Sensasi Cadas Gantung, Menikmati Kota Majalengka Dari Atas Perbukitan

Sensasi Cadas Gantung, Menikmati Kota Majalengka Dari Atas Perbukitan

Salah satu tempat yang bisa Anda singgahi untuk berwisata di penghujung tahun ini adalah Cadas Gantung. Cadas Gantung  merupakan hamparan dataran yang dahulunya sawah dan sekarang nampak seperti sebuah padang rumput yang indah dikelilingi perbukitan serta hutan yang lebat.  Bagi penikmat sensasi ketinggian, cadas gantung adalah tempat paling cocok untuk memandang indahnya hamparan hijau dan melihat kota Majalengka dari atas perbukitan. Meski tak setinggi Rinjani atau Semeru, untuk sampai ke puncak Tebing ini dibutuhkan usaha dan upaya yang cukup keras, treknya agak curam dan berliku. 
Sensasi Cadas Gantung, Menikmati Kota Majalengka Dari Atas Perbukitan


Terletak di Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding, Majalengka Jawa Barat, Cadas Gantung menawarkan pesona wisata yang sangat menantang. Untuk menuju ke lokasi tidak bisa di tempuh dengan mudah, jalan yang harus dilewati berliku liku dan curam dengan fasilitas jalan yang kurang memadai. Untuk sampai ke tempat ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Majalengka ke Desa Mirat Leuwimunding dengan jarak tempuh sekitar 30 km dalam waktu 1 jam.

Selain itu Cadas Gantung sangat cocok untuk penghobi fotografi karena lokasi yang sangat menarik dan disini juga anda bisa menikmati matahari terbenam yang sangat indah. Cadas Gantung juga memiliki bukit perkemahan yang bisa dijadikan sebagai tempat kemping atau berkemah. Lokasinya cukup landai karena berada di tempat yang dulunya digarap sebagai lahan pertanian. Luasnya kurang lebih sekitar 5 hektar. Bahkan posisinya pun sangat strategis untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi daerah wisata seputar Cadas Gantung.

Berikut adalah tips menuju Cadas Gantung :


  • Majalengka saat ini memang sudah dikenal dengan destinasi Wisata Cadas Gantung. Lokasinya berada di kaki gunung Sanghiangdora.
  • Siapkan kendaraan dengan prima karena jalan menantang.
  • Dari Majalengka, arahkan kendaraan menuju Desa Mirat Leuwimunding. Patokannya dekat dengan SD Negeri 3 Mirat.
  • Lakukan persiapan fisik dengan berolahraga agar terbiasa jalan kaki jauh sebelum ke Cadas Gantung
  • Perjalanan dari tempat parkir akan memakan waktu selama antara 15 hingga 30 menit dengan kecepatan normal dan cuaca baik.
  • Siapkan bekal makanan dan minuman. Namun, jangan lupa agar membawa sampahnya kembali turun karena fasilitas di Cadas Gantung tidak ada tempat pembuangan sampah.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung atau sepatu. Hati-hati jalan licin saat musim hujan.
  • Jika ingin sekaligus berenang di sungia Cirarangan, yang berada di bawah Cadas Gantung Majalengka ini, persiapkan pakaian ganti dan sarung untuk berganti pakaian, karena belum ada tempat ganti pakaian ataupun kamar kecil.
  • Gunakan kunci ganda untuk kendaraan roda dua atau roda empat.
  • Parkir Rp. 2.000
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------