Tips Memelihara Kucing Murah Tanpa Kandang

Memelihara kucing adalah sunnah Nabi. Memelihara kucing selain sebagai hobi, menghilangkan penat, stress, capek karena aktifitas setiap hari juga mengandung nilai ibadah. Anda bisa bermain main, berkomunikasi dengan bahasa kucing, bemanja manjaan dengan sifatnya yang lucu dan menggemaskan akan menjadi hiburan tersendiri saat Anda dirumah.

Saat dimana Anda melakukan aktifitas diluar rumah , sering meninggalkan rumah atau rumah dalam keadaan kosong, tentu kamu akan mengabaikan tips ini dan kamu tetap akan menggunakan kandang untuk menjaga kucing tidak berkeliaran diluar rumah. Namun jika ada anggota keluarga yang seharian tetap dirumah, Anda bisa mempertimbangkan memelihara kucing tanpa menggunakan kandang.
Kucing yang dirawat tanpa menggunakan kandang akan lebih sehat fisiknya, namun kelemahannya Anda harus benar benar ia nyaman di rumah agar tidak terbiasa keluar rumah atau pergi kerumah tetangga.

Layaknya manusia, kucing juga mempunyai sifat selain dipengaruhi lingkungannya juga karena trah/ keturunannya. Ada sifat kucing yang biasa liar dan berkelana, kucing seperti ini akan datang kerumah hanya jika saat lapar saja terutama kucing jantan. Ada kucing yang sangat manja dan ingun selalu mendekati kita, ada yang malu malu kucing, ada yang ketakutan kalau datang orang tidak dikenal.

Nah, jika Anda memutuskan memelihara kucing tanpa mengurungnya dalam kandang
buatlah kucing betah dirumah selain karena kebutuhan makanan dan kasih sayang kita penuhi, sifat manja ataupun liar tak akan berpengaruh akan kekhawatiran kucing diambil orang atau hilang/ minggat. kalau dia manja pasti akan tetap dirumah, kalau ia liar akan sulit untuk ditangkap.

Jika Anda akan memelihara kucing seperti tips yang saya lakukan berikut selengkapnya :

Tips memelihara kucing dengan biaya murah

1. Jika Anda mengadopsi saat lepas menyusui, gunakan susu pengganti. saya menggunakan susu merk Growsy berat 20 gr sachet dengan harga Rp 5000 per sachet . Untuk makanannya berikan whiskas junior makanan basah sachet sampai umur 3 bulan.

2. Setelah lewat umur 3 bulan, untuk menghemat biaya makan kurangi sedikit demi sedikit susu Growsy dan ganti dengan susu SGM soya dan Makana Whiskas Junior ganti dengan makanan kering. Saya biasa menggunakan jenis pelet yang murah meriah namun berkualitas yaitu merk Omegah yang rasa tuna dengan harga Rp 20.000,- per kilo.

3. Berikan makanan kering pada pagi dan sore dan siang harinya berikan makanan nasi dengan mixed ikan. Berapa besar porsi yang harus diberikan dalam 1 hari ?, Hitungannya adalah 2% dari berat badannya. Contohnya jika berat badan kucing 3 kg, berarti dalam 1 hari harus 3x0,02= 0,06 kg atau 60 gram. Berarti semakin lama porsinya akan semakin betambah seiring bobot badan yang bertambah.

4. Latih dari awal untuk buang air besar dan buang air kecil di satu tempat yang ditentukan, jangan biasakan sediakan banyak pasir diberbagai sudut ruangan karena akan membuat malas bergerak ketempat buang air. Jika masih sembarang buang air, letakkan botol mineral berisi air ditempat ia biasa buang air, lama kelamaan akan menyingkir dengan sendirinya.

5. Jika Anda ingin mengajaknya tidur malam dikamar, biasakan untuk buang air kecil dan besar sebelum tidur, agar kucing tidak buang air di kamar atau tidak membangunkan Anda saat lelap tidur.

6. Sesekali ajaklah bermain. Buatlah mainan seperti tikus tikusan ikatkan dengan batang dan gerak gerakkan agar bisa menggerakkan badannya supaya sehat dan tidak obesitas. Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan tekanan akibat keadaan disekelilingnya yang dianggapnya kurang nyaman.

7. Mandikan seminggu sekali atau saat cuaca cerah, gunakan shampoo bayi untuk menghemat biaya. Manfaat memandikan kucing juga bisa menjaga kesehatan buludan menghindarkanya dari kutu kucing. Bagi kucing, bulu adalah mahkota kelucuannya dan keelokannya. Coba amati baik baik keadaannya sebelum dan setelah mandi. Ia akan lebih nyaman setelah mandi karena tidak risih karena kotoran yang lengket dibulunya.
8. Buatlah rumah rumahan untuk istirahat dan menyembunyikan badannya , Anda bisa memodifikasinya dengan bahan dari kayu atau kardus, buat senyaman mungkin.