Skip to main content

follow us


Pernahkah anda merasakan cuaca siang yang sangat menyengat dan tiba tiba muncul mendung dan turun hujan deras dan setelah itu kembali cuaca panas ? Saya yakin pasti pernah kita alami di negara tropis ini, apalagi saat musim pancaroba. Bagi anda yang beraktifitas diluar rumah hal demikian akan sangat mempengaruhi kegiatan kita sehari hari. Kekebalan tubuh akan diuji dengan perbedaan ekstrem cuaca yang secara tiba tiba berubah drastis. Disisi lain kadang kita menyepelekan cuaca ini demi menyelesaiakn tugas dan pekerjaan yang seakan terus terburu oleh waktu untuk menyelesaikannya, padahal bisa jadi hal ini menjadi pemicu terjadinya penyakit akibat perubahan cuaca seperti demam, flu, pilek, sakit kepala, dan batuk.

Nah, tips yang dirilis oleh lennox dot com ini bisa menjadi cara untuk mengatasi agar badan tetap fit ditengah perubahan cuaca yang ekstreem :

1. Banyak Minum


Cara paling disarankan adalah minum jus jeruk segar sebelum mengawali kegiatan dipagi hari dan akan lebih baik anda tambahkan madu untuk menjaga kesehatan tenggorokan Anda. Kemudian jangan lupa untuk selalu membawa minuman air putih saat beraktifitas seharian selain untuk menjaga dehidrasi saat cuaca panas, meminum air putih 3 liter setiap hari juga akan melindungi tubuh dari serangan penyakit, membuang racun racun dalam tubuh melalui urine.

2. Jaga kualitas udara dalam rumah.


Seringkali perubahan cuaca dapat memperburuk kualitas udara karena debu dan jamur yang beterbangan di udara. Jika hal ini terjadi maka keadaan udara didalam rumah jauh lebih buruk dari kualitas udara diluar rumah. Oleh karena itu sesering mungkin untuk membersihkan udara dari sumber polusi seperti karpet, lengkapi ruangan dengan ventilasi yang bagus, penyejuk ruangan dan penyaring udara (air purifier).

3. Olahraga


Karena pekerjaan yang menumpuk kadang kita kurang menggerakkan badan. . Cobalah untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Jika malas keluar rumah, Anda bisa ngegym di dalam rumahKetika terlalu dingin untuk keluar, cobalah lakukan didalam rumah seperti yoga ringan atau angkat beban di dalam ruangan.

4. Istirahat yang cukup


Tubuh punya keterbatasan untuk beraktifitas setiap hari. Setidaknya gunakan tujuh hingga delapan jam sehari untuk tidur sampai lelap. Manfaat tidur akan mengembalikan kesegaran sistem didalam tubuh menawarkan tubuh dan memperbaiki, memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan menghilangkan racun.

5. Kenakan pakaian berlapis saat cuaca dingin dan pakaian menyerap keringat saat udara panas.


Banyak orang berisiko terjangkit sakit saat perubahan cuaca. Itu karena pengaruh luar seperti kondisi cuaca berubah secara tiba-tiba, mekanisme pengaturan tubuh dapat tertangkap tidak disadari, memicu perubahan suhu yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Gunakan pakaian berlapis  selama udara dingin dan saat panah usahakan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kebugaran walaupun Anda terus beraktifitas etiap hari.


Bantu Blogger Berkreasi : Cukup dengan baca artikel, ambil info manfaatnya dan jangan diduplikasi dengan mencopy paste artikel ke blog lain. Jika sobat menginginkan artikel dari saya, silahkan menghubungi melalui contact.
Buka Komentar