3 Makna Kata Resolusi Yang Jauh Berbeda

3 Makna Kata Resolusi Yang Jauh Berbeda

 Resolusi atau dalam bahasa inggris resolution ternyata punya makna ganda dan masing masing makna punya definisi yang berbeda tergantung penggunaannya dalam kalimat. Hal ini biasa kita jumpai pada penggunaan kata dalam situasi yang berbeda atau bisa jadi punya makna berbeda karena perbedaan tekanan pengucapan pada satu kalimat resolusi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Resolusi dimaknai dengan  putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu -- yang akan diajukan kepada pemerintah. 


Walaupun sudah baku penggunaan kata resolusi sering dimaknai lain. Nah, apa saja makna ganda dalam kata resolusi berikut penjelasannya :

3 Makna Kata Resolusi Yang Jauh Berbeda


Di tahun baru seperti saat ini sering kita menyebutkan kata resolusi.Nah resolusi yang pertama ini sering dimaknai dengan harapan baru dalam kehidupan baru.  Resolusi adalah rencana yang mudah dibuat namun sulit direalisasikan. Namun, resolusi adalah bagian penting dalam hidup agar tetap terarah dan memiliki tujuan. Resolusi adalah hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut tahun baru. Resolusi bisa diartikan sebagai ketetapan diri untuk berubah. Resolusi adalah keinginan untuk melanjutkan praktik yang baik, mengubah sifat atau perilaku yang tidak diinginkan, untuk mencapai tujuan pribadi, atau memperbaiki kehidupan mereka. Resolusi adalah suatu tujuan yang akan dicapai, di mana seseorang dituntut untuk berusaha keras mencapai resolusi tersebut. Resolusi adalah bentuk suatu tujuan seseorang dalam menjalani kehidupannya. Tak sedikit orang gagal mencapai resolusi yang ditetapkan karena lupa, teralihkan, atau menyerah begitu saja. Padahal resolusi bukan hanya sekadar daftar rencana tapi juga aksi yang harus dijalankan.


Makna kedua dari kata rersolusi adalah kaitannya dengan teks cerita atau sering dimaknai dengan bagian alur cerita yang berisi tentang kesimpulan atau sisi bagian akhir dimana biasanya endingnya dengan kebahagiaan. Dibagian ini pula semua lika liku alur cerita yang biasanya pelaku utama bisa menyelesaiakan tugasnya. Sebenarnya resolusi atau resolution menurut makna kedua ini tidak berdiri sendiri ada 2 atau 3 bagian plot cerita yang lain sebelum sampai pada resolusi yaitu exposition, raising action, climax, falling action dan terakhir adalah resolution. Adapula bagian cerita seperti narasi  yang punya bagian alur yang berbeda yaitu orientasi, komplikasi dan sama sama diakhiri dengan resolusi atau resolution.


Makna ketiga dari kata resolusi atau resolution adalah berkaitan dengan gambar. Coba anda ketikkan what is resolution di mesin pencarian yang muncul adalah sebagian besar berisi tentang ukuran kecerahan gambar. Resolusi adalah ukuran yang digunakan untuk menggambarkan ketajaman dan kejelasan gambar atau video . Ini sering digunakan sebagai metrik untuk menilai kualitas monitor, printer, gambar digital, dan berbagai teknologi perangkat keras dan perangkat lunak lainnya. Istilah ini juga populer di industri seluler untuk menggambarkan kemampuan tampilan perangkat seluler, dan juga di media hiburan untuk membedakan kualitas visual film untuk membedakan antara film definisi tinggi dan definisi standar. Ini juga digunakan untuk menentukan resolusi layar, monitor, atau TV.. 


Nah, sudah tahu kan, apa saja makna resolusi. JIka Anda akan memaknai dengan definisi yang pertama maka saat in i adalah paling tepat untuk mengungkapkan resolusi Anda. Apa resolusi anda ditahun 2021. kalau saya ditanya resolusi saya adalah cukup dengan  berharap sehat wal afiat dari Allah SWT dan dijauhkan dari pandemi saat ini Covid 19. Amiin. Selamat Tahun Baru 2021. bagi sobat khan.web.id semua.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------