-->

Selamat Datang di Guru Ngeblog

My Photo

.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan ” Muttafaqun 'Alaih

About Me

Perkenalkan, saya Muhammad Subkhan, pendidik yang juga menekuni tulis menulis di dunia blogging, berumur hampir 50 tahun, tidak seperti blogger pada umumnya yang didominasi anak muda.

Mencintai blogging berawal dari keinginan membuat materi belajar online melalui blog kepada siswa saya di tahun 2015. Sempat mengelola beberapa blog namun akibat penurunan pengunjung saat ini memutuskan untuk hanya mengupdate artikel di dua blog saja termasuk blog ini.

Kesibukan mengajar dan tuntutan artikel lebih original dan berkualitas butuh waktu lebih lama menjadi bagian alasannya. Sejak badai algoritma Google diawal 2020 dan ketatnya persaingan akibat kata kunci blog personal banyak yang sudah direbut oleh situs besar, saat ini menjadi hikmah bagi saya bahwa ngeblog lebih kepada menyalurkan hobi menulis semata.

.

--------------------ooOoo----------------------

.

Tips Menulis Konten Original Versi Saya

Tips Menulis Konten Original Versi Saya

Konten original atau artikel asli hasil tulis sendiri sebenarnya merupakan poin terpenting bagi seorang blogger agar tetap dicintai oleh Google. Keuntungan menulis artikel dengan ide sendiri sebenarnya sangat banyak selain memang untuk menjaga kualitas konten juga untuk mendapatkan perhatian pembaca yang sering diusuguhkan dengan ide yang itu itu saja disamping terus untuk mengasah kemampuan kita dalam membikin artikel yang lebih baik.

Menurut google, keaslian atau keunikan isi artikel bisa menjadi kekuatan konten untuk berkompetisi dengan artikel yang tidak unik di mesin pencari walaupun dari segi penggalian ide jauh lebih dangkal dan tampak biasa biasa saja. Itulah mengapa artikel dari hasil rewrite maupun spin masih kalah dengan artikel dari karangan sendiri. Mungkin dengan spin maupun rewrite mesin pencari bisa dikelabuhi dengan artikel berstatus unik namun dari segi pembaca tidak. Pembaca akan lebih tahu mana informasi yang fresh / baru dan mana info yang didapat dari ide sebelumnya.

Tips Menulis Konten Original Versi Saya

Menulis konten original bergantung sepenuhnya pada ide. Ide bisa didapat dari mengetahui sesuatu terlebih dahulu tentang apa yang akan ditulis bahkan yang lebih baik lagi adalah mengalami. Namun jangan khawatir,  tidak perlu mengetahui banyak hal dulu jika ingin membuat konten orisinil. Cukup hal hal yang ada disekeliling kita dulu  mulai dari saat kita bangun tidur sampai kita beranjak tidur adalah pengalaman berharga yang bisa kita tuangkan dalam kata kata. Saya memulai mencobanya diblog ini tentang apa yang saya ketahui, saya rasakan dan alami dan hasilnya bisa Anda baca.


Selanjutnya ide bisa Anda dapatkan dari hobby. Dari dulu saya mempunyai hobby menulis, sehingga banyak ide yang akan saya tuangkan dalam blog ini juga berhubungan dengan menulis. Kegemaran Anda adalah modal besar bagi ratusan bahkan ribuan ide ide segar yang bisa menjadi santapn bacaan baru bagi pembaca setia blog. Selanjutnya yang ketigab terpenting adalah ide berasal profesi atau pekerjaan. Saya adalah seorang pendidik. Banyak sekali ide ide di dunia pendidikan yang juga nantinya akan saya tuangkan di blog. Nah bagaimana dengan profesi Anda ? .

Semakin banyak mobilitas kita saat aktifitas sehari hari semakin banyak ide yang bisa ditulis. Jika terbersit ide saat melihat atau menjumpai sesuatu saat perjalanan, jangan ditunggu tunggu lagi langsung dibuat judulnya.Saya biasanya langsung menulisnya judul di blogger versi mobile dan sampai dirumah baru dikembangkan kerangka dan isianya. Dengan cara ini rata rata saya mendapatkan 2-3 judul setiap hari.

Setelah mendapatkan ide jangan lupa untuk di tes seberapa banyak persaingan kata kunci yang sama dengan ide yang kita dapatkan. Semakin besar blog lain yang membuat judul yang sama dengan ide kita akan semakin sulit mendapatkan rangking bagus di pencarian. Demikian juga jika tidak ada persaingan kata kunci juga tidak akan ada pengunjung yang membaca artikel kita. Yang bagus adalah mencari persaingan kata kunci yang rendah agar disatu sisi blog mendapatkan trafik dari pencarian disisi lain posisi rangking juga lebih baik. Saya menggunakan yang ubbersuggest yang gratisan saja kemudian memasang extension SEOquake dan Mozbar di chrome dan Serp Robot sebagai tool untuk checking posisi. Cara ini seperti yang disarankan oleh Mas Aqil secara umum gambarannya seperti ini :

1. Ketik di Google pencarian “keyword target site:blogspot.com” contoh “menulis artikel site:blogspot.com”
2. Cari minimal 3 domain yang membahas “menulis artikel” yang DA PA nya kecil, dan index artikelnya banyak tujuannya biar kita bisa mendapatkan ide lain sebanyak banyaknya. Kalo bisa sih yang bukan blog gado gado, khusus niche target saja. Lebih bagus blog yang sudah lama tidak di urus agar mudah merangkingnya.
3. Simpan nama domain tersebut. Kemudian masukan ke ubersuggest atau ahref.
4. Klik menu “keywords” di bagian kanan ubersuggest, fungsi tool ini adalah untuk melihat keyword apa saja yang di rangking blogspot ini.
5. Ambil keyword yang di rangking oleh domain ini 10 besar, kalo bisa sih yang ada volume pencarianya, gak masalah jika Cuma 20 pencarian per bulan. Masukan ke excel . Lalu masukan domain blogspot low DA PA lain yang sesuai niche, trus catat keyword-keyword yang dirangking dengan bagus.
6. Pilih 1 keyword yang ingin anda buat artikelnya. Contoh keyword “menulis artikel”
7. Cek persaingan keyword tersebut di pencarian, kalau di pencarian domainnya DA/PAnya rendah atau serp bisa menjawab user intent dengan tepat, kalo kurang tepat berarti mudah atau konten di serp berkualitas rendah , kalo konten nya rendah berarti mudah
- apakah ada forum atau facebook , kalo ada forum, quora, facebook, berarti mudah di rank.
8. Buat saja artikelnya, kalo bisa lebih baik, lebih mendalam, dan lebih panjang dari pada milik kompetitor.
9. Setelah post artikel langsung cek posisi ranking menggunakan serprobot, kalo belum merangking berarti butuh waktu, tunggu saja 2-3 minggu atau 2 bulan, karena google butuh waktu untuk melakukan user testing.

Tips berikutnya adalah bagaimana cara menuangkan ide menjadi tulisan yang panjang. Perlu diketahui semakin panjang artikel, semakin mudah menerobos keposisi teratas mesin pencari. Langkah pertama adalah membuat poin, garis besar , kerangka apapun namanya. Buat lebih spesifik dari judulnya. Saya ambil contoh sederhana, jika Anda ingin menulis seperti saya dengan Judul Pengalaman Neblog, tentu tidak melulu tentang tips ngeblog dan suka dukanya saja namun buat kerangkanya berurutan lebih baik namun jika tidak mampu boleh darimana saja seperti :
  • Bagaimana pengalaman Anda membuat blog sampai siap diisi Artikel
  • Bagaimana menentukan niche blog
  • Bagaimana pengalaman Anda menulis konten berkualitas
  • Bagaimana pengalaman Anda mendatangkan pengunjung blog
  • Bagaimana membuat blog tidak menyalahi aturan Google dan lain lain.

Setelah itu masing masing kerangka dijabarkan dalam kalimat demi kalimat. Agar tidak berbenturan ide ide di kerangka pastikan kerangka yang dibuat tidak ada yang sama atau mirip.

Nah, sekarang poin terpenting yaitu mengeksekusi kerangka supaya menjadi kalimat yang panjang dan paragraf yang banyak. Caranya adalah dengan membuat sub kerangka - sub kerangka  lagi yang berisi ide ide lebih detil dan lebih spesifik lagi. Namun bagi yang sudah terbiasa membuat artikel panjang bisa secara otomatis menjabarkannya dalam kalimat tanpa perlu membuat pokok kalimatnya. jangan lupa untuk menyelipkan 2-3 kata kunci di dalam satu artikel tersebut bisanya saya letakkan di awal artikel, tengah artikeldan di akhir artikel.

Advertisement

Artikel Menarik Lainnya :

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar