Tempat Wisata Air Terjun Di Dekat Kota Menado Minahasa Utara Minahasa Selatan Tomohon Sulawesi Utara

Tempat Wisata Air Terjun Di Dekat Kota Menado Minahasa Utara Minahasa Selatan Tomohon Sulawesi Utara

Sulawesi Utara yang selama ini kita kenal dengan taman laut Bunaken atau Danau Tondano yang cukup terkenal baik wisatawan dalam negeri ataupun mancanegara ternyata menyimpan sejuta pesona air terjun. Beberapa air terjun di Sulawesi utara tersebar di beberapa kabupaten seperti Minahasa Utara, Minahasa, Tomohon dan Minahasa Selatan termasuk di Menado sendiri dan beberapa kawasan lainnya. Bagi  traveller yang ingin mengeksplore indahnya air terjun di lokasi tersebut berikut ulasan selengkapnya ;

1. Air Terjun Kima Atas



13 Tempat Wisata Air Terjun Di Dekat Kota Menado Minahasa Utara Minahasa Selatan Tomohon Sulawesi Utara

Air Terjun Kima Atas berada di kelurahan Kima Atas, kira kira berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Manado. Keindahan alam di air terjun ini begitu mempesona, tempatnya indah dan asri. Ada yang beda dari air terjun pada umumnya. Disini anda akan melihat air terjun akan jatuh dalam dua beturan dan tiga tingkatan. Jadi air terjun saling berundak-undak membuat pemandangannya sangat bagus. Di kanan kiri air terjun di kelilingi oleh pepohonan yang rindang dan hijau. Anda akan merasakan udara yang sejuk dan gemiricik air yang segar. Dari bandara sam ratulangi, hanya ditempuh sekitar 25 menit perjalanan.


2. Air Terjun Kelimbun 



13 Tempat Wisata Air Terjun Di Dekat Kota Menado Minahasa Utara Minahasa Selatan Tomohon Sulawesi Utara

Air terjun Kelimbun ini terletak di Desa Tumbohon Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang keberadaannya belum diketahui banyak pihak selain warga setempat maupun para penggiat alam yang memiliki hobi ekstrim dan bertualang. Suasana yang masih sangat alami dan eksotis dengan balutan bebatuan endesit yang kokoh menambah daya tarik para petualang panjat tebing untuk memacu adrenalin dengan pemanjatan tebing basah.


3. Air Terjun Tumimperas



13 Tempat Wisata Air Terjun Di Dekat Kota Menado Minahasa Utara Minahasa Selatan Tomohon Sulawesi Utara

Air terjun Tumimperas, berlokasi di kelurahan Pinaras Kec. Tomohon Selatan dengan ketinggian mencapai 57 meter.Suasana yang masih sangat alami, dihiasi pepohonan rindang disekelilingnya, juga menambah indahnya suasana. Ketika lelah, anda juga dapat beristirhat di pondok-pondok sederhana yang dibangun dan berada di sekeliling lokasi air terjun. Lokasinya yang strategis, dan mudah dijangkau pasti akan membuat anda betah untuk berlama-lama di tempat tersebut. Jaraknya hanya sekitar 8 Km dari Pusat Kota Tomohon, dan dapat dijangkau hanya dalam waktu sekitar 15 menit lewat Woloan maupun Saronsong dengan kendaraan roda empat maupun dua.


4. Air Terjun Tunan Talawa'an


13 Tempat Wisata Air Terjun Di Dekat Kota Menado Minahasa Utara Minahasa Selatan Tomohon Sulawesi Utara

Air Terjun Tunan berada di lokasi Desa Talawaan Kabupaten Minahasa Utara. Air terjun yang indah dengan air yang jernih ini dapat di tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Manado, atau sekitar 40 menit (dengan motor/ojek) dari Bandara Internasional Sam Ratulangi (samping RS Angkatan Udara) atau Swalayan Paniki Jaya ke arah Dimembe.


5. Air Terjun Kali



13 Tempat Wisata Air Terjun Di Dekat Kota Menado Minahasa Utara Minahasa Selatan Tomohon Sulawesi Utara

Air terjun Kali terletak di Desa Kali, salah satu desa di kecamatan Pineleng kabupaten Minahasa Sulawesi Utara, lokasinya sendiri cukup jauh dari jalan raya. Hutan dan pepohonan sangat asri dengan dibalut udara yang sejuk membuat air terjun kali cocok untuk disinggahi. Dari gerbang utama tepi jalan raya, silakan telusuri jalan tersebut terus menuju Desa Kali, jarak yang akan ditempuh sekitar 10-15 menit dari jalan raya menggunakan mobil atau motor. Lokasi yang jauh dari jalan raya dan trek yang penuh tantangan terus berhati hati selama menuju lokasi. 


6. Air Terjun Kanderawatu



13 Tempat Wisata Air Terjun Di Dekat Kota Menado Minahasa Utara Minahasa Selatan Tomohon Sulawesi Utara

Air terjun Kanderawatu berada di lokasi Kelurahan Kinilow, Kota Tomohon. Air terjun yang sangat eksotik namun tetap berhati hati bagi Anda yang membawa anak kecil agar tetap diawasi.  Jarak dengan jalan raya sekitar 450 m, akses menuju ke lokasi sekarang sudah bagus, Dinas pariwisata kota Tomohon telah membuat jalan setapak & tangga permanen terbuat dari beton & paving block lengkap dengan pegangan tangan, dibawah ada warung & pondok tempat berteduh, tempat parkir kendaraan ditepi jalan (sangat) luas dibuat permanen dengan konstruksi yang kokoh, tempat parkir ini juga berfungsi sebagai "rest area" untuk kendaraan perjalanan jauh. 


7. Air Terjun Tincep



13 Tempat Wisata Air Terjun Di Dekat Kota Menado Minahasa Utara Minahasa Selatan Tomohon Sulawesi Utara

Air Terjun Tincep ini berada di desa Tincep, kecamatan Sonder, kabupaten Minahasa, berada pada ketinggian sekitar 600 m diatas permukaan laut. letaknya di pinggir kampung sebelah barat dekat dengan jalan, dari jalan terlihat dengan jelas air terjun. Untuk akses ke Tincep bisa melalui Manado, Tomohon, Sonder. lalu ke Tincep, atau dari Amurang, kawangkoan, Sonder, lalu ke Tincep. yang jelas bahwa akses sebenarnya bisa dari mana saja dengan patokan tujuan adalah Sonder, dari sonder ke tincep kira-kira 3 km 


8. Air Terjun Tawaang


13 Tempat Wisata Air Terjun Di Dekat Kota Menado Minahasa Utara Minahasa Selatan Tomohon Sulawesi Utara

Air Terjun Tawaang yang berada di Desa Elusan, Kecamatan Amurang Barat. Air jernih yang berjatuhan di balik batu alam berwarna hitam yang tersusun rapi dengan beberapa tingkatan hasil karya Sang Pencipta sangat memukau. Sebaiknya mengabadikan momen berharga saat berada di sini saat matahari berada di atas kepala. Karena hasil foto akan lebih indah dengan cahaya matahari. Lokasi yng dituju cukup menantang termasuk menyeberangi sungai 15 meter dengan tinggi air setinggi paha orang dewasa.


9. Air Terjun Tekaan



Air terjun Tekaan berlokasi di di Desa Kumel, Kecamatan Kumelembuai Minahasa Selatan.  Air terjun Tekaan ini ada dua dan lokasinya saling berdekatan. Dari air terjun satu ke air terjun lainnya hanya berjarak kira-kira 100 meter. Bagi masyarakat atau wisatawan yang mempunyai kegemaran berpetualang, air terjun merupakan pilihan yang tepat dan kesannya sangat eksotis. Air terjun Tekaan terdapat keindahan tebing batu dan banyak kelelawarnya.


10. Air Terjun Sendoan



Air Terjun Sendoan berlokasi di Desa Lopana Kecamatan Amurang Timur sekitar 750 meter dari lokasi perkampungan atau dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 15 menit. Lokasi air terjun itu sangat indah dengan ketinggian hampir 30 meter serta lokasinya yang dikelilingi tebing-tebing. Sangat pas dijadikan lokasi panjat tebing. Belum lagi airnya yang jernih.


11. Air Terjun Kandera




Kandera adalah nama sebuah air terjun di kabupaten Minahasa, tepatnya di desa Touliang kecamatan Kakas. Sebuah air terjun yg unik dgn pesona yg benar2 alami lengkap dengan berbagai cerita yg melatar belakangi tempat tsb. Kandera sendiri mempunyai beberapa bagian. Yg pertama adalah tempat pemandian. Di tempat itu terdapat lubuk yg menyerupai kolam lengkap dgn batu2 berbentuk kursi(kandera) di mana sebagai sumber air terdapat sebuah air terjun mini yg bisa juga untuk meluncur langsung ke kolam.


12. Air Terjun Mangatasik 




Air Terjun Mangatasik berada dilokasi di Desa Ranowangko, Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Air Terjun setinggi 20 meter ini dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan tinggi serta rerumputan liar, dari situ kita bisa melihat bahwa Air Terjun Mangatasik merupakan salah satu air terjun yang jarang terjamah. Jarak tempuhnya dari jalan raya ke dalam sekitar 500 meter atau lebih. Namun, jangan menganggap jarak tempuh yang tidak terlalu jauh ini mudah untuk dilewati begitu saja. Itulah mengapa Air Terjun Mangatasik merupakan salah satu obyek wisata alam yang seolah-olah tidak ingin terjamah namun sulit untuk ditolak keindahannya. Ia adalah sebuah tantangan dari alam.

13. Air Terjun Popontolen




Air Terjun Popontolen berada di Desa Popontolen, Kecamatan Tumpaan, Minahasa Selatan. Kawasan air terjun, membuat lokasi begitu asri. Air yang jatuh dari ketinggian membentuk embun menempel pada dedaunan pepohonan. Umumnya wisatawan yang datang berkunjung di Air Terjun Popontolen tidak serta merta langsung turun berendam. Ini disebabkan air terjun bagitu dingin. Namun, beberapa tahun terakhir pengunjung di air terjun popontolen ini cukup jarang, sehingga banyak masyarakat tidak mengetahui akan air terjun yang bertingkat-tingkat tersebut.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------