Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Tips Menghindari Stres Saat  Belajar Daring

Tips Menghindari Stres Saat Belajar Daring

Sudah 7 bulan lebih pandemi Covid 19 berlangsung dinegara kita dan belajar daring merupakan salah satu cara  untuk memutus rantai penularannya. Belajar dari rumah dengan menggunakan gadget menjadi pilihan walaupun sarat dengan kontroversi. Diakui atau tidak sebenarnya belajar daring dari rumah managemen waktu lebih fleksibel, biaya lebih murah, mudah diakses bahkan mudah memahami wawasan yang dipelajari karena begitu luasnya pengetahuan dalam internet. Namun dibalik itu semua fakta dimana tidak semua siswa mampu membeli paket atau gadget, kesulitan jaringan internet minimnya pengawasan orang tua, bahkan siswa yang menjadi lebih malas adalah deretan keluhan yang sering kita dengar diantara berbagai masalah masalah lainnya dalam belajar dari rumah.

Tips Menghindari Stres Saat  Belajar Daring


Syukurlah hal ini masih ada disadari oleh terutama orang tua dalam membimbing anaknya belajar. Namun hal ini bukan berarti selesai sampai disini. Tantangan yang dihadapi hari demi hari memungkinkan siswa merasa dirinya harus belajar seperti biasa dengan teman temannya namun disisi lain dia harus menyesuaikan denngan situasi yang baru, sistem yang baru untuk memahami satu materi, tidak lagi bertanya langsung kepada guru namun dengan surfing, atau mencari sendiri di internet. Bagi sebagian siswa mungkin sudah bisa menyesuaikan diri namun apakah semua siswa sudah bisa melakukannya ?


Oleh karena itu kita harus sadari bahwa kemungkinan siswa mengalami stres saat belajar daring bisa saja terjadi yang diakibatkan oleh masalah masalah yang muncul seperti diatas. Diartikel kali ini saya akan mengutip satu artikel yang ditulis oleh DR.Patrick Moses Fraser MD, seorang dokter rumah sakit dan pegiat internet marketing yang mencari solusi bagaimana cara menghindari stress di saat belajar work from home seperti saat ini seperti yang dirilis oleh onlinecollegesmartdotcom.



1. Buat Lingkungan Belajar Senyaman Mungkin


Tempat belajar bisa dimana saja untuk menghindari kebosanan, berganti ganti tempat bisa di teras, ruang tamu, balkon, kamar tidur. Namun yang perlu diingat bahwa untuk bisa demikian persiapkan jaringan internet yang merata disetiap ruangan jika menggunakan WiFi agar bisa dengan leluasa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Perhatikan juga suhu yang lebih dingin dan pencahayaan ruangan yang cukup agar anak betah belajar. 



2. Manajemen Waktu


Sering anak menghabiskan waktunya didepan gawai tidak untuk belajar sesuai dengan pembelajaran di sekolah. Ia lebih lama menggunakan sosial media untuk berinteraksi sosial ketimbang membahas materi yang diberikan guru atau menjawab soal. Ketimpangan ini juga bisa jadi biang kerok anak mudah stres akibat tugas yang terus bertambah sementara waktunya hanya untuk bersenang senang. Bagi orang tua membimbing mengatur waktu sefisien mungkin bisa menjadi solusi dengan berbagai cara seperti :


Buat Jadwal Tugas 


Membuat jadwal harian maupun mingguan bisa mengatur belajar online lebih terarah. Toh tidak semua pembelajaran bersifat live. Mungkin di satu hari jadwalnya menumpuk dan hari berikutnya tidak ada jadwal belajar, Anda bisa mengatur waktu dengan memindahkan ke hari yang kosong untuk pembelajaran yang non-live. Yang penting minimal setiap 2 x 40 menit lakukan istirahat agar otak tidak terlalu diforsir.



Hindari Pengganggu


Disaat belajar online biasanya banyak hal terjadi diluar perkiraan kita seperti disuruh orang tua, seseorang mengajak ngobrol, atau hal lain yang bisa memperlambat pembelajaran. Usahakan hindari seminimal mungkin agar konsentrasi tetap terfokus, kecuali pengganggu yang sifatnya tidak bisa diatasi seperti mati listrik atau jaringan internet akibat hujan atau badai petir.


Delegasikan Beberapa Tugas Berat Kepada Orang lain


Tidak ada larangan untuk memkinta tolong orang lain mengerti termasuk orang tua untuk membantu mengerjakan tugas sembari memahami semaksimal mungkin apa yang sedang dikerjakannya. Akan lebih baik lagi kalau orang tersebut mampu membimbing memahami tugas kepada Anda. hal ini bisa dilakukan juga untuk tugas tugas yang tidak berkaitan dengan pembelajaran secara langsung namun deadline waktu semakin mepet.


3. Tetap Sosial


Belajar online menuntut kita semakin terisolasi dengan orang orang disekeliling kita bahkan dengan duni luar karena kita harus terus menyendiri. Bahkan hal ini terkadang lupa untuk tetap berhubungan dengan anggota keluarga dan teman mereka. Mengisolasi diri tetap fokus belajar bisa cepat memicu stress. Nah, menghindarinya tetap stay intouch dengan orang disekeliling seperti biasa atau dengan teman teman digroup WA yang bisa saling support untuk merelaksasi otak dan fikiran.

4. Lakukan Gerakan Relaksasi seperlunya


Mungkin Anda pernah melihat seseorang melakukan gerakan gerakan senam relaksasi ditengah tengah tengah kegiatan yang membutuhkan waktu lama didepan komputer. Nah, ternyata hal ini sangat bermanfaat pengaruhnya untuk menghindari ketegangan otak yang mengakibatkan stress. Olah raga eecara teratur juga memiliki banyak manfaat seperti mengurangi resiko penyakit, meningkatkan mood hingga meningkatkan konsentrasi. Cukup maksimal hanya 10 menit saja .

5. Tidur Teratur


Tidur dan stres ternyata saling berhubungan.  Kurang tidur dapat memicu stres. Stres juga dapat menyebabkan insomnia atau kesulitan dalam tidur . Tidur yang teratur akan membantu fokus pada belajar daring  dan menjaga tingkat stres anda tetap terkendali. menurut National Sleep Foundation, orang dewasa harus tidur selama 7 sampai 9 jam. 



6. Pastikan bisa terhubung dengan orang orang yang mampu mengatasi masalah


Disaat belajar bisa jadi ada masalah masalah teknis yang menghalangi kelancaran belajar dan membikin stres seperti komputer yang ngadat, tidak terhubung internet atau menghubungi orang orang yang ada di kampus atau sekolah untuk urusan tugas tugas. Memastikan semuanya baik baik saja dan berjalan sesuai yang direncanakan akan menghilangkan rasa cemas dan stres dalam belajar. 


7. Terhubung Dengan Pembimbing atau Teman Sekelas Secara Teratur


Jika merasa kewalahan dengan kelas online, pembimbing juga bisa membantu memberi solusi yang anda butuhkan. Selain itu berinteraksi dengan teman sekelas anda juga dapat membantu mengurangi stres. jika kesulitan dengan tugas dapat menghubungi teman sekelas dan aktif berpartisipasi dalam proyek kelompok. ataui forum diskusi.


8. Makan Makanan Sehat



Sains mengatakan we are what we eat. agar tubuh dan pikiran kita berkinerja lebih baik, kita membutuhkan pola makan yang sehat. hindari mengkonsumsi makanan manis dan berlemak tinggi, hal ini akan menurunkan tingkat energi anda dan membuat anda lebih sulit untuk berkonsentrasi pada kelas. makanan berserat sehat adalah diet terbaik untuk  membantu meningkatkan kinerja tubuh dan pikiran.
Advertisement

Baca juga: