RPP Daring Dan Luring Seni Budaya SMP Kelas 9 Semester 1 dan 2

 Mempersiapkan pembelajaraan tidak akan lepas dari lesson planning atau biasa disebut dengan RPP. Apalagi dimasa Covid19 saat ini penyusunan RPP tidak bisa disamakan dengan RPP pada situasi normal. Beruntungnya dimasa dimana jaringan internet sudah menjadi gaya hidup manusia modern saat ini, mencari referensi RPP tidak lagi sesulit dulu. Namun perlu diingat bahwa menyusun RPP tidak hanya berguna sebagai dokumen guru maupun sekolah dalam pembelajaran pada umumnya , namun seyogyanya segala yang sudah kita rencanakan didaalm RPP hendaknya dilaksanakan sesuai yang sudah kita buat.


Penyusunan RPP saat ini, dari segi format atau contoh, kita sangat dipermudah daalm pembuatannya, namun sebenarnya dengan dipermudah pembuatannya kita bisa menyusun RPP yang dalam kegiatan pembelajarannya lebih kreatif dengan memanfaatkan media maupun lainnya untuk membuat siswa lebih penasaran untuk mengikuti pembelajaran. Beberapa contoh yang bisa dilakukan jika siwa tidak keberatan dengan pulsa internet adalah memanfaatkan youtube untuk konten belajar. Atau melakukan permainan / games atau kuis yang membuat siswa lebih rileks namun tetap berkaitan dengan materi yang dipelajarinya.


RPP Daring Dan Luring Seni Budaya SMP Kelas 9 Semester 1 dan 2



Dalam pembelajaran seni budaya sebagai salah satu mapel wajib dalam kurikulum 2013, RPP diharapkas sudah dirancang sebelum kegiatan pembelajaran sudah berlangsung. penyususnan RPP disesuaikan dengan silabus dengan memperhatikan kompetensi dasar dan kompetensi inti Covid19 yang telah dirilis oleh Kemdikbud. Penyederhanaan KD dan KI dalam pembelajaran daring dan luring membuat jjumlah RPP yang kita susun lebih sedikit karena dimasa pandemi seperti sekarang ini kita sebagai guru tidak diwajibkan untuk memenuhi 100% tuntutan kurikulum. KD KD yang bisa disesuaikan dengan pembelajaran online saja yang bisa digunakan untuk belajar daring maupun luring.


Selain memperhatikan kegiuatan pembelajaran dan media nya, dalam penyusunan RPP daring maupun luring juga memperhatikan alokasi waktu yang dibutuhkan. Seyogyanya pertemuan online yang dilakukan tidak berbeda dengan waktu pembelajaran tatap muka, namun semuanya tergantung kegitan pembelajaran yang disesuaikan dengan kedalaman materi yang diinginkan oleg guru. Toh kadang feedback interaktif yang dilakukan siswa cenderung lebih pasif ketimbang belajar tatap muka, sehingga lebih memilih menyajikan materi dan selanjutnya memberi tugas untuk dikerjakan.



Hal hal seperti ini seharunya dipertimbangkan dalam penyusunan RPP, tidak hanya mengakomodasi kuantitasnya saja dalam pencapaian kurikulum , namun lebih kepada bagaimana guru memberikan bimbingan sesuai dengan kemampuan siswa, tidak terlalu dalam namun memberikan konsep dasar yang benar untuk dimengerti setelah itu memberi tugas yang menarik untuk siswa agar lebih penasaran untuk mencari tahu.


Sebenarnya tidaka ada RPP yang sempurna, kecuali RPP yang dirancang sendiri dan dilaksanakan dengan mengakomodasi keadaan dan situasi sekolah dan kemampuan siswa. Itupun kadang masih menuai masalah jika guru dianggap tidak memberi ruang untuk siswa berkreasi namun disisi lain siswa sendiri yang cenderung ogah ogahan untuk belajar.


Terlepas dari apapun permasalahan dalam penyususn RPP, mau tidak mau Bapak /Ibu guru Seni Budaya di sekolah harus mempunyai salah satu dokumen wajib setiap semesternya dalam melakukan pembelajaran yaitu RPP Seniu Budaya. Nah, oleh karena itu tautan berikut ini mungkin bisa membantu Bapak /Ibu guru Seni Budaya di SMP untuk memodifikasi RPP yang saya berikan melalui tautan - tautan berikut ini, silahkan dipilih mana yang paling sesuai :


1. RPP Daring Seni Rupa Semester 1 , Semester 2(1)

2. RPP Daring Seni Rupa Semester1 , Semester 2 (2)

3. RPP Daring Seni Musik Semester 1 , Semester 2(1)

4. RPP Daring Seni Musik Semester 1, Semester 2 (2)

5. RPP daring Seni Tari Semester 1, Semester 2 (1)

6. RPP daring Seni Tari Semester 1 , Semester 2(2)

7. RPP daring Seni Teater Semester 1 , Semester 2(1)

8. RPP daring Seni Teater Semester 1 , Semester 2(2)

9. RPP Luring Seni Tari Semester 1 Guru Berbagi

10. RPP Luring Seni Musik Semester 2 Guru Berbagi

11. RPP Luring Seni Lukis Semester 1 Guru Berbagi

12. RPP Luring Seni Musik Semester 1 Guru Berbagi



Sebenarnya masih banyak lagi contoh contoh RPP Seni budaya yang bisa di share pada artikel kali ini, Bapak dan Ibu guru JUGA bisa saja membuat RPP sendiri yang lebih kreatif. berdasarkan aturan aturan pembuatan RPP.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url