RPP Daring dan Luring Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 Dan 2

 Munculnya RPP daring maupun luring terjadi karena pembelajaran dimasa pandemi Covid19 saat ini yang menuntut kegiatan pembelajaran tidak boleh berkumpul di satu tempat. RPP yang disusun menggunakan pembelajaran jarak jauh  berbeda dengan pembelajaran pada situasi normal. Selain penyesuaian kompetensi dasar dan Kompetensi Inti, juga menyesuaikan alokasi waktunya. Demikian pula tentunya pembelajaran yang lebih fleksibel dan tidak terallu formal. 



Pembelajaran jarak jauh sebenarnya menuntut konsistensi baik guru maupun murid. Bagi siswa yang terbiasa dengan pembelajaran tatap muka yang dengan ketat dipantau oleh guru, pembelajaran jarak jauh menuntut kebiasaan yang berbeda dimana kesadaran dan kemandirian siswa yang tinggi dituntut agar pembelajaran bisa berhasil. Selain itu kedisiplinan yang terus ditanamkan pada diri masing masing termasuk orang tua yang terus mendampingi dalam pelaksanaan pembelajaran di rumah tau belajar jarak jauh. 


RPP Daring dan Luring Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 Dan 2



Seperti yang bapak/Ibu fahami dalam pembelajaran jarak jauh ada beberapa jenis pembelajaran yang bisa dilakukan salah satunya adalah pembelajaran daring atau belajar melalui internet. Belajar daring  sebenarnya sudah ada sejak dulu sebelum adanya Covid19. Mungkin Bapak/Ibu guru mengenal pembelajaran yang dilakukan oleh Universitas Terbuka dimana porsi belajar jarak jauh lebih dominan ketimbang belajar tatap muka. Ternyata pembelajaran daring seperti ini sangat sesuai untuk pembelajaran di masa pandemi Covid19. 



Mempersiapkan  belajar daring tidak serta merta langsung bisa dilakukan tanpa persiapan. salah satu yang harus dipersiapkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran daring yang biasa di sebut dengan RPP. Seperti yang sudah saya sebutkan diawal bahwa menyusun RPP dimasa Pandemi Covid dengan RPP pada situasi normal ternyata ada perbedaan. salah satunya adalah penyederhanaan KD dan Ki. Disamping itu kaidah terbaru yang harus disesuaikan adalah dibuat yang dengan 1 lembar saja.

Selain Pembelajaran daring, belajar dengan sistem luring juga diperbolehkan untuk satuan pendidikan yang tidak memingkinkan melaksanakan pembelajaran daring. Sistem ini menuntut guru lebih memberikan waktu dan tenaganya lebih banyak untuk berkunjung langsung ke rumah siswa. Setidaknya mendatangi kelompok kelompok belajar yang telah disusun berdasarkan lokasi rumah siswa yang saling berdekatan.



Nah, kedua sistem pembelajaran ini juga banyak sekolah yang memodifikasinya, dengan melakuakn pembelajaran daring dan luring untuk efisiensi penggunaan pulsa internet yang banyak dikeluhkan siswa.. Guru biasanya menjelaskan sekaligus memberi tugas melalui LKPD secara daring. Bagi yang tiudak punya HP, tugas bagi siswa terdekat yang punya Hp untuk menyampaikan tugasnya. Kemudian setelah tugas dikerjakan, sisa mengumpulkannya secara kolektif, diwakili 1 siswa saja per kelompok belajar., atau perwakilan siswa mengumpulnya kesekolah dengan didampingi siswa secara terjadwal.


Berbagai cara yang dilakukan oleh sekolah bertujuan sama agar kegietan pembelajaran tetap berlangsung senormal mungkin walaupun disituasi darurat seperti saat ini. Termasuk bagaimana guru mempersiapkan pembelajaran dengan menyusun RPP. 


Bagi bapak Ibu guru yang membutuhkan RPP untuk pembelajaran jarak jauh berikut tautan yang saya sediakan untuk contoh pembuatan RPP Bapak/Ibu :



1. RPP daring Prakarya Semester 1

2. RPP daring Prakarya Semester 1

3. RPP daring Prakarya Semester 2

4. RPP Daring Prakarya Semester 2

5. RPP Daring Prakarya Semester 2

6. RPP Daring Prakarya Semester 1 dan 2 Guru Berbagi

7. RPP Luring Prakarya Semester 1 Guru Berbagi

8. Rpp Luring Prakarya Semester 2


Nah, demikian tautan yang bisa bapak/Ibu Guru manfaatkan untuk mendapatkan informasi contoh penyusunan RPP daring maupun luring semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url