Jangan Buang Tomat Segar Yang Sudah Pecah, Begini Cara Memanfaatkannya

Jangan Buang Tomat Segar Yang Sudah Pecah, Begini Cara Memanfaatkannya

Memanfaatkan tomat yang sudah pecah. Tanaman Tomat bukan tanaman asli Indonesia melainkan tumbuhan asli Amerika Selatan. tanaman tomat masih punya kekerabatan dengan terung, kentang, dan paprika merah ataupun hijau. Tomat bukanlah sayuran namun disebut buah karena strukturnya, mempunyai daging dan biji yang aman apabila ditelan. Tetapi banyak orang  mengasumsikan bahwa tomat sebagai sayuran, mungkin karena salah satu fungsinya sebagai lalapan.

Tomat sudah lama dibudidayakan di Indonesia, terutama didaerah dataran tinggi. Kelemahan tanaman tomat adalah mempunyai ketahanan terhadap musim dan hama maupun serangga yang sangat lemah. Demikian juga struktur buah yang mudah busuk membuat tomat tidak tahan lama disimpan. Agar tahan lama, tomat harus dibekukan dengan beberapa langkah yang diawali dengan pemilihan, pencucian, perebusan, perendaman, pengupasan, dan diakhiri dengan pembekuan dalam lemari es.

 Tomat mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Kandungan antioksidannya dan Vitamin C berguna untuk memelihara fungsi organ tubuh dan memperlancar segala sistem yang sedang berjalan, mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit.
Tips kali ini adalah memanfaatkan tomat yang sudah pecah untuk dimasak, bukan untuk campuran lainnya. . Bahan makanan ataupun buah buahan yang sudah pecah biasanya tidak bisa dimanfaatkan atau di makan lagi karena cepat membusuk. Tomat sebagai buah sayur yang akrab digunakan untuk berbagai bumbu atau rempah masakan baik untuk sambal, tumis atau mentah begitu saja juga bisa dimanfaatkan asalkan masih dalam keadaan segar. Tomat masak berwarna kuning kemerahan memang rentan untuk pecah karena kulit luarnya sangat tipis dan isi dalamnya hampir sebagian besat adalah air. Oleh karena itu untuk menjaga tomat tetap segar biasanya dibungkus dalam plastik dan simpan dalam kulkas dingin agar tidak mengering.

Namun bagaimana jika tomat segar yang baru anda beli tiba tiba jatuh atau pecah ?, jangan langsung dibuang. Anda masih bisa memanfaatkan tomat yang pecah untuk menjadi campuran bumbu seperti sambal atau tumis dengan 2 cara praktis seperti ini :

Cara 1 :

    • Tumiskan tanpa minyak ke dalam kuali dan tekan menggunakan cobek pelan pelan sampai tomat lembek.
    •  Setelah kulitnya lembek dan menghancur angkat , dinginkan dan simpan dalam mesin pendingin  
    • Gunakan jangan lebih dari 1 minggu

    memanfaatkan tomat yang pecah

    Cara 2 :

    • Tomat pecah bersihkan dari kotoran dengan mencucinya.
    • Rebus atau kukus sampai kulitnya lembek.
    • Dinginkan dan simpan sampai saatnya anda akan gunakan.


    Namun akan lebih baik jika tomat yang sudah pecah bisa anda masak lebih dahulu dan tomat yang masih bagus bisa anda simpan.

    Demikian tips  memanfaatkan tomat segar yang sudah pecah

    Advertisement

    Baca juga:

    ------------- READ NEXT -------------