Tempat Wisata Alam  Air Terjun Air Panas Danau Di Sekitar Dekat Kota Semarang

Tempat Wisata Alam Air Terjun Air Panas Danau Di Sekitar Dekat Kota Semarang

Semarang, ibukota provinsi Jawa Tengah mempunyai ketinggian wilayah berkisar pada 500 - 2000m diatas permukaan laut (dpl), dengan ketinggian terendah terletak di desa Candirejo Kecamatan Pringapus dan tertinggi di desa Batur Kecamatan Getasan.  Letak geografis Kabupaten Semarang dikelilingi oleh pegunungan dan sungai , sehingga wisata alam , pemandian alam, air terjun dan berbagai wisata alam lainnya sangat beragam. Berikut adalah berbagai wisata alam, pemandian, air terjun  yang bisa dijangkau dari Kota Semarang :

1. Umbul Sidomukti

Kawasan wisata umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang, berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kawasan wisata ini dengan didukung fasiltas & Servis: Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room.
Ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan. Selain itu ditambah pula dengan beberapa sarana olahraga menantang keberanian di sisi kolam. Terdapat lintasan flying fox dengan dua pilihan track, marine bridge di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam, dan ATV, kolam renang alami dan jalur trekking. Taman renang umbul alam Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, diapit jurang dikedua sisinya.
Harga tiket masuk HTM untuk hari biasa 8.000 rupiah per orang dan 10.000 rupiah pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur. Untuk para pengunjung yang ingin menikmati wahana permainan lainnya, maka dikenakan tiket per masing-masing wahana yang ingin dimainkan.

2. Danau  Rawa Pening

Danau rawa pening tersebut menempati 4 kecamatan, yaitu: Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru yang berada di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.Rawa ini digemari sebagai tempat memancing, sarana olahraga air, dan menyegarkan pikiran bahkan berburu foto.

3. danau Bukit Semarang Baru

Lakers BSB Semarang atau Lakers BSB Semarang berada di dalam sebuah kawasan perumahan. Lokasi wisata danau Bukit Semarang Baru berada dijalan Semarang-Boja, Ngaliyan. Karena ini adalah sebuah fasilitas komplek perumahan, tidak ada tiket masuk untuk menuju ke BSB Semarang ini.
Untuk menuju Lakers BSB, Kamu harus masuk melalui gerbang perumahan melewati pos satpam. Kira-kira sekitar 100 meter dari situ Kamu akan sampai ke lokasi. Kondisi lingkungan danau tampak asri dengan banyak pohon di kanan dan kiri sepanjang jalan.

Suasana di Lakers BSB sangat sejuk dan segar pada pagi hari. Kondisi ini sangat cocok untuk sekedar jalan-jalan santai atau jogging bersama keluarga maupun teman-teman. Bagi yang suka bersepeda, maka jangan lewatkan danau BSB ini untuk dijadikan salah satu spot rute bersepeda Kamu. Lokasi ini juga nyaman apabila dipakai untuk tempat berkumpul dan berdiskusi.

4. Air terjun Dan Pemandian air panas Nglimut Gonoharjo

Foto :eksapedia
Nglimut, Adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Gonoharjo kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Objek wisata ini memang sudah tak asing lagi rasanya bagi para travelers terutama yang berdomisili Kendal, Semarang dan sekitarnya. Pemandangannya yang indah dan suasananya yang sejuk membuat banyak para wisatawan yang ingin berkunjung kesini. Maka jangan heran jika kamu datang kesini di akhir pekan dan hari libur nasional objek wisata nglimut Gonoharjo ini akan dibanjiri para pengunjung.Untuk masalah biaya pengunjung hanya merogoh kocek sebesar Rp.8.000/ orang untuk tiket masuk ke air terjun, dan Rp.12.500/ orang jika ingin ke kolam renang dan pemandian air panas, serta plus parkir sepeda motor Rp.2.000/ unit.

5. Pemandian air panas Diwak

Foto : swarasemar
Pemandian air hangat yang terletak di desa diwak, kecamatan bergas kabupaten semarang ini lokasinya sangat mudah untuk di jangkau. Beradi di pertigaan tepat di depat pabrik Teh Botol Sosro, atau berada di belakang PT Sido Muncul Klepu Semarang.Buka selama 24 jam setiap harinya, pemandian air hangat menyajikan kenikmatan berendam di air hangat. Anda bebas menikmatinya dari pagi hari hingga tengah malam, tak ada jam tutup. Bahkan pada malam hari lebih rame ketimbang siangnya, apalagi pada malam-malam tertentu, seperti pada malam jum’at keliwon.Harga tiket dan parkir. Untuk harga tiket, anda di kenai biaya masuk sebesar 2000 rupiah dan biaya parkir juga sama untuk tiap kendaraan, 2000 rupiah.

6. Pemandian air panas Derekan

Pemandian Air Panas Derekan berlokasi di Desa Derekan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Pemandian DEREKAN satu lokasi dengan CANDI NGEMPON  Jaraknya 2 km dari Pemandian DIWAK. Di derekan tempatnya lebih luas , bahkan ada beberapa kolam. Salah satu kolam airnya jernih dan lainnya coklat . Kolam yang jernih airnya dipisah menjadi dua yaitu untuk laki-laki dan perempuan dan ada kolam yang istemewa karena kolam ini adalah situs peninggalan purbakala. Untuk bisa berendam dikolam cukup membayar hanya Rp 3.000 saja.

7. Airterjun Gondorio

air terjun itu terletak di Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.air terjun di Ngaliyan itu memiliki ketinggian 20 meter. Bukan itu saja, di dekat Curug Gondoriyo itu juga terdapat sebuah goa yang didalamnya ada beberapa patung yang memiliki bentuk menyerupai harimau.Akses jalan menuju air terjun yang kini menjadi objek wisata di Kota Semarang ini juga sudah mulai dibuat oleh warga, meskipun hanya jalan setapak. Untuk mencapai Curug Gondoriyo, pengunjung dapat memarkir kendaraan mereka di lokasi parkir yang ada di permukiman warga dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

8. Curug Lawe

Curug Lawe berlokasi di Desa Kalisidi, Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang. Letaknya berada di sebelah barat lereng Gunung Ungaran. Jaraknya dari Kota Semarang sekitar 12 Km dan 7 Km jika dari Alun-alun Ungaran. Letaknya juga tidak begitu jauh dari salah satu objek wisata air terjun di Semarang lainnya yaitu Curug Benowo. Untuk sampai bisa sampai ke lokasi air terjun, terutama Curug Lawe, dari tempat parkir kita masih harus berjalan kaki sekitar 1 jam dengan jalur yang cukup mudah namun tetap membuat lelah, terlebih lagi di beberapa bagian jalur juga rawan longsor, jadi kamu harus berhati-hati.

9. Curug Benowo

Curug Benowo terletak di Lereng Gunung Ungaran, Masih di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Curug dalam Bahasa Jawa berarti Air Terjun. Eksotisme Curug Benowo ini mungkin sulit unutk dicapai orang kebanyakan, karena tempatnya benar benar alami, jalannya setapak, naik turun, mungkin hanya direkomendasikan pada para pecinta alam atau mereka yang suka tantangan, tidak untuk kebanyakan orang apalagi rekreasi keluarga. Dibalik capeknya medan menuju lokasi akan terbayar oleh keindahan pesona alam curug Benowo ini dan Pemandangan Air Terjun yang Eksotis

10. Air terjun Semirang

Air Terjun Semirang atau yang biasa dikenal dengan Curug Semirang  memiliki lahan seluas 10 Ha yang terletak di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Untuk mencapai lokasi air terjun bagi para pengunjung yang datang dari arah Semarang maupun arah Solo bisa langsung masuk melalui jalan pertigaan depan Hotel Ungaran Cantik (hotel yang terletak di jalan raya Semarang – Solo) lalu jalan terus melalui STIKES Ngudi Waluyo dan lalu naik ke kanan untuk menuju arah gunung. Setelah melewati persawahan maka akan menemukan jalanan yang terjal dan mendaki yang berarti menandakan perjalan sudah sampai di kaki gunung Ungaran.

11. Air terjun Palebur Gongso

Curug Palebur Gongso merupakan wisata air terjun yang terletak di desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Tempat ini dibuka untuk umum sejak tahun 2013.
Curug yang terletak di kaki gunung Ungaran ini masih terjaga kealamiannya dengan air yang jernih dan juga suasana sekitarnya yang hijau memanjakan mata. Selain karena keindahannya, penduduk setempat menyebut air terjun Palebur Gongso konon menjadi tempat pertapaan Patih Kumbakarno dari kerajaan Alengka yang juga merupakan adik dari Rahwana atau Dasamuka.

12. Curug 7 Bidadari

Curug 7 Bidadari terletak di Desa Keseneng, Sumowono, Kab. Semarang Jawa Tengah. Letaknya tidak terlalu jauh dengan beberapa objek wisata alam lainnya di Semarang seperti Curug Lawe dan Watu Gunung Ungaran.Curug Tujuh Bidadari memiliki terjunan air tiga susun yang masing-masing terdapat kolam di bawahnya. Dari ketiga susunan air terjun tersebut membentuk tujuh buah air terjun. Jika dihitung-hitung, ketinggian air terjun Tujuh Bidadari memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter.
Untuk bisa sampai di lokasi, Anda bisa berkendara dari Kota Semarang atau bisa juga dari Kendal. Jika Anda dari Semarang, Anda bisa berkendara melalui jalur Semarang menuju Solo. Teruslah berkendara hingga bertemu dengan Pom Lemah Abang sebagai patokan. Setelah itu Anda teruskan perjalanan dengan mengambil jalan ke arah kanan menuju kawasan wisata Bandungan.

13. Grojogan Klenting Kuning Sumowono

Terletak di Desa Kemawi Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang, Curug / Grojogan / Air Terjun Klenting Kuning adalah satu tempat wisata alam yang berupa air terjun dengan dinding tebing berwarna kuning dan air yang jernih.Curug Klenting Kuning ini dengan tekstur tebing bebatuan dengan warna kekuningan, nampaknya sumber air yang mengalir memiliki kandungan belerang yang tinggi. Di area ini juga terdapat 3 lagi air terjun selain Klenting Kuning. Klenting Biru yang paling dekat, tingginya sekitar 4 meter. Ada juga Klenting Hijau, namun masih sedikit tertutup semak belukar.

14. Air terjun Grenjengan Kembar

Air terjun Grenjengan Kembar terletak di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Magelang. Aliran Air Terjun Grenjengan Kembar  yang segar ini berasal dari Sungai Cebong.Lokasi air terjun ini memang berada di hutan yang didominasi oleh pohon pinus dan bambu yang rindang. Hutan tersebut masih termasuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Merbabu. Tak heran deh kalau udara di sana selalu sejuk dan segar.Kamu yang makin ingin datang ke tempat wisata ini, bisa menuju Salatiga menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.  Dari Salatiga akan banyak petunjuk yang mengarahkanmu menuju lokasi wisata tersebut sehingga tak sulit untukmu mencarinya.

15. Air terjun Dadapayam

Air terjun di dusun Bulu Desa Dadapayam, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang terdapat tiga titik, yakni Nggedat, Sebrangan dan Pancur. Dari Nggedat ke Sabrangan jaraknya sekitar 400an meter selanjutnya untuk menuju Pancur harus berjalan kaki sejauh 500 meter. Artinya, kalau mau menuntaskan tiga air terjun mau tak mau terpaksa jalan kaki 1 kilometer lebih.

Air terjun sabrangan

Air terjun Pancur

16. Niagara Mbah Senggol

Air Terjun Mbah Senggol berada di Dusun Kendal Ngisor, Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Sekitar 45 menit dari Ambarawa.. Dari arah Semarang - Ungaran, setelah sampai di pertigaan Terminal Bawen belok kanan ke arah Ambarawa. Lalu belok kiri via JLA (Jalan Lingkar Ambarawa). Setelah itu belok kiri tepat di perempatan (Traffic Light Salatiga - Ambarawa). Dari sini anda ikuti jalan melewati Kantor Pos dan Polsek Banyubiru, setelah ketemu pertigaan anda lurus, lalu belok kanan ke arah Desa Wirogomo. Setelah anda melewati Tugu Persaudaraan, maju sedikit lagi dan belok kiri menuju lokasi Wisata.
Dari arah Magelang - Ambarawa, setelah sampai SPBU Ngampin, belok kanan via JLA (Jalan Lingkar Ambarawa), kemudian belok kanan tepat di perempatan (Traffic Light Salatiga - Ambarawa). Dari sini anda ikuti jalan melewati Kantor Pos dan Polsek Banyubiru, setelah ketemu pertigaan anda lurus, lalu belok kanan ke arah Desa Wirogomo. Setelah anda melewati Tugu Persaudaraan, maju sedikit lagi dan belok kiri menuju lokasi Wisata.
Dari arah Salatiga, via JLS (Jalan Lingkar Salatiga), ikuti JLS dan belok kiri ke arah Ambarawa. Ikuti jalan melewati Komp. Perumahan Yonzipur 4, kemudian belok kiri masuk dan belok kanan ke arah Desa Wirogomo. Setelah anda melewati Tugu Persaudaraan, maju sedikit lagi dan belok kiri menuju lokasi Wisata.

17. Air terjun Kali Pancur

Kawasan wisata alam Air Terjun Kali Pancur ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga. Untuk menuju ke lokasi obyek wisata ini tidak ada sarana transportasi umum, jadi harus membawa kendaraan sendiri. Jika terpaksa harus naek kendaraan umum bisa dapat mengambil jurusan Kopeng Salatiga dan jika telah sampai di Desa Wates Kec. Getasan lantas jalan kaki atau dengan naik ojek sekitar 3 km an. Kondisi jalan tergolong baik hanya beberapa ratus meter menjelang lokasi jalan agak sempit dan belum beraspal. Di sepanjang perjalanan pengunjung dapat melihat keindahan alam lereng gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu.

18. Umbul Songo

Air terjun Umbul Songo betada di lokasi Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Memiliki ketinggian yang begitu terkenal dari air terjun lainnya yang ada di Semarang. Terletak pada ketinggi 1.450m dari permukaan laut, membuatnya menjadi primadona bagi para pemburu wisata alam nan indah.Letaknya yang begitu strategis karena diapit oleh dua buah gunung, yakninya antara gunung Telemoyo dan gunung Merbabu. Tinggi dari Air Terjun Umbul Songo mencapai angka 15 meter, yang dihiasi oleh aliran dari air yang begitu deras. Selain itu dinding-dinding yang berada disekitarnya masih terkesan memiliki suasana yang alami.

19. Air terjun Getasan

Objek wisata air terjun di Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Objek wisata di Kecamatan Getasan ini sangat menarik karena bukan hanya menyajikan satu air terjun. Dalam satu lokasi, terdapat beberapa air terjun yang dapat dinikmati wisatawan. untuk masuk ke kawasan air terjun, pengunjung tak perlu membayar tiket masuk. Wisatawan hanya perlu memberikan sejumlah uang kepada pemandu wisata yang notabene penduduk sekitar yang mengantar secara sukarela tanpa menentukan nilainya untuk perawatan dan pengembangan objek wisata tersebut.

20. Air terjun Belondo

Curug (air terjun) Belondo terletak di Dusun Krajan, Regunung, Tengaran, Kabupaten Semarang. Tinggi curug Belondo sekitar 15 meter, air yang mengalir begitu bening. Ini adalah curug unik yang tersembunyi di balik tebing yang menghadap area pesawahan warga. Di samping curug ada batang kayu besar yang ambruk dan menjadi daya tarik tersendiri karena tepat di samping Curug

21. Air Terjun Gending Asmoro

Air terjun atau curug yang berada di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, sangat indah. Air terjun ini tergolong baru. Untuk sampai di lokasi wisata Curug Gending Asmoro, sangat mudah dan gampang sekali. Adapun dari Kota Ungaran, perjalanan ditempuh sekitar 20 menit hingga sampai di lokasi parkiran. Memakai sepeda motor maupun mobil pribadi bisa sampai lokasi parkiran, bahkan papan penunjuk arah dari jalan raya telah dipasang.
Adapun untuk masuk di lokasi wisata Curug Gending Asmoro ini pengunjung cukup membayar tiket Rp 5.000. Selanjutnya, setelah membayar tiket, pengunjung harus berjalan melewati rerimbunan pohon bambu maupun sengon dan pohon lainnya.