan barang lainnya. Mobil mempunyai mesin dan electricity yang harus mendapat perhatian khusus saat tidak dipakai. Hal ini berarti mobil yang jarang dipakai bukan berarti bebas dari perawatan. Banyak hal yang harus diperhatikan saat mobil akan di kandangkan. Bisa jadi kelembaban udara dan kondisi diam selama ber minggu minggu bahkan berbulan bulan akan memicu bermacam gangguan dan kerusakan serius. Bagaimana menghindari hal tersebut simak beberapa tips berikut ini :

  • Lepas rem tangan kalau mobil tidak akan dipakai dalam waktu lama. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak macet pada saat nanti hendak digunakan
  • Upayakan untuk memanaskan mobil setidaknya setengah jam agar alternator mampu mengembalikan setrum ke aki yang dipakai saat mesin dihidupkan. langkah ini juga dimaksudkan agar air yang mungkin mengendap didalam knalpot bisa menguap sampai habis.
  • Copot aki supaya kondisinya bisa tetap terjaga, namun utuk mobil mobil yang telah dilengkapi dengan ECU, sebaiknya konsultasi dulu dengan bengkel karena dikhawatirkan kalau dilepas hal ini akan mereset data ECU.
  • Lakukan penggantian oli selama 10 bulan sekali atau maksimal setahun sekali, Tidak hanya oli mesin namun juga power steering, transmisi dan rem.
  • Sebaiknya mobil diganjal dengan car stand agar ban bisa tetap bundar. Paling tidak sebulan sekali mobil harus dijalankan. Selain menghindari rem macet, hal ini juga untuk menjaga bagian bagian lain yang berkaitan dengan pergerakan mobil perlu agar tidak macet.
  • Berikan ganjalan pada wiper atau penyapu kaca agar otomatis pada wiper bekerja dengan baik tidak mengeras atau bahkan tidak berfungsi.
  • Pastikan tangki bensin selalu penuh untuk menjaga kemungkinan terjadinya kondensasi udara didalam tangki. Bisa dibayangkan seberapa besar kerusakan yang terjadi kalau jumlah air hasil kondensasi didalam tangki cukup tinggi.
  • Cuci mobil untuk menjaga tampilan dan melindungi lapisan cat dan jangan lupa untuk ditutup dengan cover penutup mobil.
Bagaimana, masihkan Anda membiarkan mobil kesayangan Anda begitu saja di garasi ?, saya yakin tidak jika resikonya sangat berbahaya bagi kesehatan mobil Anda sendiri. Demikian semoga bermanfaat
Bantu Blogger Berkreasi : Cukup dengan baca artikel, ambil info manfaatnya dan jangan diduplikasi dengan mencopy paste artikel ke blog lain. Jika sobat menginginkan artikel dari saya, silahkan menghubungi melalui contact.
Buka Komentar