-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Kurikulum Kondisi Khusus SMP/MTS, Antisipasi Untuk Pandemi Covid-19 Begini Isinya

Kurikulum Kondisi Khusus SMP/MTS, Antisipasi Untuk Pandemi Covid-19 Begini Isinya

Untuk menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid saat ini, akhirnya Kemndikbud menerbitkan Permendikbud Nomor 719 /P/2020 tentang pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Permendikbud yang mengatur tentang implementasi kurukulum saat kondisi khusus ini berlaku sampai dengan akhir tahun pelajaran walaupun nantinya kondisi khusus sudah dicabut oleh pemerintah. Yang menarik adalah pemenuhan 24 jam mengajar oleh guru dalam seminggu diabaikan sehingga guru bisa lebih leluasa dalam menyesuaikan dengan kurikulum ini.

Kurikulum Kondisi Khusus SMP/MTS, Antisipasi Untuk Pandemi Covid-19 Begini Isinya

Kurikulum Covid ini lebih sederhana, hanya beberapa  Kompetensi Dasar saja yang bisa diterapkan dalam pembelajaran dari rumah atau pembelajaran jarak jauh. Selain itu kelebihan lain dari kurikulum ini juga mengakomodir kompetensi essensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran ditingkat selanjutnya.

Tidak disebutkan secara persis sistem pembelajaran untuk kondisi khusus namun hal ini memberikan ruang bagi sekolah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Demikian juga sistem penilaian hasil pembelajaran juga hanya disebutkan tentang prinsip prinsip asesmen saja. Namun disini disebutkan juga  bahwa satuan pendidikan dalam kondisi khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dapat mengacu pada kurikulum nasional yang selama ini dilakukan oleh satuan Pendidikan.

Anda bisa mengunduh Permendikbud Nomor 17 / P / 2020 melalui tautan ini

Untuk tingkat SMP dan MTS, Penyederhanaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Kurikulum 2013 yang bisa diimplementasikan pada kondisi khusus juga telah dirilis oleh Kemendikbud, selengkapnya bisa di unduh melalui tautan ini

Dengan kurikulum Covid ini siswa tidak lagi dibebani tuntutan menuntaskan capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusannya. Untuk tingkat PAUD dan SD, Kemendikbud juga menyediakan modul modul pembelajaran berbasis aktifitas untuk guru, peserta didik dan orang tua.
Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar