Link Pendaftaran SNMPTN 2021 Telah Dibuka 15 - 24 Februari 2021, Begini Cara Mendaftarnya

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sistem seleksi yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa. Sistem seleksi ini   mulai dikenalkan pada tahun 2008. Pada tahun 2021 SNMPTN diikuti oleh siswa SMA/ MA/ SMK kelas 12 pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul.


Sebelum calon peserta bisa mendaftar SNMPTN, siswa harus didaftarkan oleh sekolah sebagai calon peserta melalui link LTMPT, sehingga keputusan apakah siswa bisa ikut SNMPTN atau tidak sepenuhnya bergantung kepada pihak sekolah.  

Link Pendaftaran SNMPTN 2021 Telah Dibuka 15 - 24 Februari 2021, Begini Cara Mendaftarnya


Sebelumnya Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 telah dimulai sejak tanggal 4 Januari 2021,  Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari - 1 Februari 2021, Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah: 4 Januari - 8 Februari 2021 dan Pengisian PDSS: 11 Januari - 8 Februari 2021 


Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta diantaranya  siswa memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Siswa memiliki NISN dan terdaftar dari PDSS. Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Selain itu, siswa harus memiliki akun LTMPT untuk bisa mengikuti seleksi masuk PTN, baik SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN.  Akun yang dimiliki calon peserta harus sudah permanen, termasuk siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap.


Selain persyaratan calon peserta juga ada persyaratan sekolah yang boleh mengikuti SNMPTN. Sekolah juga perlu memenuhi sejumlah persyaratan agar siswa terbaiknya bisa ikut SNMPTN 2021 diantaranya memiliki NPSN. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan jumlah siswa yang bisa didaftarkan ditentukan oleh akreditasi sekolah. 


Pendaftaran SNMPTN akan dibuka pada pukul 15.00 WIB pada 15 Februari 2021. Siswa dapat mendaftar SNMPTN melalui portal LTMPT atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. 


 Berikut ini adalah tahap pendaftaran SNMPTN 2021


  1. Login di portal LTMPT atau https://snmptn.ltmpt.ac.id dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan. 
  2. Peserta mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman PROFIL. 
  3. Peserta melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN. 
  4. Peserta mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan. 
  5. Peserta mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya. 
  6. Peserta melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun. 
  7. Peserta mengunduh dan mencetak kartu registrasi. 



Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka saat login akan muncul pesan berikut: "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silakan mengikuti SBMPTN 2021". Lalu jika Anda memenuhi syarat tapi belum melakukan permanen data pada portal LTMPT, maka akan muncul peringatan untuk melakukan permanen data terlebih dahulu. 



Kemudian di halaman profil berisi informasi biodata dari siswa. Seluruh informasi pada kolom "Biodata" diambil dari data yang telah diisikan di portal, seperti nama, NISN, NPSN sekolah, dan asal sekolah. Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN. Pada halaman profil, hanya kolom "Kelengkapan Data Orang Tua" saja yang perlu diisikan. Di sana Anda harus mengisi informasi "Penghasilan Orang Tua (sudah ada range pilihan penghasilan orang tua), serta "Jumlah Tanggungan Orang Tua". 




Pada tampilan di Pilihan Prodi Di tahap ini silakan pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom "Pilihan PTN/Politeknik Negeri", setelah itu akan muncul "Daftar Prodi" yang bisa dipilih oleh siswa. Program studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi manapun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/Politeknik Negeri yang dituju). Terdapat juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom "Portofolio". Jika kolom "Portofolio" bernilai "-" (strip), maka prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio. 



Beberapa prodi mensyaratkan untuk mengisikan portofolio, seperti Seni Tari yang diharuskan mengupload video tari dan lain sebagainya. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya portofolio maka hanya muncul header Portofolio saja tapi tidak ada isinya. Untuk melihat instruksi dan kebutuhan portofolio silakan "Unduh Instruksi" dan "Unduh Dokumentasi" yang disediakan. Untuk mengisi portofolio, pilih "Choose File" untuk memilih file yang akan diupload kemudian tekan tombol "Simpan". Unduh PPT digunakan untuk mengunduh PPT portofolio yang sudah Anda upload. 



Untuk kolom pengisian prestasi bersifat tidak wajib diisikan, artinya jika memang tidak memiliki prestasi dengan didang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada pilihan, halaman ini bisa dikosongkan dengan tanpa mengupload dan mengisi apapun. Prestasi yang bisa diisikan pada halaman ini maksimal 3 buah. Berikut ini pilihan prestasinya: Olahraga Seni Rupa/Lukis Seni Tari Drama/Sastra Seni Suara/Musik Pramuka/Organisasi Ekstrakurikuler Penelitian Olimpiade (Lainnya) Olimpiade Matematika Olimpiade Fisika Olimpiade Kimia Olimpiade Biologi Olimpiade Astronomi & Astrofisika Olimpiade Komputer Olimpiade Geografi Olimpiade Ilmu Kebumian Olimpiade Ekonomi Baca juga: 10 Prodi Saintek dan Soshum dengan Keketatan Tertinggi di SNMPTN 2020 Selain itu Anda juga diminta memilih tingkat prestasinya, mulai dari sekolah, kabupate/kota, provinsi, nasional, hingga internasional. Selanjutnya, upload "Bukti Prestasi" dengan menekan tombol "Choose File" kemudian pilih file yang akan Anda upload dengan ukuran maksimal 2MB yang berformat .jpg atau .pdf. Unduh "Bukti Prestasi" digunakan hanya untuk melihat apakah file prestasi yang sudah di-upload benar atau tidak dengan validasi oleh masing-masing siswa. Setelah selesai tekan tombol "Simpan". 



Tahapan terakhir adalah Finalisasi Lakukan Finalisasi data pilihan SNMPTN jika memang sudah yakin semua isian diisi dengan benar. Perlu dicatat, ketika sudah melakukan Finalisasi maka seluruh isian data tidak dapat diubah lagi dan Anda tidak bisa membatalkan Finalisasi dengan cara apapun. Jika sudah yakin benar, berikan cheklist pada pernyataan persetujuan “Saya setuju untuk finalisasi” kemudian pilih "Finalisasi". 



Untuk mendapatkan Kartu Registrasi, posisinya masih berada pada halaman yang sama dengan Finalisasi. Anda hanya bisa mengunduh kartu registrasi jika anda sudah melakukan Finalisasi. Kartu registrasi yang Anda unduh adalah kartu registrasi untuk pendaftaran SNMPTN. Setelah unduh kartu registrasi, maka tahapan pendaftaran SNMPTN oleh siswa telah selesai.


Setelah itu tinggal menunggu Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021 dan jika lulus, Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN: lihat di laman PTN tujuan masing masing.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url