Tips Membeli Hardisk External Yang bagus

Apakah Anda sering menyimpan data menggunakan media panyimpanan ? Saya yakin sudah menjadi kebutuhan sehaari hari untuk menyadangkan berbagai file Anda dalam sebuah Hardisk External. Ada berbagai cara untuk menyimpan berbagai data mulai opsi berbasis cloud seperti GDrive atau Dropbox sampai pada penyimpanan yang paling kecil seperti flashdisk Namun demikian, hardisk external merupakan pilihan paling tepat untuk menyimpan dan menyadangkan file file Anda. Kenapa ?  karena cara ini adalah pilihan terbaik karena selain portabel, andal, mudah tersedia, juga biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang signifikan jika dibandiung dengan harganya 

Tips Membeli Hardisk External Yang bagus


Satu hal yang harus Anda perhatikan bahwa membeli hardisk external tidak seperti membeli barang berharga murah. demikian juga memilih merk hardisk external tertentu juga belum cukup untuk menentukan hardisk terbaik pilihan anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli hardisk eksternal pilihan anda :


1. Kebutuhan Penyimpanan 


Sebelum Anda mulai untuk membeli hard drive baru, alangkah baiknya langkah pertama adalah mengevaluasi kebutuhan kapasitas penyimpanan Anda. Kapasitas hard drive baru berkisar dari 250 gigabyte hingga beberapa terabyte (1000GB = 1TB). Anda tidak ingin membeli hard drive 250GB yang lebih murah hanya untuk mengetahui bahwa Anda sebenarnya memiliki 500 GB data untuk disimpan. Kalkulasi semua dokumen dan media termasuk file PDF, foto, video, lagu, film dan lainnya. Anda memerlukan hard drive untuk dengan mudah menyimpan semua yang sudah Anda miliki ditambah banyak penyimpanan tersisa untuk dokumen dan media tambahan. Jadi, hitung total kapasitas penyimpanan yang diperlukan untuk data Anda saat ini dan perkirakan berapa banyak data tambahan yang akan Anda buat saat menggunakan hard drive baru.


Di pasaran, hard disk eksternal umumnya tersedia mulai dari 500 GB, 1 TB sampai 2 TB. Harganya pun menyesuaikan dengan kapasitasnya. Rata-rata hard disk 500 GB berkisar antara Rp600 ribu sampai Rp700 ribu. Hard disk 1 TB biasa dijual antara Rp700 ribu sampai Rp1 juta dan ukuran 2 TB dibanderol dengan harga Rp1 juta sampai Rp1,4 juta. Meski jarang, ada pula hard disk berukuran 4 TB dan dijual dengan harga Rp1,6 hingga Rp2 juta. Untuk anak sekolah atau mahasiswa yang hanya perlu menyimpan file-file tugas atau backup file, hard disk eksternal dengan kapasitas 500 GB sampai 1 TB sudah cukup. Sementara, jika kamu kolektor film atau penghobi fotografi, tentunya membutuhkan hard disk dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Intinya sesuaikan  kebutuhan kapasitas hardisk external dengan budget yang ada.



2. Kompatibilitas


Saat ini, komputer dapat memiliki banyak kombinasi perangkat keras dan sistem operasi yang berbeda. Hal ini berarti kompatibilitas hard drive adalah sesuatu yang harus Anda pikirkan sebelum membeli hard drive eksternal baru. Saat memilihnya, petrtimbangkan sistem operasi di komputer Anda.. hal ini bukan berarti karena laptop Anda merk Acer maka hardisk eksternalnya juga merk Acer. Dari labelnya juga harus Anda perhatikan apakah kompatibel dengan semua sistem operasi, tidak hanya Windows saja seperti Mac, atau Linux. Jangan hanya berasumsi bahwa hardisk yang akan Anda beli bekerja secara otomatis dengan OS Anda. Luangkan waktu , dan baca spesifikasi dan deskripsi produk sebelum membeli untuk memastikan hard drive baru tersebut kompatibel dengan komputer .



3. Portabilitas


Jika Anda berencana menggunakan hard drive dalam aplikasi desktop, maka ukuran, berat, dan kemungkinan desain hard drive secara keseluruhan tidak penting bagi Anda. Hard drive akan selau berada di samping komputer desktop. Hal ini menjadi masalah jika digunakan untuk mobilitas, beban mungkin menjadi masalah. Oleh karena itu sebaiknya memastikan hard drive tidak terlalu berat. Laptop, pengisi daya, dan segala sesuatu yang menyertainya sudah cukup untuk dibawa-bawa, apalagi hard drive eksternal yang beratnya lebih dari beberapa ons. Anda juga perlu mempertimbangkan desainnya. Semakin datar dan kecil hard disknya, semakin mudah hard disk tersebut untuk dibawa ke mana pun Anda pergi. Cari unit yang tipis dan efisien jika Anda berencana bepergian dengan hard drive eksternal.



4. Kecepatan


Apakah membeli hardisk dengan spesifikasi lebih cepat akan lebih baik? Belum tentu. Kecepatan adalah tentang preferensi dan kenyamanan pribadi. Jika Anda berada dalam situasi di mana transfer file perlu dilakukan dengan cepat, maka kenyamanan patut dipertimbangkan. Hard drive tipikal memiliki rating 5.400 rpm, tetapi ada banyak model yang lebih cepat di pasaran. Bagi kebanyakan orang, 5.400 rpm sudah cukup, tetapi sekali lagi, jika gaya hidup Anda menuntut download cepat, maka gunakan model yang lebih cepat. Mereka umumnya lebih mahal tetapi sepadan dengan kecepatannya


Rata-rata hard disk yang dijual di pasaran memiliki kecepatan 5400 RPM. Namun, jika kita seorang gamer, desainer grafis, pengedit foto maupun video, ada baiknya memilih hard disk dengan kecepatan 7200 hingga 10.000 RPM. Ini karena aktivitas tersebut membuat kinerja jadi lebih berat dibanding dengan aktivitas seperti mengetik atau menonton film.


Selain kecepatan rotasi perputaran keping disknya juga pertimbangkan kecepatan transfer datanya. Rata-rata hard disk eksternal memiliki kecepatan transfer data yang berkisar antara 100-200 MB/s. Apabila kecepatannya lebih rendah dari itu, maka akan semakin lambat hard disk itu berjalan. Kecepatan ini bisa terdeteksi ketika kita mentransfer file dari dan ke hard disk dengan cara copy dan paste.  Ada kalanya, kecepatan transfer itu naik turun dan itu merupakan hal yang normal. Kecepatan transfer ini juga bergantung dari  jenis USB yang digunakan. USB 3.0 atau USB 3.1 akan jauh lebih cepat dibanding dengan USB 2.0.



5. Cek cache size


Ada pertimbangan lain sebelum membeli hard disk eksternal, yaitu memperhatikan aspek cache size. Simpelnya, cache size bertindak sebagai memori sementara untuk membaca dan menulis data ke penyimpanan permanen pada piringan. Untuk mempermudah, anggap saja cache size seperti RAM pada ponsel atau laptop.


Semakin besar cache size, semakin baik. Apalagi jika hard disk terus-menerus digunakan, seperti hard disk yang dibuat untuk server. Maka, cari ukuran cache yang lebih besar. Berbeda lagi jika hard disk tidak terlalu sering digunakan untuk kebutuhan yang berat, maka ukuran cache standar pun bisa dipilih.



6. Garansi


Sekarang, rata-rata hard disk eksternal menyediakan garansi untuk produknya. Misalnya, Seagate menyediakan 3 tahun garansi resmi dari distributor lokal. Begitu pula dengan Transcend, Western Digital (WD) dan Adata. Sementara, Toshiba hanya menyediakan garansi 1 tahun saja.


Garansi ini berguna dan dapat digunakan untuk berbagai hal. Misalnya terdapat cacat produksi (kerusakan manufakturing) dari pabrik. Namun, klaim garansi tidak berlaku jika hard disk rusak karena jatuh, tersiram air atau kerusakan karena kotor dan arus listrik yang tidak sesuai.


7. Perhatikan rentang hidup hard disk


Secara umum, rata-rata rentang hidup hard disk eksternal hanya berkisar antara 3-5 tahun. Terlalu singkat? Faktanya memang sesingkat itu usia hard disk eksternal. Penelitian yang dilakukan oleh BackBlaze, perusahaan backup online, menemukan bahwa 90 persen hard disk mampu bertahan hingga 3 tahun dan turun jadi 80 persen dalam waktu empat tahun. 


Dalam penelitian itu, disebutkan bahwa hard disk eksternal dari Western Digital (WD) dan Hitachi bertahan lebih lama dari Seagate. Kerusakan hard disk dapat ditandai ketika komputer melambat, sering macet atau menampilkan peringatan untuk data atau sektor yang rusak. Bisa juga, kerusakan itu disebabkan oleh virus atau malware.



7. Shock resistance 


Kita semua tahu bahwa hard disk eksternal jika terjatuh akan merusak data yang ada di dalamnya. Begitu juga dengan air yang bisa merusaknya. Beruntunglah, karena beberapa hard disk eksternal dilengkapi dengan fitur shockproof dan waterproof. Meski begitu, umumnya memang dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding hard disk lainnya.


Beberapa hard disk tangguh yang bisa kamu pilih adalah ADATA SE730, ADATA HD720 1 TB, Silicon Armor A85 4 TB, Samsung T3 Portable hingga LaCie Rugged USB C & USB 3.0 Portable Hard Drive, saran laman Make Use Of.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url