Awas service@paypal.com Email Palsu Jangan di Klik

Awas service@paypal.com Email Palsu Jangan di Klik

Baru baru ini saya mendapatkan sebuah email yang seolah olah mengatasnamakan layanan PayPal dengan memberitahukan kalau akun Paypal saya ditangguhkan (dibatasi sementara) karena ada aktifitas kartu kredit yang mencurigakan. Hampir saya masuk jebakan karena sontak langsung saya klik untuk login. Tetapi syukur Alhamdulillah langsung saya menyadari dan tidak jadi klik karena link diarahkan kesitus yang mencurigakan. Link yang mencurigakan itu bukan mengarah ke paypal,com tetapi ke sebuah laman mysp dot ac yang ternyata berisi halaman kosong namun langsung di direct menuju halaman pemendek tautan recehan yang rentan dengan tombol download yang menjebak.

Awas service@paypal.com Email Palsu Jangan di Klik

Atas dasar itulah kemudian saya mencari beberapa referensi dari berbagai situs dan ternyata service@paypal.com adalah email palsu (fake email) yang digunakan untuk aktifitas jahat sperti phising, atau penipuan lainnya. Email ini sebenarnya adalah <4kkv9kdcrnqdhu7-l5nn7bocezuhhd9s@vzyp7vrj-62195367.com yang disamarkan alias palsu.

Awas service@paypal.com Email Palsu Jangan di Klik


Email phishing dan situs web yang menipu meminta Anda untuk mengeklik tautan, menghubungi mereka, atau membuka lampiran untuk memperbarui informasi rekening, mengonfirmasi sandi atau pembelian yang tidak Anda lakukan. Saat klik tautan, ternyata situs tersebut tidak aman, memungkinkan penipu mengumpulkan detail login dan/atau informasi keuangan.

Paypal sendiri melalui lamannya selalu memperingatkan bahwa pemalsuan phishing hampir selalu meniru perusahaan terkenal seperti PayPal dan menyertakan logo perusahaan, template email yang terlihat resmi, atau skrip panggilan telepon hingga komunikasi perusahaan yang asli. Untuk itu ada beberapa hal hal yang harus diperhatikan agar Anda bisa mengetahui perbedaan email palsu dan asli dari PayPal :

Berikut adalah tanda tanda email tidak resmi (fake email) yang dirilis PayPal :
  • Apakah salamnya umum atau tidak ada? Email dari paypal selalu menyertakan nama lengkap Anda persis seperti yang terdapat di rekening Anda.
  • Apakah ada lampiran?
  • Apakah tautannya terlihat asli? Hover tautan sebelum mengeklik untuk mengeceknya.
  • Apakah desain atau logonya sudah lama?
  • Apakah email tersebut meminta Anda segera bertindak?
  • Apakah ada kesalahan ejaan atau tata bahasa?

Jika jawaban Anda adalah “ya” untuk semua hal di atas, email tersebut mungkin tidak resmi.

Untuk situs web palsu bisa anda kenali dari ciri ciri berikut ini :
  • Apakah huruf S (yang berarti “secure”) hilang dari “https” di awal alamat web?
  • Apakah tanda gembok di bilah alamat browser Anda hilang?
  • Apakah desain atau logonya sudah lama?
  • Apakah ada kesalahan ejaan atau tata bahasa?
  • Apakah alamat situs web terlihat ganjil?

Jika jawaban Anda adalah “ya” pada semua pertanyaan di atas, Anda mungkin mengunjungi situs web yang menipu.

Bagi sobat blogger yang mengalami kejadian yang sama dengan saya atau mirip isinya menginginkan atau mencantumkan identitas kita dan atau password apapun jangan sampai dilayani. Paypal hanya akan memberitahu informasinya dari paypal.com saja.


Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------