9 Type Karakter Anak Ini Mana Type Karakter Yang Anda Bentuk ?

9 Type Karakter Anak Ini Mana Type Karakter Yang Anda Bentuk ?

Kepribadian atau karakter atau pola aksi atau juga bisa di sebut sifat khas seseorang dalam pembentukannya dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya faktor bawaan, pengaruh keluarga dan lingkungannya, Karakter seseorang sangat lekat dengan pengaruh orang sekitar dan lingkungannya terutama orang tua, pengasuh, keluarga dan saudara saudaranya. Anak anak dibesarkan melalui pengaruh orang tua, orang terdekatnya, oleh karena itu bagaimana sifat orang terdekatnya itulah yang akan lekat dengan sifat anak.

9 sifat karakter ini menggambarkan berbagai jenis karakter pada anak yang dibentuk oleh lingkungannya terutama orang tua :

  1. Penasihat : tipe ini biasanya akan menekankan pada hal hal rinci, analisis dan moral.
  2. Penolong : mendidik dengan cara mengutamakan kebutuhan anak, dan tanpa mempersoalkan akibat dari tindakan anak.
  3. Pengatur : mengutamakan kerjasama dengan  anak dan menciptakan tugas tugas yang akan membantu keadan menjadi lebih baik.
  4. Pemimpi : berhubungan secara emosional dengan anak dan mencari solusi kreatif bersama sama
  5. Pengamat :  mengutamakan objektifitas dan perspektif serta mencari sudut pandang yang menyeluruh.
  6. Pencemas : selalu bertanya tanya secara mendalam mengenai sesuatu hal yang mengkhawatirkan. selau mengaitkan dengan hal hal buruk yang akan terjadi, dan setelah benar benar yakin baru memahami situasi.
  7. Penghibur : Mendidik anak dalam suasana yang lebih santai.
  8. Pelindung : Bersikap melindungi anak secara berlebihan dan cenderung untuk mengambil alih tugas dan tanggungjawab.
  9. Pendamai : selalu menghindar dari konflik.
9 Type Karakter Anak Ini Mana Type Karakter Yang Anda Bentuk ?
Apapun gaya orang tua dalam mendidik anak, semua dapat diarahkan menjadi hal yang positif dan berguna bagi tumbuh kembang anak menjadi manusia unggul dan tangguh. Kepribadian orang tua atau pendidik sebagai pengamat, yang menggunakan sudut pandang secara luas dan objektif akan membantu anak memiliki pola pikir luas dan objektif. Asalkan tidak memeksa anak untuk melihat terlalu luas diluar jangkauannya atau memaksa untuk objektif penuh. Begitupun dengan orang tua type pencemas, dapat membawa anak berdiskusi, bertanya jawab dan mengajak berfikir dalam menghadapi masalah atau tantangan. Demikian pula type orang tua atai pendidik lainnya, dapat digunakan menjadi sarana yang baik bagi tumbuh kembang anak.
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------