Cara Mudah Artikel Cepat Diindeks Google

Google Search, mesin pencari raksasa terbesar didunia membuat pemilik blog atau situs diseluruh dunia  berlomba lomba untuk mendapat tempat dihatinya. Untuk mendapatkan posisi terbaik berdasarkan algoritmanya, syarat utama adalah terindeks atau dikenal atau muncul saat kita mengetikkan query yang berhubungan dengan artikel di blog kita. Terindeks jangan memikirkan posisinya bisa jadi masih berada ditingkat ratusan namun yang penting sudah terindeks.

Manfaat artikel terindeks mesin pencari adalah akan berpengaruh positif pada berbagai aspek terutama pada trafik. Bagi seorang blogger , trafik yang paling diidam idamkan adalah trafik yang datang dari Google dibandingkan dengan trafik yang berasal dari sosial media atau dari sumber lainnya.


Nah, dengan sudah terindeksnya artikel di blog Anda sudah melewati satu tahapan ngeblog yang penting bagi popularitas blog. Tetapi terkadang saat mempublish artikel bisa sampai 2 - 3 hari baru terindeks bahkan paling cepat satu hari. Nah dengan teknik ini Anda bisa mempercepat mengindeks artikel bahkan kadang hanya dalam hintungan detik saja. Silahkan disimak selengkapnya :

1. Daftarkan ke google search console

Saya yakin Anda sudah tahu cara mendaftarkan ke google search console. Ketik Google search console di Google pilih yang ranking 1 dan masuk dengan akun yang sama dengan akun blogger , verifikasi dengan cara lain , ambil scriptnya dan pastekan dibawah <head>. Untuk lebih jelas anda bisa googling cara daftar ke google search console. Saat ini ada 2 tampilan google search console atau google webmaster versi lama dan versi baru, Anda masih bisa menggunakan dua duanya.

2. Fetch as google

Jika sudah terdaftar, untuk masuk ke menu Fetch as google, klik Crawl > Fetch as Google pada tampilan yang lama.

3. Add/Test Sitemap dengan  sitemap.xml

Setelah itu submit sitemapnya dengan cara klik sitemap di tampilan yang baru lalu masukkan sitemap.xml dan klik submit. Untuk tampilan yang lama klik Crawl > Sitemaps> Add/Test Sitemap (warna merah di sebelah kanan) lalu masukkan sitemap.xml dan klik Submit

4. Test dengan mengetikkan intitle : " judul artikel"  site : nama domain blog 

Langkah terakhir adalah melihat apakah artikel sudah terindeks atau belum. Jika Anda mengetikkan intitle : " judul artikel anda"  site : nama domain blog dot tld anda  di mesin pencari google dan muncul artikel di Google berarti arikel sudah terindeks namun jika belum muncul berarti masih perlu waktu dan tunggu untuk beberapa jam kedepan.

Selain keempat cara diatas, ada beberapa situasi dimana kadang artikel bisa sampai 2 hari di indeks google walaupun sudah menggunakan cara cara tersebut diatas. hal ini saya alami bulan bulan september ini saat google lagi bersih bersih dengan algoritma barunya. Jika hal ini terjadi blog Anda tunggu sampai 2 hari dan lakukan fetch dan submit sitemap seperti pada poin 2 dan 3 diatas, tunggu beberapa jam dan hasilnya pasti terindeks.

Jika sudah terindeks tinggal Anda memikirkan posisinya. salah satu yang bisa meningkatkan posisi artikel di mesin pencarian adalah menggunakan template yang AMP (Accelerated Mobile Page). Template ini mempunyai kelebihan akan loading page yang sangat cepat. Saya mencoba menggunakan template AMP ini untuk mendongkrak posisi artikel. Selain itu inbound link dari page authority yang bagus juga sangat mendongkrak page. Untuk urusan ini saya akan bahas pada artikel artikel berikutnya.

Demikian tips kali ini semoga bermanfaat