-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Cara Membedakan Gula Merah Asli Dan Palsu Rekondisi

Cara Membedakan Gula Merah Asli Dan Palsu Rekondisi

Jadi membedakan gula merah asli dan palsu sudah saatnya Anda mengetahuinya agar saat membeli mahal mahal ternyata gula merah palsu. Yang di maksud gula merah palsu biasanya adalah mengolah kembali gula merah asli dicampur dengan gula pasir putih dan pemanis buatan dan bahan lainnya untuk mendapat keuntungan penjualan gula merah. Hal ini terjadi karena harga gula merah jauh lebih mahal dari gula pasir sehingga cara curang ini bisa membahayakan kesehatan tubuh kita. Trik jahat ini jika kita tidak teliti akan sama sekali tidak ada bedanya antara gula merah yang diolah langsung dari nira atau aren dengan gula merah yang sudah diolah dengan menambahkan bahan bahan campuran lainnya. Memang sistem pengolahannya tetap sama yaitu bahan bahan dimasak sampai mengental dicetak dan didinginkan namun gula merah palsu komposisi bahannya sebelum dimasak sudah dicampur dengan bahan lain sebelum dimasak.

Cara Membedakan Gula Merah Asli Dan Palsu Rekondisi

Mahalnya gula merah menjadi ladang pengrajin gula merah nakal untuk mendapat keuntungan besar dengan cara curang. Walaupun saat harga gula setinggi langit namun selisih harga gula merah dan gula pasih tetap selisih 5 ribuan per kilo. Ditingkat pengecer menjelang puasa harga gula putih sudah menyentuh 20 ribu harga gula merah 25 ribuan per kilo. Bayangkan dengan mengolah 10 kilo saja setiap hari gula merah palsu dengan campuran gula pasir saja dengan asumsi campuran perbandingan 50:50 maka keuntungan didapat 25 ribu jika sekilo ratenya 2500. Belum lagi ditambah dengan campuran campuran kimia lainnya yang sangat membahayakan dengan tujuan untuk memperberat dan membuat mirip dengan gula merah asli.

Penjual yang jujur dengan memberitahu mana gula asli tanpa campuran dan gula masak yang sudah dicampur gula pasir memang tidak masalah sehingga harga gula yang rekondisi akan berbeda lebih murah dengan gula merah asli. Namun lain halnya jika pedagang mensama ratakan harga gula, bahkan lebih parahnya dia tahu gula yang sudah rekondisi namun dibilang gula asli dan dijual dengan harga yang sama dengan gula asli. Hal inilah yang harus kita waspadai betul.

Nah sebelum kita bisa membedakan antara gula merah yang asli dan rekondisi, terlebih dahulu harus kita tahu testur, tampilan dan warna masing masing perbedaan jenis gula merah dan gula aren baru kita kita tahu membedakan antara gula merah asli dengan gula yang sudah dicampur dengan berbagai campuran, berikut diantaranya :

  1. Gula merah asli tesktur lebih halus dibandingkan gula merah masak. Gula rekondisi jika dipegang akan berbutir-butir dan kasar, walaupun gula aren juga berbutir dan kasar namun jika gula merah yang asli tekasturnya lebih lembut.
  2. Gula merah asli, rasa manisnya seperti rasa legit dan tidak membuat kita batuk, namun gula yang sudah dicampur pemanis buatan biasanya agak pahit dan manisnya berlebih.
  3. Gula merah asli, jika dipotong tidak ada semacam poros atau lubang-lubang, namun kalau gula rekondisi lubang-lubang bertebaran.
  4. Ciri gula merah asli, kalau di pukul gampang sekali hancur jika Gula merah rekondisi jika dikerik menggunakan sendok, akan terpencar seperti kerikil.
  5. Harga gula merah asli lebih mahal dibanding gula rekondisi, namun banyak pedagang tidak jujur menjualnya dengan ahrga sama.
  6. Gula aren yang dicampur dengan pemanis buatan cenderung berwarna gelap dan mengkilat, serta gula campuran ini teksturnya lebih keras, karena berbahan dari campuran gula tebu. sedangkan jika asli tidak ada campuran warnanya lebih terang, keras namun tidak membatu seperti jika dicampur gula tebu.
  7. Rasa gula asli tidak terlalu manis dan terdapat rasa gurih jika gula masak rasanya lebih dekat ke manis gula pasir dan bukan rasa gula kelapa atau aren .
  8. Gula merah asli berwarna lebih gelap dibanding gula kelapa tapi dari warna saja tidak cukup bisa membedakan gula ini, namun gula aren yang asli bisa dicium dari aroma khas wangi kelapa "bau nira manis", dan tekstur lebih kasar dibanding dengan gula masak. Yang tidak bisa dibohongi adalah rasa, gula merah asli lebih manis, lebih gurih dan lebih memiliki rasa lama di pangkal lidah.
Nah, jika masih ragu dengan gula yang Anda beli akan keasliannya anda juga bisa menelusuru asal usul distributornya. Distributor atau agen yang terpercaya akan memberitahu secara jujur mana gula asli aatu palsu. Atau anda juga bisa langsung berburu ke pengrajinnya jika lokasinya tidak jauh dengan lokasi rumah anda.

Mengetahui keaslian gula merah juga sangat penting untuk kualitas gula yang anda miliki apalagi jika kita konsumsi untuk kesehatan, untuk jamu dan campuran berbagai kuliner khas yang Anda sukai.

Demikian semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar