Tempat Wisata Dekat Kota Berastagi Karo Paling Diminati Wisatawan

Tempat Wisata Dekat Kota Berastagi Karo Paling Diminati Wisatawan

Saat liburan akhir pekan atau saat hari besar, kawasan Berastagi menjadi magnet bagi para wisatawan lokal maupun asing, layaknya Puncak-nya Jakarta atau Malang-nya  Surabaya, Berastagi menjadi destinasi wisata masyarakat Medan dan sekitarnya karena letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Tempat wisata Kota Berastagi diminati wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Berbagai tempat wisata  alam, budaya dan modern semua ada disini bahkan sesungguhnya setiap jengkal view di Berastagi merupakan daerah tempat wisata alam yang sangat memukau layaknya negeri diatas awan  dataran tinggi, hawa sejuk dan selalu diselimuti kabut. Gunung Sinabung yang beberapa bulan terakhir meletus dan menyemburkan awan panas juga menjadi pemandangan para wisatawan, bahkan ada beberapa wisatawan khusus datang untuk menyaksikan letusan Gunung Sinabung.  Namun jika Anda berkunjung ke Berastagi 10 tempat wisata ini dengan menginap atau tinggal di homestay jangan sampai dilupakan karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota wisata ini.

1. Mikie Funland atau Mikie Holiday



Tempat rekreasi dan wahana permainan untuk keluarga, saat ini mikie Funland  memiliki 35 jenis atraksi yang berbeda yang dapat dimainkan sepanjang hari, hanya menggunakan satu tiket. Selain itu Mikie juga menyediakan penginapan yang ingin menghabiskan malam di sini.

2. Gundaling Hill

10 Tempat Wisata Dekat Kota Berastagi Karo Paling Diminati Wisatawan

Gundaling adalah tempat atau lokasi wisata bukit dengan letak paling tinggi di kota Berastagi. Anda bisa melihat hamparan kota Berastagi dari atas bukit ini. Menurut penuturan masyarakat lokal nama Gundaling berasal dari Goodbye my darling (Selamat tinggal sayang), dimana dulu ada seorang turis yang ingin berpisah dengan kekasihnya diatas bukit ini.

3. Replika Pagoda Shwedagon Dan Taman Alam Lumbini



Sebuah pagoda megah berwarna emas, tempat ibadah umat Buddha, mirip dengan pagoda emas replika dari pagoda Shwedagon yang terdapat di Yangon, Myanmar. Masuk tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis. Kawasan seluas 3 hektar ini selain terdapar pagoda juga ditanami berbagai bunga dan pepohonan yang ditata apik. Tempat ini bisa menjadi wisata Kota Berastagi yang diminati wisatawan manca negara khisisnya warga tionghoa. 

4. Taman Mejuah-juah



Taman Mejuah-juah adalah taman kota dimana selain tempat rekreasi juga sebagai tempat pesta mejuah-juah termasuk pesta bunga dan buah yang diadakan setiap tahunnya.

5. Air Terjun Sikulikap



Terletak dikawasan panatapan sebuah tempat tebing sebelum menuju kota, ada sebuah air terjun eksotis bernama Air Terjun Sikulikap. Air terjun ini mempunyai ketinggian 30 meter dengan air yang jernih dan medan yang tidak terlalu ekstreem, bisa Anda singgahi saat berwisata di kota Berastagi.

6. Desa Budaya Lingga



Desa budaya Lingga adalah kawasan cagar budaya dimana terdapat rumah tradisional Karo berumur 250 tahun yang dikenal dengan nama Rumah Siwaluh Jabu. Rumah ini masih dihuni oleh 8 keluarga yang hidup damai. Jaraknya hanya 15 km dari pusat Kota Berastagi.

7. Bukit Kubu



Bukut Kubu adalah taman dengan hamparan padang rumput yang luas dan asri. Tempat ini sangat nyaman untuk disinggahi,Anda  bisa berfoto foto dan naik kuda serta bermain layang layang. Banyak masyarakat Medan yang berwisata disini bersama keluarga dengan membawa bekal makanan membentang tikar dan menyantap makanan bersama sama kelauarga hanya dengan biaya setiap mobil yang masuk Rp 150.000,-. Posisinya persis di jalan Medan - Berastagi.

8. Danau Lau kawar



Tempat wisata Kota Berastagi yang diminati wisatawan berikutnya adalah Danau lau Kawar. Danau ini  berada di kaki gunung Sinabung letaknya memang agak jauh dari Kota Berastagi yaitu sekitar 27 km. Karena akses jalan yang dilalui juga bagus maka tempat ini bisa Anda tempuh hanya 30 menit saja. Selain bisa menikmati hamparan danau juga terdapat camping ground yang bisa digunakan berpiknik dan mendirikan tenda layaknya pramuka he..he..he..

9. Kebun Raya Tongkoh


Desa Tongkoh, Berastagi  merupakan surganya para penikmat tanaman holtikultura. Disini banyak sekali penangkar tanaman hias yang siap kita bawa pulang sebagai oleh -oleh, dikanan kiri juga banyak kebun milik masyarakat yang bisa petik sendiri ditempat. Ada kebun Strawberry, Markisa Khas Berastagi dan Jeruk Berastagi yang langsung bisa kita petik di Kebun-kebun miliki masyarakat yang ada disekitar desa Tongkoh. Dengan latar belakang gunung sinabung, Berastagi semakin terlihat indah dengan warna-warni tanaman hias yang berjejer di Desa Tongkoh. Disini pula terdapat taman hutan raya Bukit Barisan yang terletak tepat disamping gapura selamat datang dikota Berastagi.

10. Pasar Buah



Bagi Anda yang ingin pulang mencari oleh oleh buah buahan khas Berastagi Markisa, dan buah lainnya di pasar buah ini kamu bisa belanja buah buahan. Selain buah juga dijual aneka sayur dan bunga hasil perkebunan di daerah Berastagi dan sekitarnya.

11. Museum Pusaka karo 



Bagi Anda yang ingin mengetahui budaya karo bisa mengunjungi Museum pusaka Karo. Museum Pusaka Karo berdiri sejak 2010 dengan memanfaatkan bangunan gereja katolik yang telah lama tak digunakan. Keberadaan museum ini tak lepas dari inisiatif Oosten Leonardus Edigius, seorang misionaris Belanda yang lebih dikenal dengan nama Pastor Leo Joosten Ginting. Pastor yang sudah menjadi WNI sejak tahun 1994 ini memang memiliki ketertarikan terhadap kebudayaan dan sejarah. Beberapa buku sejarah pernah ia tulis. Pada satu titik, timbul kegelisahan dalam diri sang Pastor melihat masyarakat saat ini yang mulai meninggalkan adat dan budayanya serta melupakan sejarah mereka sendiri. Ia pun kemudian menyosialisasikan kepada masyarakat Karo bahwa ia akan membuat Museum Pusaka Karo. Tanpa disangka, antusiasme masyarakat cukup tinggi, mereka dengan suka rela menyumbangkan benda-benda bersejarah yang mereka miliki untuk dijadikan koleksi museum.

Demikian tempat wisata di dekat Kota berastagi yang wajib Anda kunjungi .
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------