6 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian

6 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian

Tips dari Randy McCutheon ini perlu kamu pertimbangkan ketika pada saatnya kamu akan menghadapi ujian sekolah. Penelitian menunjukkan bahwa angka rata ratmu lebih dipengaruhi oleh faktor keterampilanmu dalam mengikuti ujian ketimbang faktor lain. Yang berpengaruh bukanlah seberapa banyak yang kamu tahu, tetapi seberapa banyak kamu menggunakan pengetahuan yang kamu tahu. jadi jika kamu ingin menjadi yang ahli saat mengikuti tes, persiapkan dan pertimbangkan 6 hal berikut ini :

1. Menghafal : beruntung bagi kamu, hanya sebagian kecil tes yang mengharuskan kamu banyak berfikir. Oleh karena itu untuk mendapatkan yang terbaik dari situasi yang buruk, perbaiki terus caramu menghafal sebanyak banyaknya.
2. Menggunakan waktu secara bijaksana : Kebanyakan guru bisa berbicara kira kira 100 kata per menit. Percaya atau tidak, kamu mampu berfikir  kali lipat lebih banyak. Gunakan waktu lebih itu untuk memahami yang sedang dikatakan.
3. Memanfaatkan catatan : pahami apa yang kamu tulis. hal ini penting karena sederetan catatan bukan mengarang. Tetapi tempat menyimpan memori fikiran dalam bentuk tulisan. Sekiranya kamu lupa bisa membuka kembali catatan untuk dapat mengingatnya kembali.

4. Istirahat : Otak berfikir optimal menurut penelitian hanya berselang 1 sampai 2 jam saja . Selebihnya harus istirahat. Jika kamu belajar untuk sebuah tes, gunakan waktu istirahat setiap 1 sampai 2 jam belajar. Hal ini akan mengoptimalkan cara kamu berfikir dalam mempersiapkan ujian.
Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian

5. Kenali gurumu : Setriap guru punya karakteristik yang berbeda beda dalam mengajar, kenalilah karakteristiknya ketika dalam model menjawab pertanyaan. Ada guru yang menginginkan nilai terbaik berdasarkan kemiripan jawaban yang diterangkan, ada guru yang menginginkan mengembangkan sendiri dan mencari solusi atas masalah atau pertanyaan yang diberikan. Setiap detil karakter guru yang kemu kenali akan mudah bagi kamu mendapatkan nilai terbaik untuk pertanyaan pertanyaan yang bersifat subyektif .

6. Baca perintah soal : Sebelum memulai ujian, pelajari dulu perintah soal secara detil. Kesalahan klasik dalam menghadapi ujian adalah tidak membaca perintah soal secara seksama. Mulailah dengan berdo'a.

Demikian tips persiapan dalam menghadapi ujian semoga kamu mendapatkan nilai terbaik.

Demikian semoga bermanfaat
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------