Tips Aman Naik Kendaraan Umum

Tips Aman Naik Kendaraan Umum

Memilih kendaraan umum sebagai sarana transport untuk kegiatan dan aktifitas sehari hari merupakan keharusan bagi kita seperti bekerja, sekolah dan lainnya. Bagi yang melakukan kegiatan ini kita lakukan berulang terus  setiap hari dari awal pekan sampai akhir pekan seolah sudah merupakan bagian dari sisi kehidupan kita yaitu hidup di jalan. Bayangkan bila kita perhitungkan dalam 24 jam kita gunakan minimal dijalanan 2 jam saja setiap hari maka dalam seminggu 14 jam waktu kita berada dijalan.Jika hal ini terjadi sobat harus punya cara agar saat berada dijalan, kita merasa aman dan selamat sampai tujuan.


Berikut adalah cara saya dalam menjaga diri dan keselamatan saat naik kendaraan umum jika setiap hari kita selalu menggunakan jasa angkutan umum :


1.      Mulailah dengan memilih kendaraan dan sopir yang baik. Jika kita setiap hari melewati jalur yang sama, saya yakin sobat sudah mengenal seluk beluk semuanya termasuk kelayakan kendaraan atau perilaku supirnya. Pilihlah kendaraan yang termasuk baru dan layak jalan, demikian juga pilihlah supir yang sudah sobat kenal, paling tidak sobat sudah tahu perilakunya saat menyetir kendaraan, mana yang ugal ugalan dan mana yang baik dalam menyetir.

Tips Aman Naik Kendaraan Umum
2.      Jika cara memilih milih kendaraan membuat anda terlambat sampai tempat tujuan, lakukan sistem maju tepat waktu. Biasanya sopir kendaraan selalu melakukan kegiatannya pada jam tersebut dan berulang setiap harinya juga pas jam tersebut. Biasakan sobat menunggu pendaraan umum persis jam dimana sopir dan kendaraan yang anda inginkan kemungkinan besar akan lewat. Contohnya, jika biasanya Anda mulai berangkat jam 06.00 tidak membuat sobat terlambat, maka mulailah berangkat jam 05.45 dengan berangkat pada range jam 05.45 sampai 06.00, tandailah kendaraan dan sopir sopir yang bagus dalam menyupir. Selau lakukan berangkat tepat jam 05.45 setiap harinya, maka biasanya sobat akan mendapatkan sopir yang sama dengan kendaraan yang sama pada setiap harinya.


3.      Demikian juga juga bermanfaat saat sobat berada di dalam kendaraan. Sobat akan berjumpa dengan penumpang yang sama setiap harinya. Paling tidak didalam kendaraan ada beberapa orang yang sobat kenal. Hal ini akan meminimalisir tindak kejahatan didalam kendaraan.


4.      Sedapat mungkin pilihlah tempat duduk posisi paling tengah, posisi ini berdasarkan logika adalah posisi paling aman jika kendaraan yang kita tumpangi mengalami musibah tabrakan.


5.      Terakhir jangan lupa baca doa ketika akan naik kendaraan demikian juga saat turun dari kendaraan umum.

Demikian semoga tips ini bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------