Cara Cek Artikel Lolos Copyscape

Bikin artikel hasil karya dan tulisan sendiri merupakan kebanggan tersendiri apalagi artikel yang dibuat bisa menghasilkan pundi pundi penghasilan. Namun kadang kita merasa ragu justru artikel kita apakah memang hasil pemikiran kita sendiri ataukah sebelumnya ada yang pernah membuat artikel sejenis sehingga artikel yang kita buat dianggap menjiplak atau plagiat.

Sebuah pengalaman dalam sejarah perjalanan algoritma google, ternyata saat ini artikel yang tidak original alias hasil rewrite apalagi hasil copypaste ternyata sama sekali tidak mendapatkan ranking, tidak seperti algoritma google sebelumnya. Hal ini saya rasakan pada 2 blog saya sebelumnya dengan 200 lebih artikel rewrite ternyata pengunjungnya juga hanya puluhan perharinya padahal umurnya sudah lebih dari 2 tahun.
Pengalaman ini pula yang mengubah mind set saya dalam menyikapi konten blog. Kalau dulu kita bisa memanfaatkan hanya artikel spin untuk mendongkrak blog, namun sekarang jangan harap demikian. Membuat artikel dengan menulis ide kita sendiri menjadi jalan terbaik untuk keberlangsungan karir sebagai blogger.

Beberapa artikel terdahulu juga menggambarkan bahwa banyak sekali keuntungan menulis artikel sendiri. Selain menjadi satu pelajaran berharga bagaimana membuat artikel yang baik, hal ini bisa juga mengakomodir ide, isu yang terbersit di otak kita kedalam satu tulisan yang menjadi ciri khas kita. Perbedaan ini juga yang akan menjadi keunikan blog kita dengan blog milik orang lain.

Untuk membantu mempermudah mengetahui artikel yang kita buat merupakan hasil jerih payah kita sendiri kita membutuhkan sebuah tool untuk mengetahui apakah artikel kita original atau tidak.

Sebuah tool yang menjadi kiblat para blogger untuk mencek kesahihan artikel dari plagiarisme adalah Copyscape. Copyscape adalah situs ternama yang berfungsi untuk mengetahui apakah halaman situs yang memuat sebuah artikel ada yang mengcopy atau tidak. Copyscape masih satu produk dengan Siteliner yang mempunyai fungsi hampir sama. Siteliner berfungsi untuk mengetahui berapa besar jumlah artikel yang plagiat dalam satu situs atau blog dan beberapa indikator lainnya sedangkan Copyscape untuk mengetahui plagiat perhalamannya.

Mengapa setiap artikel harus dicek di Copyscape ?. Google sangat menyukai artikel unik. Keunikan artikel akan menentukan posisi terbaik di rangking pencarian berdasarkan kata kuncinya. Selain itu performance blog baik dari pandangan pembaca juga punya kesan tersendiri. Dari segi pembaca, informasi yang fresh akan didapat dari artikel yang lolos copyscape tidak melulu artikel yang berisi konten yang sama dan isinya itu itu saja sehingga mengakibatkan pengunjung juga cepat bosan.

Keakuratan Copyscape dalam mendeteksi artikel dari plagiat tak perlu diragukan lagi untuk artikel berbahasa inggris maupun bahasa Indonesia. Dan caranya juga sangat mudah.

  1. Copy url halaman sebuah artikel yang akan di cek kemudian pastekan di Copyscape
  2. Jika artikel Anda lolos Copyscape maka tidak ada situs lain yang muncul dibawahnya, namun jika tidak lolos copyscape maka akan muncul artikel serupa dibawah pencarian copyscape.

Berikut adalah contoh artikel yang lolos copyscape dan yang tidak lolos :

A. Lolos Copyscape



B. Tidak Lolos Copyscape



Dari kedua contoh diatas saya yakin Anda bisa dengan mudah membedakannya dan silahkan cek dengan artikel yang Anda buat sendiri apakah sudah lolos Copyscape atau belum. Ingat kadang kala artikel hasil tulisan sendiri juga tidak lolos Copyscape lho, makanya sering sering dicek disini.