Skip to main content

follow us


Hari gini masih copas artikel ? jawabnya cukup satu kata "KUNO". Mengapa demikian ?, dari update kebijakan kebijakan google mengenai konten pada untuk penayang iklan google Adsense, saya jadi menyimpulkan bahwa membuat artikel original hasil tulis sendiri dengan kualitas isi yang sederhana jauh lebih disukai google daripada konten yang panjang lebar dengan pembahasan yang mendalam namun berasal dari copy paste dari blog lain.

Sobat blogger boleh tidak setuju dengan pendapat saya ini, namun dari beberapa fenomena belakangan ini mulai dari banned massal akun adsense youtube akhir tahun lalu, badai banned akun Adsense blog dan tuyul Admob Juli - Agustus tahun ini dan kebijakan baru dalam mendapatkan akun Adsense dengan double verifikasi (Pin dan identitas) dan belakangan diawal oktober muncul fitur baru  add site dengan review , Google berkomitmen serius untuk memberantas cara curang publisher untuk mengakali algoritma google termasuk artikel copas.

Pertanyaannya, masihkah kita tetap seperti dulu atau mulai move on mengikuti peraturan dan kebijakan Google ?. kalau pertanyaan ini tertuju pada saya, saya akan pilih yang kedua. Mulai sadar bahwa jika ingin tetap menjadi mitra raksasa teknologi ini, harus patuh dan taat dengan apa yang harus dibuat dan apa yang harus tidak kita buat.

Langkah pertama mulai dengan memperbaiki konten terutama konten yang dulu biasa didapat dari blog lain saat ini cukup dengan membuat sendiri. Menurut saya setidaknya ada 8 manfaat luar biasa atau keuntungan positif yang didapat saat kita menulis konten dari hasil karya sendiri.

1. Mudah disetujui Google Adsense

Percaya atau tidak saya sudah membuktikan sendiri hanya dengan waktu sebulan dan 25 artikel original 500 kata dan jumlah pengunjung yang pas pasan, Google Adsense sudah mengapprove blog untuk menjadi mitra iklan Adsense. Jika banyak trik yang bisa digunakan untuk mengatasi penolakan permohonan adsense karena konten tidak memadai, cukup buat artikel original saja. Selain itu perhatikan ketentuan topik artikel yang ditulis, apa yang boleh dan yang tidak . Isi konten yang informatif  dan tidak mengandung hoax juga menjadi nilai tambah dalam mempercepat blog disetujui Adsense. Seperti pada tulisan saya sebelumnya saya memilih topik tentang pengalaman pribadi, opini pribadi dan berapa tips dari hasil buatan sendiri. Gambar juga harus bebas hak cipta agar tidak diklaim oleh pemiliknya.

2. Posisi Ranking Google lebih bagus

Salah satu penyebab ranking artikel berada diposisi bontot pada mesin pencarian Google adalah karena duplikat konten. Jika konten dari situs lain diambil tanpa filter dan kita masukkan diartikel blog kita maka oleh google akan ditengarai sebagai artikel copas. Membuat artikel sendiri tanpa copas dari situs lain disebut google bisa meningkatkan kualitas konten.

Selain itu juga memang banyak faktor lain yang menjadi penyebab ranking artikel lebih baik seperti pemakaian template fast loading, jumlah kata dalam artikel yang semakin banyak, DA/PA yang semakin bagus, backlink yang memadai, pemilihan kata kunci yang low competition dan lain lain.

3. Ranking Alexa Cepat meningkat

Saya juga telah membuktikannya sendiri, saat artikel ini ditulis sebagai artikel ke-8 di blog petuah deli dengan umur domain 2 minggu, ranking alexa global sudah naik 11 juta, jika setiap hari diisi 1 artikel original rata rata bisa naik 1 juta. Namun biasanya akan semakin berkurang kenaikan rankingnya jika sudah mencapai 5 juta. Mungkin penyebabnya adalah persaingan blog yang semakin ketat. Bayangkan jika Anda mampu memposting konten original 1 hari satu artikel saja, saya yakin lonjakan ranking alexa akan semakin bagus.
Perlu diketahui bahwa ranking  alexa saat ini menjadi salah satu patokan yang bisa dipercaya akan kualitas blog selain Domain authority (DA) dan Page Authority (PA) dari MOZ setelah PageRank milik Google sudah tidak berfungsi lagi.

4. Admin / pemilik blog semakin dikenal

Anda tentu sudah tahu siapa Marixon Manurung pemilik Maxmanroe.com, Sugeng Riadi pemilik Sugeng.id, dan banyak blogger sukses tanah air lainnya. Baca dan amati benar benar artikel hasil buatannya. Tidak ada satupun artikel hasil copas di blognya. Bahkan hasil tulisannya bisa menjadi referensi berbagai tulisan atau artikel blogger blogger lainnya. Jika hal ini fidak ia lakukan sebelumnya, maka mereka tidak akan terkenal seperti saat ini.

5. Penghasilan blog konsisten, stabil

Saya jadi teringat temen teman yang berkecimpung dengan dunia black hat blogger beberapa tahun lalu yang memanipulasi blognya untuk meningkatkan penghasilan google Adsense dengan teknik hitam. Awalnya saya sangat terpukau setiap penghasilan yang didapat, sangat jauh dari penghasilan seorang blogger white hat. Setiap kali banned adsense, menggunakan akun baru untuk trik hitamnnya demikian seterusnya. Dengan peraturan baru Adsense dan tidak memberi ruang gerak black hat blogger, saat ini seribu kali berfikir untuk menggunakan teknik hitam lagi. Bayangkan jika dari dulu teknik white hat yang digunakan, stabilitas penghasilan akan didapatkan dan tidak memulai dari nol lagi.

6. Kepercayaan Pengunjung blog meningkat (UX)

Informasi segar yang diadapat dari blog dengan konten original bisa menjadi referensi tambahan pembaca blog. Jika artikel kaya informasi pasti akan dibaca pengunjung blog sampai selesai, lain halnya dengan informasi yang sama yang didapatkan dari blog lain. Dengan alasan sudah pernah membacanya, alhasil cukup dengan beberapa detik dibaca dan ditinggalkan begitu saja. Original content akan membawa dampak positif terhadap User Experience (UX) . Patokan ini pula yang saat ini digunakan oleh algoritma google untuk mengukur kredibilitas blog dari segi kontennya. Indikator nyata yang bisa mengukur seberapa bagus UX dalam blog kita adalah dengan memantau bounce rate di Google Analytics, semakin rendah persennya maka UX akan semakin bagus, demikian juga sebaliknya.

Selain faktor artikel, template juga bisa mempengaruhi bounce rate. Agar semakin bagus bounce rate gunakan template fast loading, Tambahkan Related Artikel dan navigasi yang tidak membingungkan pengunjung blog.

7. Jarang blacklist Domain dari tayang Adsense

 Dipoin ke tujuh kelebihan konten original ini berpengaruh kepada domain. Kasus yang pernah saya alami sampai saya berkesimpulan bahwa domain blog saya tidak lagi bisa tayang iklan Adsense adalah karena konten. Bahkan lebih parahnya lagi akun Adsense sebelumnya juga terkena badai banned karena bukan pelanggaran pada akunnya namun pada blognya, sehingga hal ini saya ketahui ketika ganti akun baru dan iklan tidak tayang sama sekali walaupun sudah saya perbaiki termasuk mengganti templatenya. Dengan artikel original dengan optimasi off page dan onpage sewajarnya, maka tidak ada blacklist domain dari tayang Adsense

8. Kepuasan Penulis

Poin terakhir adalah kepuasan penulis konten. Terlepas dari kualitas yang didapat dengan menulis sendiri isi konten merupakan langkah maju untuk mengukur kemampuan tulisan. Diawal menulis mungkin masih bingung apa yang akan saya tulis, bagimana mengorganisasi tulisan agar enak dibaca dan bagaimana mengakomodasi ide menjadi tulisan yang bagus. Namun percayalah seiring dengan membiasakan diri menulis setiap saat, Anda pasti terbiasa dan mengalir begitu saja dan secara tak sadar karya tulisan Anda bisa sampai jutaan orang membacanya. Kepuasan inilah yang tidak bisa dinilai dari materi karena tidak semua orang bisa melakukan hal yang sama seperti Anda.

Untuk mengetahui apakah artikel dalam blog original atau tidak caranya sangat mudah. Cukup setiap posting artikel, masukkan url artikel ke situs Copyscape dan lihat hasilnya apakah ada situs lain yang menduplikasi atau "no found" setelah melakukan searching. Jika lolos Copyscape maka selamat artikel Anda sudah Original.

Bantu Blogger Berkreasi : Cukup dengan baca artikel, ambil info manfaatnya dan jangan diduplikasi dengan mencopy paste artikel ke blog lain. Jika sobat menginginkan artikel dari saya, silahkan menghubungi melalui contact.
Buka Komentar