Harga Tiket Sleeper Bus Jakarta Jogja Terbaru

Harga Tiket Sleeper Bus Jakarta Jogja Terbaru

 Pernahkah anda bepergian dengan naik bus sambil rebahan tiduran layaknya berada di kamar sendiri. Nah, saat ini beberapa perusahaan otobus telah memiliki armada bis sleeper yaitu bis dengan kursi yang bisa diatur sampai dengan 150 derajat. Beberapa oto bus yang telah memiliki sleeper bus diantaranya  PO Sinar Jaya, PO Harapan Jaya, Tami Jaya, Rosalia Indah, Handoyo Shantika, Sempati Star dan Putra Jaya. Satu diantara PO tersebut merupakan pelayan rutin rute Jakarta Jogja yaitu PO Sinar Jaya..

 

Harga Tiket Sleeper Bus Jakarta Jogja Terbaru


 Berbeda dengan pesawat terbang, perjalanan jauh memakai transportasi darat dapat memakan waktu seharian, malahan berhari- hari. Hal ini tentu saja berpotensi membuat penumpang sangat letih. Nah, untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang, beberapa perseroan meluncurkan sleeper bis untuk bermacam rute, seperti Jakarta- Surabaya ataupun Makassar- Toraja. Dengan sarana yang lebih mentereng, harga tiket bis ini memanglah lebih mahal dibanding dengan bis konvensional.


Dilansir dari Wikipedia, sleeper bis di AS lebih dikenal dengan nama entertainer coach, sebaliknya warga Eropa menyebutnya sebagai nightliner. Di kedua daerah itu, sleeper bis merupakan bis yang disesuaikan, yang kerap digunakan untuk mengangkut band serta kru teknisi dalam rangka pertunjukan antar- kota. Sebutan lain yang digunakan untuk transportasi ini merupakan band bis, crew bis, entertainer bis, NightRider, sleeper coach, serta tour bis.

Di DEropa, sleeper bis merupakan bis berdimensi penuh, namun dirancang secara internal untuk cuma bawa sekitar 8 sampai 18 penumpang. Di dalam bis ini, terdapat bermacam sarana yang mentereng, termasuk dapur lengkap, lounge yang aman, serta tempat tidur susun, yang membolehkan penumpang makan, bersantai, ataupun tidur sepanjang ekspedisi dari konser yang satu ke konser yang selanjutnya.

Kendaraan sleeper bis ini umumnya bawa kaca ataupun jendela yang gelap, yang memungkinkan penumpang memandang keluar, namun menghindari penggemar untuk mengintip dari luar. Bis ini dilengkapi dengan sarana yang baik sebab kenyamanan penumpang merupakan tujuan utama. Pemutar DVD, Televisi layar lebar, serta konsol permainan jadi standar fitur hiburan, sebaliknya sebagian kendaraan sudah didukung pemutar DVD individu serta layar di tiap tempat tidur.

Baik di Inggris ataupun AS, banyak sleeper bis yang saat ini didukung dengan Televisi serta game video di tiap tempat tidur, akses internet 3G, mesin pembuat kopi, kasur busa dengan dimensi lebar, penyejuk hawa yang layak, serta lain- lain. Sebab itu, tidak mengherankan bila setelah itu sebagian industri memakai sleeper bis ini sebagai hotel berjalan, yang dapat dijadikan tempat bermalam wisatawan kala berkunjung ke lokasi yang kebetulan tidak menyediakan hotel.

Berbeda dengan di Inggris serta di AS, di Cina, sleeper bis merupakan fasilitas transportasi jarak jauh yang universal digunakan warga setempat. Harga ataupun tarif tiket kendaraan ini sedikit lebih mahal daripada kereta api, namun pula sedikit lebih cepat, serta tiket ada lebih banyak. Sayangnya, terdapat beberapa musibah parah yang mengaitkan bus- bus ini di Negara Tirai Bambu.

Sedangkan, di India, bis ini digunakan buat ekspedisi antar- kota serta dioperasikan oleh industri bis pemerintah serta swasta. Bis dioperasikan antara kota- kota sepanjang 6 jam hingga 10 jam lewat jalur darat. Pengoperasian umumnya diawali pada sore hari, sehingga sebagian besar ekspedisi dicoba pada malam hari. Layanan ini merupakan alternatif yang baik apabila warga kehilangan tiket kereta api. Tidak hanya itu, sleeper bis di Negara Sungai Gangga pula aman sebab tidak sering diisi melebihi kapasitas.

Varian Sleeper Bis di Indonesia


Kemudian, gimana dengan Indonesia? Sleeper bis di Indonesia mulai terkenal pada tahun 2016 lalu. Bis kepunyaan industri jasa transportasi PO Brilian disebut- sebut selaku sleeper bis awal yang beroperasi di Tanah Air. Dikala pertama kali meluncur, bis tersebut mengoperasikan rute Jakarta- Purwokerto- Purbalingga.

Semacam sleeper bis di luar negeri, sleeper bis kepunyaan PO Brilian ini pula sudah disokong dengan beberapa sarana yang keren. Ketika naik bis ini, penumpang bakal memperoleh fasilitas AC, personal entertainment( LCD Televisi di tiap- tiap ruangan), selimut( senantiasa baru di tiap ekspedisi), sandal individu, servis makan, loker sepatu, serta air mineral.

Di samping PO Brilian, industri lain yang pula pernah meluncurkan sleeper bis yakni PO Harapan Jaya. Industri memakai bis terkini Avante di atas sasi Scania K360IB yang populer aman. Tidak hanya AC, wc, serta audio, bis ini pula sudah dilengkapi dengan bantal serta selimut buat tidur sepanjang perjalanan. Penumpang juga dapat menikmati akses Wi- Fi secara free sehingga bisa berselancar di dunia maya dengan gampang serta tenang.

Terdapat yang unik dari bis ini. Tidak cuma dibekali akses Wi- Fi, pihak industri pula sudah memenuhi armada mereka dengan layanan telepon free yang dapat digunakan penumpang buat menghubungi saudara, baik yang hendak dikunjungi ataupun yang terletak di rumah. Buat memakai layanan telepon free ini, penumpang cuma butuh mengarah bagian depan bis, setelah itu ke dashboard yang terletak pas di samping kemudi.

Bila sleeper bis biasanya sudah didukung dengan sofa pijat serta mini bar, maka sleeper bis dari PO Harapan Jaya ini menawarkan lebih. Untuk Luxury Class, terdapat suatu mini bar yang sudah dilengkapi dengan dispenser untuk membuat kopi, teh, ataupun menyeduh mie praktis. Sedangkan, sofa pijat dapat ditemui di bagian belakang bis, dekat dengan ruangan merokok.

Walaupun pamornya dikala ini lagi menyusut, tetapi sleeper bis masih dapat Kamu temukan. Di Kota Makassar misalnya, ada sleeper bis yang dioperasikan PO Bintang Prima. Sleeper bis ini melayani rute Makassar- Mamuju serta Makassar- Toraja. Industri sediakan 2 opsi model, ialah 16 sofa tidur serta 8 sofa tidur yang dapat disetel sedemikian rupa untuk kenyamanan.

Kemudian, berapa harga tiket sleeper bis buat rute Jakarta- Jogjakarta? Bagi penelusuran yang dicoba penulis, pada tahun 2018 kemudian, belum terdapat industri yang mengoperasikan sleeper bis buat rute Jakarta- Jogjakarta. Sampai saat ini kebanyakan  juga masih didominasi kelas bisnis dan AC toilet seperti PO Pahala Kencana, Gunung Harta, Damri, serta PO Sumber Alam. Harga tiket bis jurusan Jakarta- Jogja untuk kelas ini kisaran Rp 135.00 - Rp 170.000.

Setelah dinantikan, mulai Desember 2020, PO Cahaya Jaya meluncurkan bis Suite Class Full Sleeper yang melayani trayek Jakarta- Jogja melalui Tol Trans Jawa.Tarif tiket bis tersebut dipatok Rp300 - 315 ribu buat Suite Class 

 

Berikut tarif selengkapnya :


Rute Jakarta – Jogja

 

TujuanBerangkatTibaTiket
Lebak Bulus – Term. Jombor16:30 WIB04:30 WIBRp. 300.000
Lebak Bulus – Term. Giwangan16:30 WIB04:15 WIBRp. 300.000
Kp. Rambutan – Term. Jombor17:15 WIB04:30 WIBRp. 300.000
Kp. Rambutan – Term. Giwangan17:15 WIB04:15 WIBRp. 300.000
Term. Pulo Gebang – Term. Jombor18:00 WIB04:30 WIBRp. 300.000
Term. Pulo Gebang – Term. Giwangan18:00 WIB04:15 WIBRp. 300.000
Update Maret 2021 | Jadwal & harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

 

 

Rute Jogja – Jakarta

 

Untuk jadwal keberangkatan bus Sinar Jaya dari Jogja menuju Jakarta sebagai berikut.

 

TujuanBerangkatTibaTiket
Term. Jombor – Kp. Rambutan14:15 WIB01:45 WIBRp. 300.000
Term. Jombor – Lebak Bulus 14:15 WIB02:15 WIBRp. 300.000
Term. Jombor – Term. Pulo Gebang14:15 WIB01:15 WIBRp. 300.000
Term. Giwangan – Kp. Rambutan15:00 WIB01:45 WIBRp. 300.000
Term. Giwangan – Lebak Bulus15:00 WIB02:15 WIBRp. 300.000
Term. Giwangan – Term. Pulo Gebang15:00 WIB01:15 WIBRp. 300.000


Lalu apa fasilitas yang kita dapatkan di sleeper Bus Sinar Jaya ?

  •  Air minum botol
  •  Slip-on
  •  Rak sandal dan sepatu
  •  AVOD (Audio Video on Demand untuk suite seat)
  •  TV LED dan meja lipat (untuk VIP seat)
  •  Bantal
  •  Selimut
  •  Mobile restroom dekat seat 21 (hanya untuk buang air kecil)
  •  Mini pantry (bebas refill air minum plus seduh kopi dan teh)
  •  CCTV security
  •  USB charger
  •  Cup holder
  •  Tirai (untuk jendela dan aisle)
  •  Full AC
  •  Lampu baca
  •  Seat belt
  •  Satu kali makan (makan malam prasmanan plus es teh atau teh hangat)
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------