Blog Sudah Valid AMP Namun Belum Valid Di Google Search Console, Begini Cara Memperbaikinya

Ikon petir yang muncul dimesin pencarian google menjadi dambaan bagi blogger yang menggunakan template AMP. Namun masih sedikit yang menggunakan templatenya karena berbagai alasan seperti terlalu ribet atau blog sudah lama dan sudah banyak artikelnya.

Saya sebenarnya sudah lama mengenal template AMP namun belum berani menggunakannya, saya mulai mencoba pada blog ini dan ternyata tidak terlalu rumit. Kuncinya cari template yang langsung valid AMP tanpa mengkotak katiknya terlebih dahulu, cara mengganti template pun tidak melalui Backup dan restore kemudian kita mengupload file template.xml namun copy template htmlnya di notepad dan pastekan langsung di html template. Dengan cara begini tida ada script lama yang tertinggal saat penggantian template.

Bekerja keras jika blog sudah berisi banyak artikel karena harus mengedit image artikelnya. Jika blog hanya berisi beberapa artikel menurut saya lebih baik menggunakan template AMP karena kelebihan kecepatan loadingnya, posisi artikel yang lebih baik di mesin pencarian dan lebih besar kemungkinan diapprove adsense.

Yang menjadi permasalahan template AMP adalah setiap kali mengutak atik script html, harus cek di AMP validator adakah yang error atau tidak. Pengalaman yang terjadi biasaanya error dikarenakan menambahkan script baru yang tidak sesuai dengan AMP atau menambahkan script melalui Add Gadget di Layout.

Untuk menjaga jangan sampai error AMP kuncinya jangan terlalu banyak dipasang widget biarkan yang pokok pokok saja seperti popular post ,label dan fanspage. Hal ini juga menjaga agar loading tidak melambat.

Saat perbaikan trial errot di template pasti sering muncul pesan kesalahan di validator. Hal ini sering kita lakukan lantaran di satu sisi akan keinginan untuk mempercantik tampilan blog namun disisi lain jika blog yang sudah bagus namun kadang tidak valid amp. hal inilah yang sering memicu pesan error di Google search console.

Jika blog Anda pernah error AMP namun sudah diperbaiki dan sudah valid, tiba tiba Anda menerima email yang berisi AMP tidak valid, maka harus di submit ke Google Search Console versi baru supaya valid begini caranya :

1. Masuk ke Google search Console.
2. Klik New Version
3. Klik AMP, maka disitu akan muncul status error
4. Klik setiap elemen yang error
5. Perbaiki dengan Klik "VALIDATE FIX". sehingga mengubah notifikasi dari not started menjadi started.
6. Tunggu beberapa hari sampai diapprove
7. Jika tidak ada masalah, maka selama validating akan muncul tulisan "looking good" dan jika Anda menerima email succesful validation maka tulisan akan berganti dengan "passes".
8. Selesai

Sekali lagi, bahwa fitur amp di Google Search Console akan lebih lengkap jika menggunakan versi baru. Untuk versi lama masih sekedar tampilan biasa. Untuk mengetahui tempat posisinya Klik tab Search Appearence > Accelerated Mobile Page.

Validasi Google Search console atau dulu disebut Google Webmaster melalui Validate Fix tetap dilakukan kapanpun saat halaman AMP Anda tidak valid. Biasanya jika tidak muncul pada email, Anda bisa melihatnya di tab tersebut. Kode kode yang muncul kadang membingungkan mana yang akan diperbaiki . Namun untuk mengatasinya bagi saya sangat gampang. saya akan letakkan posisi edit template kembali seperti sebelumnya disaat halaman sudah valid amp. Nah, jika benar memang valid kembali, berarti perubahan terakhir di template ityulah yang menyebabkan tidak valid amp.

Demikian tips saya, bagaimana dengan tips Anda dalam mengelola blog dengan tema AMP.