Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP Daring Dan Luring Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 1 Dan 2

 Pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19 saat ini masih belum diperbolehkan oleh pemerintah, sehingga sampai dengan bulam Maret 2021 sekolah masih menyelenggarakan belajar daring atau belajar online menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet. Oleh karena itu Bapak / Ibu guru yang yang mengajar Mapel Seni Budaya di SMP juga harus mempersiapkan RPP jarak jauh baik berbentuk RPP daring maupun RPP Luring.


Dalam pembelajaran jarak jauh dikenal dengan 2 sitem pembelajaran atau 3 yang menggunakan kombinasi daring dan luring. Seperti yang saya sampaikan diatas, belajar daring adalah belajar jarak jauh yang memanfaatkan media elektronik berbasis internet terutama smartphone untuk melakukan interaksi pemnbelajaran. Sedangkan pembelajaran luring adalah kegiatan belajar dengan guru mendatangi tempat pusat pusat kegiatan belajar siswa, dimana setiap hari siswa berkumpul dirumah atau tempat yang saling berdekatan. 


RPP Daring Dan Luring Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 1 Dan 2



Perlu napak Ibu ketahui bahwa dalam pembelajaran daring banyak aplikasi aplikasi yang bisa digunakan. Mungkin selama ini Bapak/Ibu hanay mengenal WhatsApp, Google Classroom dan Zoom untuk melakukan live interaksi belajar. Namun beberapa aplikasi ini juga layak Bapak / Ibu gunakkan untuk menambah wawasan penggunaan aplikasi aplikasi pembelajaran. 

Yang pertama adalah berbagai aplikasi berbasis video yang tentu bisa digunakan oleh guru atau siswa yang tidak memikirkan masalah kuota internet. Berbagai aplikasi ini diantaranya Webex, Jitsi Meet, Google Meet, . dan Teams. 


Selanjutnya ada aplikasi media sosial yang terkenal ini, Facebook/Messenger . Media sosial ini banyak digunakan oleh peserta didik, hal ini bisa dimanfaatkan oleh guru untuk membuat pembelajaran daring dengan fitur siaran langsung atau mengunggah video pembelajaran di facebook untuk ditonton oleh peserta didiknya. Atau menggunakan Messenger untuk berbagi materi, pesan lewat tulisan, gambar dan video. 


Dari berbagai aplikasi Android diatas Bapak?ibu  cukup download dan instal, lalu daftar dan langsung bisa digunakan untuk belajar


Lain halnya denagn 2 aplikasi berbasis situs ini. yaitu Blog Dan Edmodo Blog dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran secara daring istilah yang sedang tren adalah LMS (Learning Management System). Artinya blog bisa dimanfaatkan untuk memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik baik berupa tek, gambar atau video, dan dilengkapi dengan soal online baik menggunakan Google Form, Quizizz, Kahoot atau yang lainnya.  Sedangkan  Edmodo bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran, dimana bapak dan ibu guru bisa membuat materi pembelajaran dan dilengkapi dengan soal-soal penilaian. Bapak Ibu  bisa membandingkan kelebihan dan kekurangannya dengan menggunakan aplikasi aplikasi diatas.


Nah, kembali ke topik, RPP Daring maupun luring yang Bapak/Ibu harus persiapkan untuk pembelajaran online dan saya siapkan tautannya dibawah ini bersifat contoh saja. Bapak /Ibu bisa memodifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan, berikut tautannya :


1. RPP Daring Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 1

2. RPP Daring Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 2

3. RPP Daring Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 2 Guru Berbagi

4. RPP Luring Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 1 Guru Berbagi

5. RPP Luring Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 2 Guru Berbagi

Posting Komentar untuk "RPP Daring Dan Luring Seni Budaya SMP Kelas 7 Semester 1 Dan 2"