Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Saat Udara Dingin Nafsu Makan Bertambah

 Cuaca dingin dingin seperti ini enaknya ngapain ya ?. Saya yakin Anda sangat setuju kalau sangat cocok dengan makan seperti ngemil sambil nonton atau makan makanan berat seperti memasak mi instan dan dilahap saat masih hangat. Apalagi disaat habis kehujanan dimana tubuh semua kedinginan. Keadan seperti ini kadang membuat diri sendiri terheran heran karena selera makan tidak seperti biasanya. Bahkan selain berbagai variasi makanan yang di konsumsi juga volume makanan yang meningkat. Apa sebabnya ?. Ulasan di arikel kali ini akan menjawab penyebabnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Mengapa Saat Udara Dingin Nafsu Makan Bertambah


Nafsu makan yang terjadi disaat cuaca dingin berakibat karena badan kita juga mendingan.hal ini menyebabkan adanya  perubahan mekanisme yang terjadi pada tubuh. Dalam istilah ilmu pengetahuan disebut dengan NST atau nonshivering thermogenesis yaitu aktivitas saat tubuh bekerja untuk menghasilkan lebih banyak panas tubuh tanpa respons otot yang bergetar atau menggigil. Proses ini akan menyebabkan lebih banyak energi keluar dari biasanya, untuk menyesuaikan diri dengan udara yang dingin. Karena energi lebih banyak diserap udara dingin, suhu tubuh cenderung akan menurun saat udara cuaca mendingin. Tubuh juga akan mengalami penurunan tingkat energi, karena umumnya orang-orang akan merasa malas untuk sekadar beranjak dan melakukan gerakan lebih aktif.


Seperti pada penjelasan diatas, udara dingin juga akan menyebabkan pembakaran energi terjadi lebih cepat, sehingga rasa lapar akan sering terasa. Saat badan kehabisan lemak yang telah disimpan sebelumnya, hipotalamus di dalam otak akan memberikan sinyal lapar yang membuat ingin selalu mengunyah makanan. Alasan inilah yang kemudian menjadi penyebab, kenapa seseorang terus merasa lapar saat musim hujan atau dingin. Untuk menormalkan suhu tubuh kembali, caranya dengan memberikan tubuh lebih banyak asupan makanan lalu dibakar menjadi energi. Nutrisi yang cukup juga akan membuat tubuh terasa lebih hangat.


Rasa lapar ini juga dipengaruhi oleh dua hormon, yaitu leptin dan ghrelin, yang mengendalikan selera makan. Saat perut kosong dan kadar lemak turun, maka sel-sel di perut akan memicu pelepasan ghrelin. Pelepasan ghrelin inilah yang menyebabkan kita merasa lapar. Sedangkan saat kita makan, maka hormon leptin akan dilepaskan dari sel-sel lemak jangka panjang yang melapisi usus dan usus besar. Leptin kemudian akan melakukan perjalanan melalui aliran darah ke otak, yang berfungsi untuk menekan keinginan untuk makan. Selain itu, hal ini juga berguna untuk memberitahu otak kita apa yang harus dimakan dan kapan waktunya. Dengan adanya dua hormon dalam tubuh yang mengendalikan inilah yang kemudian menyebabkan kita jadi mudah merasa lapar ketika udara dingin.


Namun harus diingat nih, disaat udara dingin jangan sampai terlau berlebihan untuk mengkonsumsi makanan pilihlah makanan yang bisa menunda lapar seperti mengkonsumsi pisang. Jika berlebihan akan berakibat pada kalori yang tertimbun dalam tubuh . hal ini akan berakibat pada badan yang akan menggemuk.

Posting Komentar untuk "Mengapa Saat Udara Dingin Nafsu Makan Bertambah"